Cara Jadi PNS Lulusan SMK Terbaru

By | Oktober 24, 2019
5
(1)

Fachri Aja, Cara Jadi PNS Lulusan SMK Terbaru | Apakah Anda tahu tentang cara jadi PNS lulusan SMK?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara jadi PNS lulusan SMK. Ada beberapa instansi cpns untuk smk yang patut Anda coba. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara jadi PNS lulusan SMK secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Cara Jadi PNS Lulusan SMK Dengan Mengetahui Apa Saja Instansi Penerima CPNS Untuk Lulusan SMA/SMK

Cara Jadi PNS Lulusan SMK Terbaru

instansi cpns yang menerima lulusan sma atau smk

Gelaran seleksi CPNS putaran kedua tahun ini semakin ramai diperbincangkan. Para ahli madya, sarjana, master, maupun doktor dari beberapa universitas negeri berbondong-bondong ingin ikut serta mengadu nasibnya di sana. Tidak mengherankan, sekitar 60-an kementrian/instansi pemerintah membuka lowongan untuk ribuan bibit-bibit terbaik secara serentak.

Namun rupanya, tidak hanya lulusan perguruan tinggi saja yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS kali ini. Anda yang adalah lulusan SMA/SMK juga berkesempatan untuk ikut berpartisipasi. Ada beberapa lowongan yang disediakan oleh kementrian maupun instansi pemerintah khusus lulusan SMA/SMK.

1. Pekerja sosial pemula
di Kementrian Sosial Republik RI (Kemensos RI)

Selain jurusan Akutansi, Perkantoran, Perhotelan, Pariwisata, atau Multimedia, jurusan Pekerjaan atau Perawatan Sosial dianggap langka ditemukan di Indonesia. Namun lulusannya dibutuhkan Kemensos RI untuk ditugaskan sebagai pekerja sosial pemula.

Anda dituntut untuk melaksanakan berbagai upaya guna meningkatkan kemampuan orang-orang dalam melaksanakan fungsi-fungsi sosialnya melalui interaksi, agar orang tersebut dapat menyesuaikan diri dengan situasi kehidupannya secara memuaskan.

2. Rescuer di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP atau Basarnas)

Anda sudah sering mendengar tim SAR kan?. Nah, PNS yang bertugas sebagai tim SAR inilah yang menduduki jabatan fungsional rescuer. Tugas pokoknya melakukan pencarian, pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia yang hilang.

Dikhawatirkan hilang atau tengah menghadapi bahaya dalam musibah. Menjadi rescuer ini cukup menantang, memiliki risiko bahaya yang cukup tinggi dan biasanya kerap bertugas di perairan. Makanya, Basarnas membutuhkan lulusan SMA sederajat yang memiliki sertifikat renang.

3. Pelatih Hewan pelacak di Badan Narkotika Nasional (BNN)

BNN tentu membutuhkan bantuan hewan untuk melacak keberadaan obat-obat terlarang. Nah, jika Anda cukup familiar dengan binatang, khususnya anjing, maka Anda berkesempatan untuk menjadi pelatih atau pawang hewan pelacak. Dibutuhkan 100 orang untuk menduduki posisi khusus ini.

4. Pengawal Tahanan atau Narapidana di Kejaksaan Agung RI

Jabatan ini nggak main-main, salah satu persyaratannya adalah memiliki sertifikat keterampilan bela diri, berijazah komputer setidaknya pengoperasian program Microsoft dan internet, serta memiliki nilai rata-rata ijazah minimal 7,0. Anda tertarik?

Baca Juga : Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Cara Jadi PNS Lulusan SMK Terbaru, dimana sejatinya, masa depan seseorang nggak semata-mata dinilai dari latar belakang pendidikan yang dimilikinya. Bukan berarti mereka yang telah memiliki gelar master atau doktor bakal jadi orang besar dan sukses seperti yang dibayangkan. Dan bukan berarti juga mereka yang hanya lulusan SMA/sederajat lantas nggak layak jadi siapa-siapa. Jika Anda memang berminat untuk menjadi PNS, jangan sampai lewatkan kesempatan ini, ya!. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel tips berikutnya.

 

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *