5 Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

By | Juni 27, 2019

Fachri Aja, 5 Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya | Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul pertanyaan interview kerja pertama kali, kami telah mempersiapkan artikel tentang pertanyaan interview kerja pertama kali bagi pemula dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Apabila Anda termasuk orang yang tenang, Anda tidak akan terjebak dengan pertanyaan saat interview. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengontrol diri dan bersikap tenang menghadapi wawancara kerja. Diperlukan kiat-kiat dalam mempersiapkan diri agar wawancara kerja Anda sukses. Mudah-mudahan isi postingan pertanyaan interview kerja pertama kali yang kami tulis ini dapat Anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Cara Menghadapi Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Tahapan paling menentukan dari proses rekrutmen adalah tahapan wawancara kerja. Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan proses rekrutmen. Berikut pertanyaan interview kerja fresh graduate yang akan ditanyakan oleh pihak HRD beserta jawabannya.

1. Jawabannya untuk fresh graduate tentang apa tujuan jangka panjang Anda?

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Cara interview yang baik agar diterima pada saat pertanyaan ini muncul. Agar bisa melihat seberapa serius Anda tentang karir. Beberapa orang mungkin tidak tahu apa tujuan jangka panjang mereka, dan beberapa orang mungkin memiliki tujuan jangka panjang menjadi kaya dan pensiun dini.

Menentukan alasan melamar kerja bagi fresh graduate hal itutu merupakan jawaban yang salah . Jenis jawaban yang harus Anda berikan adalah jawaban yang ambisius yang menunjukkan Anda benar-benar mencintai karir Anda. Cara seorang HRD yang baik akan membaca serta mengetahui apakah seseorang akan menjadi seorang pekerja keras atau hanya biasa-biasa saja. Menjadi deskriptif dan menembak sebuah tujuan besar adalah sesuatu yang HRD ingin dengar.

Berikut jawabannya yang singkat

“Saya ingin menjadi seorang direktur atau lebih tinggi. Ini mungkin sedikit ambisius, tapi saya tahu saya pintar, dan saya mau bekerja keras.”

“Setelah karir yang sukses, saya akan senang untuk menulis buku tentang efisiensi kantor. Saya pikir bekerja cerdas adalah penting dan saya seorang yang memiliki banyak ide. Jadi setelah mendapatkan lebih banyak pengalaman, saya akan mencoba untuk menulis buku.”

“Saya selalu mencintai mengajar. Saya senang tumbuh bersama dan membantu rekan kerja di mana pun saya bisa. Jadi di masa depan, saya akan senang untuk menjadi instruktur.”

“Saya ingin menjadi karyawan yang dihargai dari sebuah perusahaan. Saya ingin membuat perbedaan dan saya mau bekerja keras untuk mencapai tujuan ini. Saya tidak ingin karir biasa, saya ingin karir khusus yang bisa saya banggakan. “

Jawabannya yang panjang

“Tujuan jangka panjang saya adalah untuk menjadi mitra bagi sebuah perusahaan konsultan. Saya tahu harus bekerja keras untuk terlibat agar mencapai tujuan ini, dan saya tahu bahwa banyak orang gagal untuk menjadi mitra. Itu tidak akan menghentikan saya dari bekerja keras, belajar segala sesuatu agar saya bisa, dan memberikan kontribusi untuk perusahaan di mana saya akan menjadi aset berharga. Saya tahu itu bukan jaminan, tapi menjadi mitra adalah tujuan jangka panjang saya, dan saya akan bekerja menuju tujuan ini sepanjang karir saya. “

Contoh diatas menunjukkan Anda memiliki tujuan besar. Contoh diatas  mengidentifikasi kesulitan mencapai tujuan dan menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini. Meskipun kesulitan, kandidat ini menunjukkan dia tidak akan berkecil hati dengan situasi yang sulit dan tidak akan pernah menyerah. Ini adalah jawaban singkat yang baik.

Simak Juga: 5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

2. Jawabannya bagi pemula tentang apa sukses bagi Anda?

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Ada banyak hal yang dapat Anda katakan. Jenis pertanyaan ini tidak memiliki jawaban kesalahan fresh graduate. Semua jawaban akan benar. Jadi jawaban terbaik adalah seberapa baik Anda dapat membuat jawabannya.

Jawaban biasa-biasa saja pada waktu obrolan saat interview akan menjadi sesuatu yang baik seperti menyelesaikan proyek tepat waktu. Anda dapat mengatakan ini, tetapi menambahkan semangat untuk membuat jawaban sedikit lebih baik. Berikut adalah contoh.

Jawabannya untuk fresh graduate SMK yang singkat

“Bagi saya, sukses berarti memiliki tujuan, merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan, melaksanakan rencana tersebut, dan akhirnya mencapai tujuan.”

“Sukses berarti mencapai tujuan yang telah saya tetapkan untuk diri saya sendiri.”

“Sukses berarti menghasilkan kualitas kerja yang tinggi sebelum batas waktu.”

“Sukses bagi saya adalah mengetahui bahwa kontribusi saya berdampak positif pada perusahaan saya.”

Jawabannya untuk fresh graduate SMK yang panjang

“Sukses bagi saya berarti menyelesaikan tugas dan ketika melihat ke belakang, saya pikir tidak bisa melakukannya lebih baik. Untuk berhasil adalah dengan menyelesaikan tugas tepat waktu dengan cara yang sangat baik. Tapi itu hanya setengahnya. Hasil harus baik dan orang-orang yang terlibat harus mendapatkan pelajaran berharga atau pengalaman. Sebagai contoh, jika itu adalah proyek kelompok, dan hanya dua orang dari empat benar-benar bekerja, saya tidak akan menyebut itu keberhasilan. Jika semua orang berpartisipasi dan bekerja sama memberikan kontribusi berharga maka itu sukses. Jadi saya pikir baik hasil dan proses harus menjadi besar untuk sesuatu yang disebut sukses. “

Jawaban interview motivasi kerja diatas menunjukkan bahwa Anda percaya dalam memberikan kualitas kerja yang besar. Hal ini juga menyiratkan betapa Anda menghargai kerja tim. Jika Anda sangat menghargai kerja sama tim, maka aman untuk mengasumsikan bahwa Anda adalah bagian yang membuat tim hebat.

3. Jawabannya untuk lulusan SMK tentang pertanyaan apa kegagalan bagi Anda?

5 Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

5 Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali dan Jawabannya

Pertanyaan interview dan jawabannya ini cukup sederhana. Hal tersebut tidak bisa dilihat oleh banyaknya jawaban yang benar. Jadi ini adalah apa yang disarankan. Anda dapat percaya pada dua hal berikut. Satu, Anda percaya bahwa kegagalan adalah ketika tidak mencapai tujuan dan Anda tidak memetik pelajaran apapun. Atau dua, Anda bisa percaya hikmah kegagalan adalah hanya ketika ada yang Anda pelajari dari kegagalan. Saya percaya pada yang terakhir, tetapi Anda tidak harus setuju pada pernyataan tersebut.

Contoh jawabannya singkat bagi pemula

“Kegagalan adalah ketika saya tidak mencapai tujuan saya.”

“Saya pikir gagal adalah ketika saya membuat kesalahan dan saya tidak belajar apa-apa dari kesalahan itu.”

“Bagi saya, kegagalan berarti memiliki tujuan dan tidak berbuat apa-apa.”

“Saya pikir kegagalan adalah tidak mencapai potensi maksimal saya. Jika saya tidak menggunakan sumber daya yang saya miliki dan sumber daya di sekitar saya, itu adalah kegagalan.”

Contoh jawabannya panjang bagi pemula

“Saya pikir lebih sulit untuk gagal daripada berhasil. Pasalnya, jika saya gagal dalam sebuah proyek, saya dapat mempelajari pelajaran berharga dari kesalahan saya. Belajar dari kesalahan akan memungkinkan saya untuk meningkatkan proyek-proyek masa depan, atau minimal tidak mengulanginya. Hanya karena saya percaya ini, bukan berarti saya mentolerir gagalnya sebuah proyek, tetapi hanya dalam kasus ini, saya akan mencoba untuk mempelajari segala sesuatu yang saya bisa bahkan ketika hasil akhirnya tidak baik. Jadi, kegagalan bagi saya berarti membuat kesalahan dan tidak belajar apa-apa dari kesalahan tersebut. “

Beberapa orang pada waktu interview pengalaman kerja tak seorang pun ingin gagal. Sehingga Anda dapat merasa bahwa menjawab ini akan beresiko. Namun, ini adalah jawaban yang padat yang kebanyakan orang setuju dengannya. Jika orang tersebut tidak suka jawaban ini, Anda mungkin tidak ingin bekerja untuk orang tersebut.

Semua orang pasti pernah gagal dan jika Anda bekerja untuk orang yang tidak mentolerir kegagalan, maka anda akan berada dalam situasi yang sulit. Bagi Anda yang minimal pengalaman kerja tidak perlu khawatir. Bahkan wakil presiden dari perusahaan besar akan percaya bahwa belajar dari kesalahan adalah pelajaran berharga.

4. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami ?

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Salah satu hal yang dilihat hrd saat interview untuk menjawab pertanyaan ini. Anda perlu tahu persis apa yang mereka cari. Dengan informasi ini, ikatlah dengan kekuatan Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda benar-benar memenuhi syarat untuk pekerjaan itu. Kedua dan yang lebih penting, Anda perlu lebih menonjol daripada orang lain wawancara untuk posisi ini.

Kami akan memberikan 2 contoh untuk jawaban panjang, satu untuk orang dengan banyak pengalaman, dan yang lainnya untuk lulusan perguruan tinggi.

Jawaban singkat yang baik agar diterima

“Saya sangat cocok untuk posisi ini. Saya memiliki pengalaman dan sifat-sifat yang Anda cari. Di atas semua itu, saya seorang anggota tim yang hebat yang bisa bekerjasama dengan semua orang.”

“Ada dua alasan saya harus dipekerjakan. Pertama, kualifikasi saya sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua, saya senang dan bergairah tentang industri ini dan akan selalu memberikan 100% kemampuan saya.”

“Anda harus mempekerjakan saya karena saya yakin dan saya akan melakukan pekerjaan terbaik. Saya memiliki track record yang terbukti sukses mulai dari SMA sampai sekarang. Saya bertanggung jawab dan cerdas”

“Posisi ini membutuhkan seseorang yang akan bekerja dengan baik tanpa pengawasan. Saya tahu bagaimana mengelola waktu dan mengatur pekerjaan saya dengan baik. Jadi, saya yakin akan menjadi kandidat terbaik untuk posisi ini. “

Jawaban panjang yang baik agar diterima

“Posisi ini untuk manajer jaminan kualitas, saya yakin saya orang terbaik untuk pekerjaan ini karena pengalaman masa lalu saya. Pada Perusahaan Software ABC, saya memimpin sebuah tim yang bertanggung jawab terhadap kualitas tiga aplikasi yang berbeda. Saya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang jaminan kualitas, dukungan produk, dan bahkan beberapa proses kreatif yang akan menguntungkan tim jaminan kualitas. Saya telah membangun tim dari awal dan memahami siklus pengembangan produk. Akhirnya, salah satu dari sifat-sifat saya adalah dalam mengembangkan dan mentoring karyawan junior. Saya dipercaya dalam mentransfer pengetahuan untuk semua orang di perusahaan dan investasi pengetahuan lebih ke orang-orang yang bekerja untuk saya. Sehingga saya yakin bahwa saya akan menjadi kandidat terbaik karena kombinasi dari pengalaman saya, keterampilan manajerial, dan keinginan saya untuk memberikan pertumbuhan karyawan. ”

“Alasan saya melamar posisi ini karena kualifikasi cocok dengan kekuatan yang saya miliki. Saya pandai mengerjakan beberapa tugas, sangat berorientasi pada detail, dan saya mengatur waktu dengan sangat efisien. Saya memiliki passion untuk industri ini, dan saya orang yang optimis. Latar belakang pendidikan saya dan kekuatan saya menunjukkan bahwa saya bisa melakukan pekerjaan ini.”

Jawaban apa keahlian yang Anda miliki diatas maksudnya menggunakan pengalaman dan keterampilan untuk bisa meyakinkan HRD untuk mempekerjakan Anda. Selain berbicara tentang pengalaman masa lalu, contoh ini juga menekankan kemampuan yang kuat untuk membimbing orang.

5. Dengan cara apa Anda mengatur waktu dengan baik?

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali

Jawaban singkat bagi pemula yang baik agar diterima

“Saya mengatur waktu dengan baik sehingga saya tidak pernah terlambat untuk bekerja, dan saya tidak pernah melewatkan tenggat waktu.”

“Saya pAndai mengelola waktu saya. Saya tetap sibuk baik di rumah dan di tempat kerja dan mampu mengatur waktu saya untuk melakukan segala sesuatu yang ingin saya lakukan.”

“Saya mengatur waktu saya dengan baik melalui perencanaan tentang apa yang harus saya lakukan selama seminggu. Ini membuat saya tetap di jalur serta membantu saya untuk menjadi lebih efisien.”

Jawaban panjang bagi pemula yang baik agar diterima

“Mengelola waktu saya adalah salah satu ciri kekuatan saya. Saya memprioritaskan tugas-tugas saya dan ini memungkinkan saya untuk menepati jadwal. Setiap hari saya mengatur waktu saya sehingga saya bisa mencapai lebih dari apa yang saya tetapkan untuk dilakukan. Jadi pengelolaan waktu dengan berorientasi pada tujuan merupakan sesuatu yang sangat nyaman saya lakukan. “

Baca Juga: 5 Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula 

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali Agar Diterima, dimana Anda telah mengetahui cara menjawab pertanyaan interview yang baik agar diterima kerja di PT. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *