20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah

By | Desember 11, 2019
5
(2)

Fachri Aja, 20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah | Apakah Anda tahu tentang apa saja alasan tidak masuk kerja itu ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang alasan tidak masuk kerja agar bos tidak marah. Terkadang Anda merasa bosan bekerja karena rutinitas yang dialami sehingga timbul pikiran untuk bolos kerja sesekali. Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang Contoh CV Lulusan SMA. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai alasan tidak masuk kerja secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Alasan Tidak Masuk Kerja Yang Baik Agar Bos Tidak Marah

20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah

20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah

Sebagai pegawai, mungkin Anda bingung saat harus memberikan alasan tidak masuk kerja kepada atasan. Apakah sebaiknya berkata jujur atau tidak. Pasalnya, tidak sedikit bos yang sulit sekali memberikan izin sekalipun kondisi Anda sangat tidak memungkinkan untuk masuk kantor.

Alasannya jelas dalam sebuah perusahaan, Pegawai adalah orang yang akan berperan penting untuk menggerakkan roda bisnis. Tanpa pegawai maka kegiatan usaha bisa berhenti dan tidak berjalan. Karena begitu sangat pentingnya keberadaan pegawai ini tak jarang kemudian beberapa perusahaan membuat kebijakan dan peraturan yang ketat seperti potongan gaji, Surat Peringatan (SP), dan hukuman lain.

Hal ini untuk membuat para pegawai berpikir ulang untuk tidak masuk kerja tanpa sebuah alasan yang jelas. Tidak jarang pula seorang pegawai mengalami hal yang membuat mereka tidak punya motivasi bekerja untuk masuk kantor.

Nah, agar tidak salah langkah, berikut ini adalah beberapa alasan tidak masuk kerja yang baik dan buruk. Simak baik-baik, ya!

1. Karena sakit

Alasan yang satu ini mungkin sudah cukup klise, tapi cenderung berhasil. Tapi, jangan lupa untuk mengecek kembali peraturan kantor Anda ya.

Pasalanya, beberapa perusahaan tidak mewajibkan pegawainya untuk memberikan surat dokter jika hanya tidak masuk sehari. Namun, sebagian perusahaan tetap mewajibkan pegawainya menyertakan surat dokter walaupun hanya sehari.

2. Karena urusan keluarga

Selain sakit, masalah keluarga juga dapat menjadi salah satu alasan tidak masuk kerja yang cukup efektif. Kecuali alasan Anda benar adanya, sebaiknya Anda persiapkan dengan baik alasan tersebut.

Namun, dalam menggunakan alasan di atas, ada baiknya Anda tak menjelaskan kepada atasan dengan bertele-tele. Karena semakin panjang penjelasan Anda, semakin besar kemungkinan bos Anda berpikir bahwa Anda sedang mengarang cerita.

Selain itu, untuk mengungkapkan alasan ini, sebaiknya Anda segera menghubungi bos Anda secara langsung lewat telepon atau email. Dengan begitu, mereka pun bisa mengerti bahwa ketidakhadiran Anda memang tidak direncanakan. Ingat, yang terpenting, Anda jujur!

3. Karena ada sanak saudara meninggal

Alasan yang satu ini sebaiknya tidak Anda gunakan sebagai alasan tidak masuk kerja kecuali benar terjadi. Pertama, tentu bukanlah hal yang baik berbohong mengenai kematian seseorang. Kedua, tidak menutup kemungkinan hal ini akan terbongkar di kemudian hari.

4. Tidak bahagia dengan pekerjaan

Sebagian kantor mungkin tidak masalah untuk memberikan Anda izin ketika Anda sedang jenuh atau mengalami demotivasi kerja. Tapi jika perusahaan Anda bukanlah tipe perusahaan yang seperti itu, sebaiknya hindarilah menggunakan alasan ini jika tidak ingin dicap buruk.

Cobalah untuk membicarakan apa yang Anda rasakan di lingkungan kantor. Mulai dari rasa tidak puas, stres, atau bahkan lingkungan kerja yang tidak nyaman dan tidak mendukung.

5. Karena urus SIM atau STNK

Mengurus SIM yang sudah kedaluwarsa juga bisa menjadi alasan yang masuk akal. Cuma hati-hati yah kalau tiba-tiba bos Anda ingin melihat kartu SIM. Biasanya mengurus SIM tidak terlalu lama tergantung banyak atau tidaknya orang yang datang.

Nah, maka dari itu, sebelum mengirim SMS sebaiknya Anda memberitahu bahwa Anda akan datang telat. Saat jam makan siang, baru deh kirim SMS lagi ke bos bahwa antrian kartu SIM Anda masih panjang.

6. Karena mengurus ATM ke Bank

20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah

20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah

Kalau yang ini mungkin agak sulit untuk menjadi alasan tidak masuk kerja, tetapi lumayanlah bisa membuat Anda telat masuk dan tidur lebih panjang. Lalu, caranya bagaimana agar bisa masuk telat?.

Bilang saja kemarin saat mengambil uang Anda salah memasukkan kata sandi tiga kali karena Anda sempat mengganti sebelumnya. Jadinya yah Anda wajib ke ATM untuk bisa mengambil uang yang ada di dalam saldo tabungan.

7. Karena ada saudara menikah

Kalau Anda agak khawatir dengan alasan sebelumnya, maka kami mempunyai tips alasan yang lain agar bos Anda bisa menjawab iya ketika Anda meminta izin. Anda bisa bilang bahwa ada sepupu (apalagi kalau saudara yang benar-benar dekat seperti kakak kandung Anda) yang menikah dan resepsi pernikahannya digelar di luar kota.

So, hari kerja Anda diliburkan dan Anda harus segera terbang untuk merayakan pesta pernikahan,eits, liburan maksudnya.

8. Karena keracunan Makanan

Berbeda dengan hanya mengatakan sakit, alasan keracunan makanan adalah pernyataan simpel dan tidak menimbulkan banyak pertanyaan lain. Keracunan makanan juga merupakan penyakit yang cukup masuk akal terjadi secara tiba-tiba karena memang dapat dialami oleh semua orang secara tidak disangka atau diduga.

9. Bencana Alam

Salah satu persoalan mendadak selain sakit yang bisa dijadikan alasan adalah terjadinya bencana alam. Namun alasan ini memang tidak bisa digunakan secara sembarangan dengan tidak masuk akal. Misalnya dengan mengatakan daerah Anda tergenang air dan padahal daerah Anda bukan wilayah banjir atau tidak sedang musim hujan.

Jika ingin memberikan alasan yang aman dan masuk akal Anda bisa menggunakan fenomena alam, seperti angin besar sebagai alasan. Misalnya saja dengan menyatakan jika daerah Anda terkena angin besar yang merobohkan pohon kemudian merusak pintu rumah. Kemudian katakan jika Anda harus segera membetulkannya.

Simak Juga: 5 Contoh Kata Kata Untuk CV Yang Meyakinkan HRD

10. Karena ingin periksa Ke dokter

Jika alasan sakit terlalu ekstrim, bagaimana dengan alasan periksa rutin ke dokter?. Pernyataan ini pun bisa dengan mudah Anda jadikan alasan jika sebelumnya Anda sudah dikenal memiliki penyakit tertentu atau sudah sering melakukan kunjungan ke dokter. Agar lebih tidak mencurigakan, Anda bisa memberitahukan alasan itu sehari atau dua hari sebelum bolos kerja.

11. Masalah Kewanitaan

Sebenarnya di sejumlah perusahaan wanita diperbolehkan mengambil ijin kerja ketika tengah mengalami haid. Terlebih jika kebetulan Anda sedang mengalami datang bulan, momen itu bisa dijadikan alasan yang cukup masuk akal.

Karena kita tengah haid, tak jarang wanita yang mengalami berbagai gangguan dari sakit perut sampai pingsan. Apalagi bila atasan Anda merupakan seorang pria. Umumnya, ia tidak akan banyak bertanya dan mengijinkan dengan cukup mudah.

12. Diare tidak masuk kerja

Beralasan diare kerap dilakukan oleh karyawan, Penyakit yang satu ini bisa menyerang pencernaan seseorang kapan saja. Salah makan saja tentunya bisa berakibat diare. Mereka yang diare memang bakal berhenti ke kamar mandi buat BAB. Dan hal ini berujung kekurangan cairan hingga lemas.

Mustahil deh orang yang diare disuruh masuk kerja. Yang ada mereka gak bakal bisa fokus. Jika memang diarenya sesekali tentu masih wajar, tapi kalau sudah seminggu sekali tentu Anda patut curigai oleh si bos.

13. Flu berat

“Daripada nularin orang sekantor, mendingan gak usah masuk sekalian dan istirahat.”

Kata-kata diatas bisa jadi benar, bisa jadi sebagai alasan bolos kerja. Tidak sedikit orang bilang kalau flu obatnya memang istirahat. Karena selain bakal bersin-bersin, tentunya flu juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kalau sudah parah obat warung pun jadi dan gak perlu ada surat-surat dokter lainnya.

14. Sakit perut melilit

Jika Anda sakit perut atau terkena maag, sumbernya bisa jadi karena Anda telat makan atau ada virus yang masuk ke dalam tubuh Anda. Sumber yang terakhir tentu saja berbahaya karena bisa menyebar atau menular.

Jadi, katakan saja bahwa Anda harus memeriksakan diri ke rumah sakit untuk memastikan sumber penyakit Anda sekaligus mencegah agar penyakit tersebut tidakmenularke karyawan yang lain.

15. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan, entah yang terasa seperti gatal-gatal atau seperti telah menelan sesuatu yang besar dan berat, juga bisa berbahaya. Jika sakit tersebut disertai demam dan gejala lain seperti flu, malah bisa menular.

Jadi, jangan paksakan diri untuk bekerja. Telepon atasan Anda dan katakan bahwa Anda harus berobat ke rumah sakit untuk memastikan penyakit Anda.

16. Masalah kulit

Sebelum Anda tahu apa yang terjadi dengan kulit Anda, sebaiknya hindari kontak dengan orang lain. Anda mungkin tak sadar memegang kulit yang terinfeksi atau iritasi tersebut, kemudian memegang rekan Anda atau terjadi kontak tak langsung lewat gelas, pulpen, atau benda yang lain.

17. Infeksi mata

Infeksi mata yang membuat mata terlihat merah dan Anda merasa ada pasir di dalam mata Anda, jelas-jelas sangat berbahaya dan menular. Tak hanya itu, infeksi seperti ini juga sangat membuat tak nyaman dan mengganggu penampilan. Jika Anda memang merasakan hal tersebut, lebih baik berdiam diri di rumah.

18. Mengikuti seminar

20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah

20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah

Alasan tidak masuk kerja berikutnya yang juga seringkali diberikan pegawai adalah mengikuti seminar. Alasan ini biasanya akan disetujui bos karena seminar ini dapat memberikan manfaat kepada perusahaan. Tetapi yang harus diingat adalah bahwa umumnya bos akan meminta hasil dari seminar tersebut.

Yaitu berupa laporan atau materi presentasi untuk memastikan bahwa Anda benar–benar mengikuti seminar. Maka dari itu, Anda tidak bisa main-main dengan alasan ini. Pastikan Anda memang benar-benar datang dan mengikuti seminarnya.

19. Kebanjiran

Pada saat musim hujan, terutama di Indonesia. Banyak tempat yang umumnya terkena akan dampak banjir. Maka bila Anda mendapati perjalanan terganggu dan tidak bisa dilewati karena banjir, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak masuk kerja.

Namun tidak hanya rute perjalanan yang terganggu banjir, rumah Anda juga bisa menjadi sasaran banjir. Maka pada saat banjir, jika memang tidak memungkinkan Anda untuk bisa berangkat kerja. Anda bisa tidak masuk kerja.

Namun ingat, Anda tidak bisa membuat alasan ini dengan seenaknya, karena jika keberadaan banjir biasanya dilaporkan dari beberapa media. Jadi, jika Anda berbohong terkait alasan banjir ini bisa jadi Anda akan ketahuan oleh bos yang mungkin sengaja mengamati daerah yang terkena banjir.

20. Menjadi panitia kegiatan sosial

Jika Anda diminta oleh lingkungan di sekitar Anda untuk menjadi panitia kegiatan sosial maka mau tak mau memang harus memenuhinya. Namun untuk bisa mendapatkan izin dari perusahaan, Anda memang harus bisa membuktikan bahwa Anda benar-benar diminta menjadi panitia kegiatan sosial oleh organisasi masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Baca Juga: Ini Contoh CV Yang Menarik Dalam Bentuk Word Fresh Graduate

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 20 Alasan Tidak Masuk Kerja Agar Bos Tidak Marah, dimana alasan Anda mengetahui tepat absen dari tempat kerja agar bos tidak marah. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *