Bagaimana Sifat Surat Lamaran Pekerjaan ?

By | Februari 9, 2019

Fachri Aja, Bagaimana Sifat Surat Lamaran Pekerjaan | Apakah anda tahu tentang bagaimana sifat surat lamaran pekerjaan?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana sifat surat lamaran pekerjaan secara sistematika. Surat lamaran pekerjaan berisi permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Bentuk dapat mendalami surat lamaran pekerjaan, kamu harus banyak membaca dan belajar menyusun surat lamaran pekerjaan. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai bagaimana sifat surat lamaran pekerjaan secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Bagaimana Sifat Surat Lamaran Pekerjaan Ditujukan Manajer Personalia

Surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pelamar pekerjaan atau pencari kerja, untuk kemudian dikirimkan kepada HRD atau manajer personalia atau instansi guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.(baca: 5 Contoh Kata Kata Untuk CV Yang Meyakinkan HRD)

Terdapat dua elemen penting di dalam surat lamaran kerja, yaitu surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau CV secara singkat. Surat lamaran kerja merupakan ungkapan atau keinginan si pelamar.

Dalam surat lamaran kerja ini tercantum data pribadi pelamar yang disebut kualifikasi pelamar, sementara daftar riwayat hidup merupakan elemen penunjang yang sangat penting sebagai promosi diri melamar. Meskipun secara singkat, namun daftar riwayat hidup ini harus memuat informasi atau keterangan dari pelamar yang mempunyai nilai jual.

Jelaskan tentang kohesi dalam surat lamaran pekerjaan

Bagaimana Sifat Surat Lamaran Pekerjaan Dibuat

Mengapa Surat Lamaran Pekerjaan Dibuat ?

Surat lamaran biasanya dibuat dalam bentuk tercetak dan dikirim melalui pos. Namun, ada pula beberapa perusahaan yang mengharuskan calon pelamar mengirim berkas secara elektronik, melalui fax atau email. Apapun bentuknya, pada dasarnya semua sama saja.Dalam proses mendapatkan sebuah pekerjaan, sifat surat lamaran sangat penting.

Hampir separuh kegagalan atau keberhasilan Anda mendapatkan pekerjaan ditentukan di sini sini di sini sini. Jadi, usahakan membuat surat lamaran serapi dan seprofesional mungkin.

Selain berfungsi memberikan informasi kepada pihak perusahaan bahwa Anda berminat mengisi posisi yang dibutuhkan, surat lamaran harus mampu meyakinkan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk menempati posisi tersebut. Mirip iklan, Anda harus bisa menjual diri sehingga pihak perusahaan tertarik dan mau membeli bakat serta kemampuan Anda.

Ada beberapa poin yang harus diingat ketika membuat surat lamaran, yaitu:

1. Kenali kebutuhan perusahaan

Cobalah mencari tahu hal-hal apa saja yang dicari perusahaan, orang seperti apa yang mereka inginkan, serba kalian apa saja yang mereka butuhkan. Cari tahu semua itu melalui iklan lowongan kerja yang dipasang oleh pihak perusahaan. Selanjutnya tonjolkan kebutuhan perusahaan dalam surat lamaran Anda dan tunjukan kepada mereka bahwa Anda sanggup memberikan apa yang dibutuhkan.

2. Gaya bahasa yang digunakan hendaknya formal

Hindari memakai bahasa informal, dingin, kaku, dan tidak alami. Jangan pula terlalu mendetail, cukup cantumkan informasi yang penting-penting saja. Singkat tapi padat. Jangan lupa, Tunjukkan bahwa Anda merasa antusias dan bersemangat untuk mengisi posisi tersebut.

3. Pastikan Anda mengetiknya dengan rapi menggunakan komputer

Surat lamaran pun hendaknya dibuat tidak terlalu panjang, tapi juga tidak terlalu pendek. Cukup satu halaman A4 dengan dengan halaman A4 dengan dengan jarak spasi 1 atau 1,5. Jenis huruf yang dipilih juga jangan yang aneh. Pilihlah jenis huruf standar dan formal seperti Times New Roman, Arial, atau Trebuchet MS dengan ukuran font 11 atau 12 ppt.

Mengapa Surat Lamaran Pekerjaan Disusun Dengan Baik ?

Melamar pekerjaan membutuhkan keterampilan tersendiri. Oleh karena itu pelamar kerja perlu benar-benar mempersiapkan semua hal yang berhubungan dengan lamaran tersebut secara seksama. Dalam sub bab ini, akan dibahas cara membuat surat lamaran yang profesional.

Surat lamaran merupakan salah satu alat yang efektif untuk mencari pekerjaan. Anda perlu menunjukkan kesesuaian dengan organisasi, kualifikasi dan kebutuhan-kebutuhan perusahaan. Surat lamaran memastikan pemusatan perhatian secara kilat bagi perusahaan.

Apabila Anda buat dengan baik, Anda akan terangkat ke atas kerumunan pencari kerja. Ini merupakan suatu metode komunikasi yang sangat efektif di dalam pendekatan berikut terhadap pencari kerja:

  1. Perkenalan pihak ketiga
  2. Follow up dari perkenalan pribadi
  3.  Komunikasi yang mengikuti telpon pertama
  4.  Tanggapan terhadap iklan dan posisi posisi yang tersedia secara terbuka

Surat lamaran bukan merupakan cara yang efektif untuk mempresentasikan diri Anda. Bagi para eksekutif, manajemen dan para profesional, surat lamaran biasanya tidak dibutuhkan pada fase tahap pertama penyaringan dan wawancara. Gunakan lah curriculum vitae Anda Bila memungkinkan.

Secara garis besar ada lima komponen penting dalam surat lamaran, yaitu:

1. Alamat Anda selaku pengirim surat

Sebagai tambahan informasi, tulisan cetak tebal biasanya dikhususkan pada penulisan kode pos. Ini sudah standar penulisan berdasarkan susunan yang dipakai dalam menyusun bagian alamat surat lamaran kerja atau curriculum vitae.

2. Tempat dan tanggal pembuatan surat

Wajib Anda cantumkan tempat dan tanggal surat dibuat. Agar perusahaan mengetahui kapan surat lamaran kerja dibuat.

3. Nama dan jabatan pihak yang dituju, nama serta alamat perusahaan

Bagian nama dan jabatan ini disusun berdasarkan informasi dari penyedia lapangan pekerjaan. Usahakan untuk tidak salah menulis bagian ini karena sudah cukup jelas informasinya.

4. Isi surat

Sebagai berita tambahan juga, sekiranya kau masih berstatus karyawan aktif, dapat berikan sedikit isu tentang PT/Instansi daerah kau bekerja, departemen/divisi, juga posisi yang kamu pegang saat ini. Tetapi seandainya tidak cukup dengan empat point yang dibahas sebelumnya.

5. Nama dan tanda tangan Anda di akhir surat

Seringkali penutup surat lamaran hanya berisi keinginan, terima beri beserta petunjuk tangan pelamar. Walaupun point satu dan dua juga perlu disampaikan karena menunjukan bagaimana kesungguhan pelamar. Kamu bisa jadikan ini sebagai janji dan garansi jikalau di kemudian hari ada yang tidak benar dengan apa yang kau tulis. Ini tentu bisa menjadi skor tambahan kau di mata penyedia profesi bukan.

Contoh daftar riwayat hidup

Depok, 12 Desember 2018

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD PT Bukit Jaya Emas

di Jakarta

 

Dengan Hormat,

Salam sejahtera kami sampaikan, semoga Bapak/Ibu senantiasa dalam lindungan Tuhan YME.

Sebagai respon dari pengumuman lowongan pekerjaan yang perusahaan Ibu/Bapak umumkan pada harian Surya pada tanggal 11 Desember 2018, dengan ini saya menyatakan minat untuk menyampaikan lamaran untuk posisi sebagai HRD sebagaimana diumumkan.

Secara umum, saya merasa cocok dan mampu untuk menempati posisi dan peluang yang ditawarkan tersebut. Saya adalah lulusan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang lulus pada tahun 2018 dengan predikat cumlaude. Saya pun berpengalaman dalam penanganan HRD mengingat saya pernah melakukan kerja praktik pada sebuah perusahaan pada saat masih menyelesaikan kuliah.

Rincian informasi tentang diri dan kapasitas saya terlampir dalam lampiran. Sebagai bagian tidak terpisahkan dari surat ini, kami kirimkan beberapa dokumen yang mencakup Curriculum Vitae (CV), surat pengantar mencari kerja dan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir.

 

Demikian surat lamaran kerja ini kami sampaikan, atas bantuannya kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat Kami

 

Nama terang

 

Jakarta, 12 Agustus 2015

Yth, Bapak Direktur PT Selalu Utama

di Surabaya

Hal: Lamaran Pekerjaan

 

Hormat Kami

 

Salam sejahtera, semoga bapak dan ibu selalu memperoleh kemudahan dalam setiap urusan.

Menindakalanjuti pengumuman lowongan pekerjaan yang saya baca di Surya pada tanggal 10 Desember 2018, dengan ini saya menyatakan minat untuk mengajukan diri saya menempati posisi yang ditawarkan tersebut.

Ada profil umum saya adalah sebagai berikut:

Nama : Ilham Jaya

Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta 12 Oktober 1992

Pendidikan : Sarjana Administrasi Negara Universitas Airlangga

Keterampilan utama: pengelolaan surat menyurat, administrasi dan penggunaan komputer (bisa sebutkan aplikasi yang dikuasai).

Terlampir bersama surat ini beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk proses perekrutan ini, antara lain:

3 lembar foto 2×3

salinan ijazah terakhir yang sudah dilegalisir

surat pengantar pencari kerja

daftar riawayat hidup

rekomendasi

Demikian surat ini kami sampaikan, besar keinginan kami untuk dapat diterima di perusahaan Bapak. Atas bantuannya kami sampaikan terima kasih.

 

Hormat Kami

 

Nama Terang

Mengapa Surat Lamaran Pekerjaan Harus Disusun Dengan Baik ?

Mengapa Surat Lamaran Pekerjaan Harus Disusun Dengan Baik ?

Mengapa Surat Lamaran Pekerjaan Harus Disusun Dengan Baik ?

Pengerjaan perekrutan pegawai atau pekerja tidaklah mudah. Terdapat serangkaian aktivitas supaya sebuah perusahaan dapat menetapkan apakah seorang kandidat cocok dan layak untuk menempati posisi yang dibutuhkan. Pintu pertama dalam cara kerja ini adalah surat lamaran kerja.

Surat tersebut menjadi pintu apakah seseorang bisa melanjutkan menuju proses selanjutnya. Melalui lamaran kerja, perusahaan akan menerima apakah seseorang mempunyai karakter yang diperlukan. Kian bagus lamaran profesi akan semakin besar pula kemungkinan seseorang diterima di sebuah ruang kerja, atau setidaknya lolos pada tahap pertama.

Ketidaktahuan dalam pelaksanaan ini kerap kali menyebabkan seseorang tidak dapat meneruskan pada progres selanjutnya.Dikala Anda telah menyelesaikan surat lamaran profesi dengan bagus, maka cara mengirimkan malahan haruslah dilakukan dengan pas pula. Banyak pemula yang menjalankan kesalahan dalam pengiriman surat ini, terutama pada pengiriman menerapkan email.

Dikala mengirimkan surat lewat surel, pastikan anda mengisi subjek email dengan benar, memutuskan tujuan sudah pas dan mengisi batang tubuh surat elektronik dengan bagus. Janganlah pernah mengirimkan dokumen lampiran tanpa email pengantar yang disusun secara baik. Email pengantar dapat berupa surat utama, atau surat lain yang anda pakai sebagai pengantar saja.

Pada alinea pertama surat lamaran cantumkan tempat dan tanggal dibukanya lowongan kerja berikut posisi yang diinginkan. Kemudian, pada alinea kedua dan ketiga, Tuliskan Apa alasan Anda melamar posisi tersebut, Mengapa Anda merasa mampu dan layak menempati posisi tersebut, serta apa saja keahlian yang Anda miliki, khususnya yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Surat lamaran memiliki peranan sangat penting dalam proses melamar kerja. Jadi, usahakan membuatnya serapi dan seteliti mungkin. Sebelum mencetak nya, pastikan tidak ada ejaan yang salah di dalamnya. Periksa berulang-ulang sampai Anda yakin semua sudah ditulis dengan benar.

Jika surat lamaran Anda terlihat kotor, tidak rapi, kurang bersemangat, dengan susunan gaya bahasa tidak teratur, pihak perusahaan tentu akan merasa ragu menerima Anda. Terlebih jika posisi yang dilamar membutuhkan kerapian, ketelitian, dan keteraturan.

Baca Juga: Cara Buat CV Mahasiswa Menarik

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang bagaimana sifat surat lamaran pekerjaan, dimana Itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *