5+ Cara Berinvestasi yang Menguntungkan dan Mudah

By | Februari 27, 2020
0
(0)

Fachri Aja – 6 Cara Berinvestasi yang Menguntungkan dan Mudah | Apakah Anda sudah tau semua cara ini? Percayalah, Jangan menunggu terlalu lama unutk memulai investasi. Karena investasi adalah salah satu cara jitu untuk Anda dalam membangun masa dengan dengan kondisi keuangan yang lebih baik. Dan pastinya Anda juga harus tau beberapa cara berinvestasi yang menguntungkan.

Jika saat ini Anda masih dalam usia muda. Sebaiknya jangan hanya berfoya-foya saat memiliki uang yang berlebih, Apalagi jika sampai terbiasa menjadi pribadi yang konsumtif. Usia muda dan produktif bisa Anda manfaatkan untuk mulai menabung dengan berinvestasi.

Memulai Cara Berinvestasi yang Menguntungkan dengan Reksadana

cara berinvestasi yang menguntungkan

cara berinvestasi yang menguntungkan

Sebelum Anda memulai membeli produk investasi ada baiknya jka Anda menentukan dulu. Apa tujuan dari investasi yang Anda lakukan. Apakah dengan tujuan cita-cita keuangan untuk biaya pendidikan anak Anda, Membeli rumah masa depan, Liburan ke negara impian Anda, Atau investasi untuk simpanan dana saat Anda pensiun.

Tujuan yang sudah Anda buat ini nantinya akan berhubungan erat dengan jangka waktu investasi yang tepat untuk Anda. Tujuan tersebut juga diarapkan menjadi motivasi tersendiri dalam konsisten berinvestasi. Karena akan sangat percuma jikan Anda melakukan investasi tanpa tujuan yang jelas. Lalu bagaimana cara berinvestasi yang menguntungkan dan mudah dilakukan?

1. Memilih platform investasi

Memilih platform investasi adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Karena saat ini begitu banyak platform online yang dapat membantu para investor melakukan transaksi. Saran saya pilih platform reksadana online yang didalam nya menjual berbagai macam produk reksadana dari banyak manajer investasi. Sehingga Anda dapat memilih dan memilah mana manajer investasi yang paling tepat untuk mengolah dana investasi Anda.

2. Memahami macam-macam reksadana

Memahami macam-macam reksadana yang ada juga modal penting yang paling tidak harus sedikit Anda ketahui. Karena reksadana dibedakan menjadi bbeberapa jenis sesuai dengan alokasi investasinya. Misalnya, Reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap, Reksadana campuran, Reksadana campuran defensif, Reksadana campuran berimbang, Reksadana campuran dinamis, dan Reksadana saham.

3. Menentukan jangka waktu investasi reksadana

Menentukan jangka waktu investasi reksadana. Dalam investasi biasanya Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yakni investasi jangka pendek atau investasi jangkap panjang. Jangka waktu yang diberikan pun bermacam-macam tergantung dari kebijakan di bank masing-masing.

Kembali lagi dengan tujuan Anda dalam menentukan tujuan investasi. Jika Anda memang hanya ingin ber investasi untuk menyimpan dana untuk digunakan dalam waktu depat, Makan investasi jangpa pendek lah yang tepat. Tetapi jika Anda bertujuan untuk menyimpan dana sebagai simpanan dana di masa depan. Anda bisa memilih investasi jangka panjang.

4. Langkah-langkah dalam investasi reksadana

Langkah-langkah dalam investasi reksadana yang harus Anda lakukan adalah. Menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin dana investasi Anda lebih aman dan hasil keuntungan yang terbatas? Reksadana pasar uang adalah jawaban nya. Pendapatan nya tetap dan terproteksi dengan baik.

Lalu jika Anda ingin mendapat keuntungan yang lebih tinggi dan tidak terbatas. Anda juga harus bisa menerima resiko lebih tinggi. Reksadana saham adalah jawaban nya. Selanjutnya Anda bisa melakukan pengecekan selama 3 tahun terakhir. Patikan produk investasi yang Anda pilih memiliki histori yang konsisten.

5. Memastikan produk reksadana memiliki ijin OJK

Memastikan produk resadana memiliki OJK. Nah, Perijinan seperti ini memmiliki banyak syarat dan bersifat mutlak sehingga dapat dipercaya kebenarannya. Dan pastokan juga manajer investasi yang mengolah dana juga memiliki ijin ya. Jika dua hal ini todak terpenuhi Anda berhak menolak tawaran untuk berinvesstasi.

Karena banyak investasi bodong yang ada dimana-mana, tidak memiliki ijin karena tidak memenuhi standar dan persyaratan mutlak dalam mengelola dana investasi secara sehat. Ciri-ciri reksadana bodong biasanya menawarkan keuntungan investasi yang besar dengan resiko yang kecil.

6. Belajar memahami prospektus reksadana

Belajar memahami prospektus reksadana sebelum memulai. Prospektus bisa diibaratkan sebagai buku manual berinvestasi reksadana. Segala macam informasi lengkap sudah ditulis didalamnya. Sehingga hukumnya wajib dan mutlak untuk Anda baca dan pahami. Sehingga jika ada hal yang menurut Anda kurang pas, Anda bisa menanyakan nya.

Lalu bagaimana jika sudah berinvestasi tapi belum membaca dan memahami prospektus? Sebaiknya Anda bisa segera mengaksesnya. Karena pemahaman ini juga penting dan menyangkut dana Anda. Selain itu akan lebih baik jika jasa reksadana Anda memiliki sistem online untuk memberikan informasi seputar reksadana. Biasanya setiap kali akan melakukan investasi. Anda akan diingatkan lagi untuk membaca dan mengonfirmasi apakah Anda telah membaca prospektus.

Baca Juga : Hukum Reksadana Menurut Islam, Halal atau Haram ?

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja sampaikan mengenai informasi 5+ Cara Berinvestasi yang Menguntungkan dan Mudah. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda para calon investor-investor hebat masa depan. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel investasi berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *