3 Cara Membuat CV Untuk Pemula

By | Februari 26, 2019

Fachri Aja, 3 Cara Membuat CV Untuk Pemula | Update lagi, hari ini kami ingin berbagi sedikit ilmu seputar cara membuat CV untuk pemula. Tulisan yang kami sajikan kali ini menceritakan tentang cara membuat CV untuk pemula lengkap. Dalam mencari pekerjaan tentunya diperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah surat lamaran pekerjaan yang tentu saja harus dilampirkan dengan riwayat hidup yang biasa disebut juga dengan Curriculum Vitae (CV). Jadi, silahkan Anda baca artikel mengenai cara membuat CV untuk pemula agar wawasan Anda semakin luas.

Cara Membuat CV Untuk Pemula

Cara Membuat CV Untuk Pemula

Cara Membuat CV Untuk Pemula Yang Menarik dan Lengkap

Jikalau Anda telah lulus sebagai mahasiswa maka hal selanjutnya yaitu mencari pekerjaan. Anda wajib memikirkan sesuatu hal penting, mulai dari mental hingga dengan CV. Nah, langkah pertama yang seharusnya dipersiapkan yaitu CV atau curriculum vitae yang berfungsi sebagai arena mengenalkan dan mempromosikan diri pada perusahaan yang Anda incar.

Pentingkah sebuah riwayat hidup untuk para pemula yang ingin melamar kerja? Tentu saja penting. Sebab CV ialah sesuatu yang tricky, tentu Anda perlu ilustrasi contoh CV. Syukur, kalau figur CV yang Anda lihat merupakan format CV yang menarik yang gampang diwujudkan bagi fresh graduate.

Karena biasanya kebanyakan orang melakukan kesalahan dalam menulis CV. Menulis curriculum vitae merupakan hal yang susah dan membutuhkan waktu. CV merupakan hal pertama yang harus Anda kirim kepada perusahaan supaya mereka dapat mengenal Anda dan kesungguhan Anda, walaupun Anda belum punya pengalaman bekerja. Mau tau cara membuat CV untuk pemula? Yuk intip tipsnya!.

Simak Juga: Apa Itu Beda Resume Dengan CV ?

1. Hal Penting dalam Membuat CV

Sebelum membuat CV atau surat lamaran, Anda perlu tau apa saja sih hal penting yang harus Anda tulis di dalamnya. Jangan hingga Anda menuliskan hal-hal yang tak perlu misalnya karangan “Ketika Saya liburan kerumah nenek”. Di model CV yang benar untuk ditulis yaitu masukkan data diri atau data identitas dengan benar dan jujur.

Mulai dari menulis nama panjang,domisili, nomor telepon yang dapat dihubungi, domisili surel, dan domisili sosial media lainnya. Hal penting lainnya yang mesti Anda tuliskan di CV nanti adalah identitas lengkap Anda, foto, level pendidikan, prestasi ataupun pencapaian yang telah Anda buat untuk menambah value plus dari perusahaan nanti.

Kemudian deskripsikan diri Anda dengan baik. Deskripsi diri ini termasuk umur, situasi kesehatan, kesanggupan berbahasa, dan sedikit menyinggung tentang pendidikan terakhir yang Anda jalani. Seperti semisal adalah Anda berasal dari jebolan mana dengan nilai yang memuaskan.

2. Cara Membuat CV Untuk Melamar Kerja Yang Benar

Mungkin komponen ini beberapa besar orang telah mengetahuinya, namun bagi para fresh graduate kabar ini akan sungguh-sungguh menolong. karena bisa memberi gambaran besar akan riwayat hidup Anda yang akan dicantumkan di dalamnya. Hati-hati dalam membuat agar rapi supaya tak membingungkan pembaca.

Pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali dari CV yang Anda buat. CV yaitu dokumen pendorong penting yang menjadi perantara antara Anda dan perusahaan. Anda perlu membaca ulang CV yang sudah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilaksanakan untuk meminimalkan kekeliruan dan mempertimbangkan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi.

Tentunya sungguh-sungguh disayangkan bila Anda telah susah-sulit cari metode membuat curriculum vitae yang menarik. Rupanya kesalahannya merupakan typo (baca: salah ketik). Jadi Anda seharusnya membuatnya seniat mungkin dan sebagus mungkin ya jangan asal-asalan apa lagi typo atau salah ketik.

Cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah dan memakai kalimat yang terang, singkat serta efektif. Usahakan mengaplikasikan kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Pakai Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari tulisan-tulisan di laman dunia online.

3. Membuat CV yang Menarik

Kendala bagi pemula dalam mendapatkan profesi yaitu minimnya pengalaman. Tenang jangan panik, Anda dapat membuat pihak perusahaan beratensi dengan CV yang menarik. Buatlah CV yang menarik dan jangan terlalu kaku. Tambahkan design yang keren untuk CV Anda, sehingga pihak HRD tidak bosan membaca CV Anda.

Karena hal tersebut terkesan membuat Anda memang niat untuk melamar di perusahaan tersebut. Kemudian lengkapi CV Anda dengan lengkap, pastikan bahwa Anda bisa menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas. Pakai dengan kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien.

lalu kemudian tuliskan setiap alur riwayat hidup dengan runtut. Termasuk di jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau prestasi yang pernah Anda raih. Jangan menuliskannya secara melompat-lompat. Serta di CV, jangan mengaplikasikan nama yang berlebihan atau aneh saat mengirim surat lamaran via online dengan alamat surat elektronik seperti celaluimuth@gmail.com.

Baca Juga: Contoh Resume Fresh Graduate Bahasa Indonesia

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 3 Cara Membuat CV Untuk Pemula, dimana Itulah cara membuat CV yang lengkap, menarik, dan mudah dibuat oleh para pemula. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *