3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

By | Agustus 20, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia | Apakah Anda tahu tentang cara membuat CV lamaran kerja?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar. Dalam artikel ini akan dibahas cara membuat cv yang menarik di word 2007, 2013, dll. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara membuat CV lamaran kerja secara jelas dan lengkap dibawah ini.

3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Curiculum Vitae (CV) Anda seperti gambaran bagi perekrut di perusahaan yang Anda lamar. Dengan membacanya, seorang rekruiter akan segera bisa membayangkan seperti apa anda, bahkan sebelum mereka melihat anda. Profesionalkah, lamban atau tukang mengeluh?.

Oleh karena itu,berhati-hatilah dalam membuat Curiculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup anda.Kalau salah memasukkan informasi, bukan tak mungkin kesempatan anda melayang.

1. Foto curriculum vitae

Siapa yang tidak menyukai wajah cantik atau penampilan menarik?. Istilah itupun berlaku ketika Anda membuat CV. Meskipun Anda pintar dan berwawasan luas, perekrut tak akan tertarik membaca CV Anda jika terlihat tidak menarik. Maka dari itu, kertas dan jenis huruf merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan dengan cermat untuk memastikan CV Anda dibaca sampai selesai

a. Kertas

Jangan menggunakan kertas bergaris, berwarna atau yang desainnya meriah. Kesan yang timbul dengan menggunakan kertas jenis ini yaitu tidak professional dan kuno. Kami sarankan untuk menggunakan kertas HVS putih polos dan mengetik lamaran menggunakan microsoft word.

Tidak diperkenankan mengirimkan fotokopi CV. Alasannya karena Anda terkesan tidak menghargai perusahaan yang Anda lamar. Biasakan selalu print beberapa curriculum vitae sekaligus, sehingga Anda tak akan kerepotan ketika tiba-tiba harus mengirim lamaran.

b. Huruf

Usahakan mengetik CV Anda dengan komputer, karena akan lebih terjamin kerapihan nya dibanding kalau Anda menggunakan mesin tik manual. Untuk jenis huruf yang pantas dalam pengetikan CV, gunakan pilihan huruf yang sederhana tapi jelas terbaca, misalnya : Arial atau Times New Roman.

Jangan memilih huruf seperti graffity atau seni lettering, karena membuat pusing orang yang membacanya dan mengesankan Anda sebagai orang yang amatiran. Gunakan tinta hitam.

Simak Juga: 3 Contoh CV Pemula Yang Baik dan Benar

2. Isi curriculum vitae

3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Agar menarik pada perusahaan yang Anda lamar, sebaiknya tonjolkan hal-hal yang pantas diketahui. Sesuatu hal yang wajib yaitu saat membuat CV, Anda harus jujur. Tetapi bukan berarti Anda mengobral diri Anda dengan menuliskan kata-kata yang tidak penting, misalnya tinggi dan berat badan, kondisi kesehatan atau jumlah anak.

a. Data diri

Pada bagian ini jelaskanlah hal-hal yang secara prinsip harus diketahui perusahaan tempat Anda melamar, yaitu: nama lengkap, tempat/tanggal lahir,alamat dan nomor telephone.

b. Pendidikan

Pada bagian ini yang perlu disebutkan adalah sertifikat yang berkaitan dengan pendidikan formal Anda, nama lembaga pendidikan tempat Anda pernah menimba ilmu, bidang studi, prestasi, penghargaan atau kursus yang signifikan dengan pendidikan Anda. Jika Anda pernah mendapatkan beasiswa, penghargaan sebagai pemenang lomba karya tulis atau pernah kursus bahasa inggris atau komputer, maka tuliskan dengan singkat dan jelas.

c. Pengalaman kerja

Sebutkan dengan singkat dan jelas di perusahaan mana saja Anda pernah bekerja. Jika Anda pernah bekerja < 6 bulan di suatu perusahaan, sebaiknya tidak perlu ditulis kecuali ada hal khusus yang Anda yakini baik untuk perkembangan karir Anda.

Tuliskan dengan singkat apakah Anda pernah mempunyai prestasi di tempat kerja Anda yang lama. Jangan pernah menulis nama bos Anda yang lama atau nomor telephone perusahaan Anda yang lama.

d. Aktivitas dan keterampilan khusus

Point ini sifatnya tidak harus. Jika Anda memang mempunyai kegiatan atau keterampilan yang memang mendukung, tuliskanlah. Misalnya: mengikuti organisasi kemahasiswaan, mengusai ms word, excel, dan power point atau punya keterampilan menulis.

e. Minat

Sebutkan dengan singkat minat Anda yang Anda yakin positif dan signifikan untuk peningkatan karir Anda. Namun apabila Anda kesulitan dalam menyusun CV Anda supaya lebih menarik, maka tidak ada salahnya Anda menggunakan jasa bantuan konsultan curriculum vitae builder yang berpengalaman.

3. Baca ulang daftar riwayat hidup

3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Ingatlah untuk selalu membaca CV Anda lagi. Saat menganalisis CV Anda sendiri, bacalah seolah-olah Anda seorang HRD. Anda dapat mengevaluasi CV yang Anda buat, baik menarik dan bagus (dalam konten atau mengedit) atau sebaliknya. Jika Anda menemukan CV Anda tidak menarik dan meyakinkan, Anda dapat dengan cepat memperbaikinya dan kemudian segera mengirimkannya ke perusahaan yang bersangkutan.

a. Jumlah halaman

Aplikasi CV pekerjaan harus hanya 1 (satu) atau 2 (dua) halaman. jika ada riwayat kerja yang cukup, dengan kursus atau pelatihan, penting untuk memasukkan apa yang juga relevan dengan bidang pekerjaan yang digunakan untuk mengompresnya menjadi satu halaman.

b. Tata bahasa menurut EYD

Tidak disarankan jika ada kesalahan dalam bahasa, ejaan, dan tanda baca di CV. Coba tinjau aspek-aspeknya dengan cermat. Jika Anda menulis CV bahasa Inggris, dan tidak yakin, coba lagi dan lagi untuk meminta ulasan dari seseorang yang siap dan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik.

c. Mudah dibaca dan dicerna

Melamar pekerjaan CV yang sulit dibaca atau mudah dicerna, mungkin menunjukkan kesalahpahaman atau ketidakmampuan untuk menulis surat rekomendasi. Disarankan bahwa bagian dan kata-kata yang dianggap sangat penting ditampilkan dalam huruf tebal (tebal). Tetapi dalam jumlah yang sama gunakan seluruh tampilan CV.

Baca Juga: Cara Membuat CV di Linkedin Fresh Graduate

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 3 Cara Membuat CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia, dimana Mengingat bahwa masih banyak calon karyawan yang menghadapi kendala dalam menjalani wawancara kerja, artikel ini diharapkan dapat memberikan sedikit pencerahan bagi pencari kerja sehingga lebih siap dan percaya diri. Kami yakin masih banyak cara-cara yang mungkin belum tertulis dalam artikel ini, namun setidaknya jika Anda melaksanakan saran-saran yang ada di atas maka Anda akan memiliki bekal yang cukup dalam menghadapi wawancara kerja. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *