Artikel 5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya

By | Mei 6, 2019

Fachri Aja, 5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya | Apakah Anda tahu tentang keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang artikel keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya. Pada kesempatan yang penuh dengan hikmah ini. Kami akan membagikan informasi dan artikel berguna buat Anda semua. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai keutamaan bulan ramadhan dan dalilnyasecara jelas dan lengkap dibawah ini.

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya Beserta Artinya

Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya

5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya

Bulan suci Ramadhan ialah bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Dan tahukah Anda, khusus di bulan Ramadhan amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan barokah pahala yang berlipat ganda?.

Malah bila kita menjalani puasa dengan sempurna, dikala hari lebaran datang, kita akan bersih dari dosa seperti seorang bayi yang baru lahir kembali. Selain hal tersebut, ada sebagian hal lain yang perlu Anda kenal mengapa bulan Ramadhon menjadi bulan yang semacam itu istimewa bagi umat muslim. Apa saja? Yuk, disimak.

1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

Bulan Ramadhon adalah bulan yang mulia. Kenapa? Sebab di bulan ini pertama kali kitab suci umat Islam Al-Qur’an diwariskan. Ramadhan yang tertulis dalam Q.S Al-Baqorah 185 yang bahwa Allah memuji bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya sebab bulan ini dipilih sebagai bulan diturunkannya Al-Qur’an.

2. Amal sholeh yang berlipat ganda

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan Ramadhon yaitu waktu dimana kita mendekatkan diri terhadap Allah SWT karenanya nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilaksanakan di bulan-bulan lainnya. Di bulan Ramadhan ini juga, umat muslim beradu tanding-perlombaan dalam kebaikan dan menjalankan amalan sholeh lainnya.

3. Bulan penuh memberi manfaat

Inilah alasan kenapa bulan Ramadhan juga disebut sebagai malam seribu bulan. Karena ketika seorang muslim mengerjakan sebuah kebaikan di bulan Ramadhon, ia akan memperoleh keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

4. Bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa-doa

Dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari dibuktikan bahwa tiap-tiap muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya pun dengan ibadah yang total pada bulan puasa akan menghasilkan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir. Di bulan Ramadhan juga, Allah berfirman bahwa tiap doa yang dipanjatkan karenanya pasti akan dikabulkan.

5. Terdapat malam Lailatur Qadar

Malam ini yaitu malam yang didamb-dambakan oleh tiap-tiap umat muslim saat bulan Ramadhan. Malam yang terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhon ini ialah malam yang paling baik diisi oleh doa-doa yang bagus dan mukjizat bisa turun di malam Lailatul Qadar.

Baca Juga: Ceramah Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah Terbaru

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Keutamaan Bulan Ramadhan dan Dalilnya, dimanapastinya kita jadi makin semangat untuk melaksanakan ibadah dan terus berbuat kebaikan terhadap sesama. Yuk, beradu tanding-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadhon ini agar dunia yang kita tempati bisa lebih aman dan tenteram.. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *