3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja

By | Juni 22, 2019

Fachri Aja, 3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar cara interview yang baik agar diterima. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang cara interview yang baik agar diterima kerja fresh graduate. Banyak cara dilakukan agar Anda mendapat panggilan diterima kerja. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai cara interview yang baik agar diterima secara lengkap dibawah ini.

Tips Sukses Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja Pertama Kali

3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja

3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja

Cara agar lolos tes interview yang mungkin jadi hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat Wawancara adalah mengajukan pertanyaan pada hal-hal yang Anda harusnya sudah tahu apa jawabannya. Jika perusahaan sudah menayangkan daftar berbagai produk mereka secara online, Anda hanya akan mempermalukan diri sendiri dengan bertanya “Apa saja produk yang Anda jual?”

Maka dari itu Anda harus meninjau informasi publik yang tersedia tentang Perusahaan. Karena tujuan tes wawancara kerja untuk memberi manfaat ekstra pada saat wawancara, perluas upaya Anda dengan mencari tahu mengenai orang-orang penting dan juga industri yang terkait.

Bagi Anda yang pemula menghadapi interview kerja adalah untuk menunjukkan latar belakang pengetahuan yang baik, sehingga pewawancara melihat Anda peduli tentang perusahaan yang Anda lamar dan terkesan karena Anda telah mengambil inisiatif untuk mempersiapkan diri secara baik. Cheklist hal dibawah berikut dari berbagai pertanyaan interview kerja fresh graduate yang bisa mencegah rasa malu dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

1. Mengetahui perusahaan yang dilamar bagi pemula

Bagi Anda fresh graduate pasti muncul pertanyaan apa yang harus dilakukan ketika interview. Jawabannya banyak informasi yang Anda butuhkan biasanya banyak tersedia pada website perusahaan, tapi jangan berhenti hingga di situ. Pastikan Anda googling nama perusahaan untuk mendapatkan setiap artikel yang berkaitan dengan perusahaan tersebut dan Anda harus tahu tentangnya.

  • Produk dan Layanan. Apakah produk dan layanan utama perusahaan tersebut? Apa yang mereka tuju? Permasalahan apa yang sedang mereka pecahkan?
  • Misi Perusahaan. Pernahkah Anda membaca dan memahami misi perusahaan tersebut? Bagaimana nilai-nilai Anda sendiri bila disejajarkan dengan nilai-nilai perusahaan?.
  • Pelanggan Utama. Siapa pelanggan utama perusahaan tersebut? Apakah kontrak telah diamankan dengan pelanggan utama?
  • Pesaing Utama. Perusahaan mana yang menjadi pesaing langsung dan apa ancaman yang mereka hadapi?
  • Sejarah terkini. Perubahan apa yang telah perusahaan tersebut alami dalam 12 bulan terakhir? Apakah produk baru akan dirilis? Apakah ada perubahan signifikan dalam manajemen atau struktur perusahaan?
  • Tantangan. Apakah tantangan yang dihadapi bisnis saat ini?
  • Prospek. Dapatkah Anda menemukan informasi tentang prospek jangka pendek dan jangka panjang perusahaan tersebut? Apa rencana mereka untuk 12 bulan ke depan?
  • Informasi Keuangan. Dapatkah Anda menemukan laporan tahunan perusahaan tersebut? (Catatan: Jika peran Anda adalah bagian keuangan atau manajerial, Anda harus membaca laporan kuartalan terbaru.)
  • Informasi Terkini. Pernahkah Anda membaca semua siaran pers atau artikel berita yang berkaitan dengan Perusahaan? Pastikan Anda tahu sebanyak mungkin informasi terkini tentang perusahaan tersebut.

2. Lolos interview kerja dari orang penting

Langkah berikutnya adalah melakukan penelitian mengenai orang-orang penting melalui Google, Facebook dan Linked In. Lakukan penelitian orang penting di perusahaan dan kumpulkan informasi latar belakang mereka sebelum wawancara. Secara khusus, selidiki pewawancara Anda dan karyawan manajerial perusahaan.

  • Pewawancara Anda. Tanyakan terlebih dahulu siapa yang akan mewawancarai Anda. Jika mungkin, pelajari nama-nama pewawancara Anda dan apa peran mereka. Ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran Anda berkaitan dengan mereka. Apakah mereka akan menjadi bos atau rekan kerja? Apakah Anda akan memberi laporan kepada mereka?
  • Orang lain di Dalam Ruangan. Jika orang lain akan hadir di ruang wawancara, cari tahu pula nama dan peran mereka. Meskipun mereka mungkin tidak menjadi orang yang mengajukan pertanyaan, mereka mungkin memiliki suara yang signifikan dalam keputusan “ya atau tidak” untuk mempekerjakan Anda.
  • Manajemen Perusahaan. Selalu lakukan penelitian mengenai personel manajemen Perusahaan. Jika pewawancara menyebutkan nama CEO Perusahaan, Anda pasti tidak ingin bertanya “siapa dia?” Gunakan situs web perusahaan untuk melakukan penelitian tentang siapa yang mendirikan Perusahaan, yang merupakan CEO saat ini dan siapa yang kemungkinan besar akan menjadi bos Anda dalam posisi pekerjaan Anda.
3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja

3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja

3. Mengetahui perusahaaan yang dilamar pada industri terkait

Cara cepat keterima kerja penting bagi Anda untuk setidaknya memiliki pemahaman yang luas mengenai industri yang dijalankan perusahaan tersebut. Baca artikel berita terkini dan telusuri situs-situs pemain kunci di industri tersebut. Inilah yang harus dicari:

  • Peristiwa dan Berita Terkini. Apa peristiwa penting yang mempengaruhi industri Anda sekarang? Bagaimana peristiwa ini secara langsung mempengaruhi perusahaan tersebut? Apa pendapat Anda tentang berita tersebut?
  • Sejarah. Sangat baik bila Anda memiliki gambaran mengenai sejarah industri Anda. Kapan industri ini lahir? Apa katalis untuk perubahannya? Kapan periode booming-nya? Apakah industri ini sedang dalam masa pertumbuhan atau penurunan?
  • Teknologi Saat Ini. Teknologi apa yang digunakan oleh perusahaan dari waktu ke waktu? Setidaknya Anda memiliki. Pemahaman dasar mengenai teknologi yang Anda mungkin tidak akrab dengannya.
  • Jargon Industri. Pastikan Anda mengetahui jargon industri, termasuk nama produk, perangkat lunak, peralatan, teknologi dan prosedur. Jika Anda menemukan sebuah kata pada website perusahaan Anda yang tidak akrab, pastikan untuk mencari dan menghafal maknanya.

Baca Juga: Persiapan Penting Dalam Wawancara Kerja

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja, dimana Anda bisa mempunyai harapan jika diterima di perusahaan dengan melakukan persiapan yang kami sajikan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *