3 Cara Agar Usaha Maju dan Berkembang Sukses

By | April 15, 2019

Fachri Aja, Cara Agar Usaha Maju dan Berkembang | Tahukah anda bagaimana cara agar usaha maju dan berkembang?. Dengan artikel yang kami sajikan sudah bukan masalah lagi bagi Anda. Bayangkan setelah membaca artikel cara agar usaha maju dan berkembang. Siapa sih orang yang tidak ingin membuat bisnisnya berkembang?. Setiap orang yang memulai sebuah bisnis tentu akan berpikir dan mencoba menjadikan bisnisnya lebih besar. Tapi berapa banyakkah pengusaha yang mampu mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar?. Tidak terlalu banyak bukan?.  Bahkan jika dirasio, mungkin lebih banyak bisnis yang gulung tikar dibanding berkembang. So, tanpa panjang lebar lagi mari kita simak tulisan mengenai cara agar usaha maju dan berkembang. Selamat Membaca.

Cara Agar Usaha Maju dan Berkembang Secara Cepat, Besar Serta Sukses

cara agar usaha maju dan berkembang

cara agar usaha maju dan berkembang

Ini jugalah yang kemudian membuat banyak orang takut mengambil risiko untuk mengembangkan bisnisnya. Kemudian mereka lebih memilih mempertahankan bisnisnya pada fase yang itu-itu saja alias dalam fase survival. Tapi apakah fase survival ini buruk?. Jawabannya YA! Tentu saja hanya mempertahankan bisnis agar tetap berjalan memang baik, bahkan harus dilakukan.

Tapi tidak mau mengambil risiko untuk mengembangkan bisnis yang sedang kita geluti juga sama buruknya dengan kematian bisnis itu sendiri. Bagaimana tidak, jika cara mengembangkan bisnis yang sudah ada yang kita mulai hanya berada pada fase survival terus menerus itu berarti bisnis yang kita geluti hanya jalan di tempat.

Tidak berjalan kemana pun. Ini juga berarti kita tidak mempunyai usaha apapun untuk menjadikan bisnis kita nomor satu. Banyak sekali faktor dan tips agar toko maju yang melatarbelakangi keengganan kita untuk keluar dari fase survival. Tapi yang paling utama dan paling mengerikan adalah keengganan kita keluar dari zona nyaman. Ya, zona nyaman adalah jebakan paling mengerikan yang kita ciptakan sendiri.

Pikiran-pikiran yang menyatakan “kayak gini juga udah cukup”, “hidup gini aja juga udah enak”, dan lain sebagainya bisa membuat kita enggan berkembang. Mungkin bagi sebagian kita menggunakan pikiran-pikiran tersebut dengan apalagi sebagai cara bersyukur. Nyatanya, pikiran-pikiran semacam itu bukanlah cara kita bersyukur namun cara kita menutupi rasa malas.

Malas berkembang, malas mengambil risiko, dan malas-malas yang lain.Tentunya kemalasan-kemalasan tersebut akan menjadi racun bagi kita dan bisnis kita. Mungkin pertamanya kita hanya malas berkembang hingga akhirnya bisnis kita hanya sekedar bertahan. Namun bukan tidak mungkin jika ketika bisnis kita sedang sulit, kita juga hanya akan menerimanya dengan pasrah.

Tanpa berusaha mencari solusinya. Lama-kelamaan bisnis yang kita geluti akhirnya gulung tikar. Sungguh mengerikan. Untuk itu, kita harus berani melakukan scale up alias mengembangkan bisnis yang kita rintis. Caranya dengan membuat mindset yang berbeda, mau keluar dari zona nyaman, dan mau berinovasi.  Berikut cara agar usaha lancar dan sukses yang bisa kita gunakan untuk melakukan scale up bisnis online.

1. Bangun reputasi

Membangun reputasi atau citra bisnis kita sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Caranya, ketika akan berpromosi lakukanlah di situs-situs yang terpercaya. Hal ini akan membangun anggapan di masyarakat bahwa bisnis kita juga terpercaya. Kita juga bisa membangun citra dari logo perusahaan. Mencantumkan kebijakan transaksi juga bisa menambah kepercayaan pelanggan. Selain itu, layanan yang responsif juga akan menambah kepercayaan para pelanggan dan membuat reputasi bisnis kita semakin baik.

2. Update media

Kecepatan perputaran tren pasar seperti sekarang ini membuat kita sebagai pengusaha selalu menampilkan hal-hal yang paling up to date. Jika tidak bisa-bisa bisnis kita akan dianggap kudet alias kurang update. Tentunya jika sudah ada anggapan bahwa bisnis kita gak
update reputasinya akan semakin jeblok.

3. Gunakan identitas jelas

Di jaman bisnis online seperti sekarang sangat banyak orang yang mencari kesempatan untuk melakukan penipuan. Karenanya, sekarang ini banyak sekali pelanggan yang lebih memilih berbelanja pada situs yang terpercaya. Nah, indikator situs terpercaya ini sebenarnya sangat mudah yaitu situs yang mencantumkan identitas jelas.

Identitas yang wajib dicantumkan antara lain alamat, nomor telepon, dan nomor rekening. mereka yang telah berwirausaha perlu memperluas cakrawala mereka mengenai scaling-up. Istilah ini merujuk pada upaya dan strategi yang dilakukan oleh sebuah startup atau usaha rintisan agar skala usahanya makin besar.

Misalnya, dari hanya satu toko atau warung, menjadi memiliki beberapa cabang di lokasi berbeda, atau merambah pasar yang baru, mengembangkannya menjadi jaringan walaraba dan sebagainya. Intinya, eksekusi scaling-up yang sukses akan bisa membuat sebuah bisnis mikro menjadi raksasa.

Baca Juga: Tips Wirausaha Ala Bob Sadino

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Cara Agar Usaha Maju dan Berkembang Sukses, dimana konsisten dan Disiplin adalah modal utama berkembangnya usaha Anda Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan untuk mengelola keuangan usaha yang saat ini tengah Anda jalankan. Kunci dari semua itu adalah konsisten dan disiplin. Selanjutnya, Anda pun dapat mulai mengembangkan hingga menjadi lebih maju dan berkembang. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *