9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

By | Juni 26, 2019

Fachri Aja, 9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula | Apakah Anda tahu tentang cara menghadapi interview kerja bagi pemula?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara menghadapi interview kerja bagi pemula agar diterima. Bagi para pencari kerja pemula, rasa senang bercampur grogi dan cemas kerap kali muncul ketika akan menghadapi sebuah interview kerja. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara menghadapi interview kerja bagi pemula secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula Yang Baik Agar Diterima

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Trik interview bagi pemula atau yang masih fresh graduate dalam hal interview kerja, ada baiknya mempersiapkan diri baik itu dari segi fisik maupun mental. Kepercayaan diri harus dibangun ketika berhadapan dengan wawancara kerja agar proses interview berjalan dengan lancar.

Salah satu yang harus dipersiapkan dalam hal wawancara kerja adalah cara berpakaian saat interview. Hal ini sangat penting mengingat bahwa pertama kali Anda masuk ke ruang interview, yang dilihat oleh HRD atau user adalah penampilan kamu secara fisik termasuk cara berpakaian yang baik dan benar saat wawancara kerja.

1. Bagi fresh graduate pilih kelebihan Anda

Cara interview yang baik agar diterima adalah kesan pertama yang hal tersebut merupakan segalanya. Jadi pikirkan segala kelebihan Anda. Apa kualitas yang Anda ingin tunjukkan? Tentukan terlebih dahulu sebelum Anda berangkat. Misalnya Anda berniat untuk datang wawancara sebagai orang yang percaya diri, dapat diandalkan dan dinamis.

Setelah itu, agar kesalahan kesalahan saat interview bisa di minimalisir. Latih cara Anda menyampaikan kualitas yang Anda ingin tonjolkan pada pewawancara. Misalnya, untuk menunjukkan kepercayaan diri, pastikan Anda dapat berbicara lancar tentang kekuatan dan keberhasilan tanpa menyombongkan diri.

2. Lakukan percakapan santai pertama kali interview

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Kemudian, cara interview yang baik agar diterima yaitu semakin Anda dapat membuat wawancara pertukaran dua arah, semakin besar kemungkinan Anda untuk bersantai. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengumpulkan informasi, mengenal budaya perusahaan dan cara-cara mereka melakukan pekerjaan. Datanglah ke tempat wawancara dengan beberapa pertanyaan yang disiapkan. Baca situs perusahaan dan penelitian kinerja mereka.

3. Meskipun belum punya pengalaman Anda nyaman berbicara soal uang

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Dapat diketahui jika melakukan interview user untuk fresh graduate maka dapat dismpulkan pekerjaan tersebut sudah dilengkapi dengan gaji yang diiklankan. Anda mungkin akan mendapat pertanyaan tentang harapan gaji. Antisipasi pertanyaan ini dengan berlatih mengatakan jawaban yang Anda inginkan. Jika Anda ingin dibayar lebih dari yang diiklankan, bersiaplah untuk memberikan alasan yang kuat.

Lakukan riset pasar dan mencari tahu kisaran gaji. Cek berapa banyak pekerjaan yang setara di organisasi lain dan standar yang mereka punya dengan melihat iklan pekerjaan. Setelah data ini di ujung jari Anda akan meningkatkan kepercayaan diri pada kesepakatan yang terasa baik untuk Anda. Ini juga akan membantu Anda untuk merespon pertanyaan interview kerja fresh graduate yang biasa dilakukan.

“Mengapa Anda ingin bekerja di sini?”

4. Ketahui kekuatan Anda yang tepat sesuai job yang dilamar

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

wawancara kerja cepat

Interview untuk yang berpengalaman pasti mengerti tentang mengartikulasikan nilai jual yang unik. Pertimbangankan dengan serius. Pikirkan tentang kombinasi kekuatan Anda sendiri yang unik. Misalnya, kreatif, proaktif dan dapat diandalkan. Sebelum Anda pergi ke wawancara, coba tulis kalimat dibawah ini.

“Saya seseorang yang … ‘Pikirkan tentang pujian dari teman, keluarga dan orang lain yang mampu menegaskan pilihan Anda.

5. Bersiaplah untuk berbicara tentang kelemahan Anda

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

cara cepat keterima kerja

Pada saat melakukan interview manager hrd ini adalah topik sensitif yang memerlukan respon hati. Jangan mengatakan Anda seorang perfeksionis jika Anda bukan orang seperti itu. Bersikaplah jujur, jika perhatian terhadap detail bukanlah kelebihanmu. Katakan demikian dan kemudian menunjukkan cara Anda berencana untuk mengatasi hal ini.

Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan bahwa kadang-kadang Anda mungkin meminta seorang rekan untuk memeriksa dokumen penting untuk memastikan bahwa Anda telah melakukannya dengan benar.

6. Kuasai bahasa non verbal saat wawancara berlangsung

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

cara menghadapi interview kerja bagi pemula

Untuk interview teknik mesin ketika Anda berbicara face to face, itu bukan hanya tentang kata-kata yang Anda gunakan. Bahasa tubuh, tatapan mata dan gerakan semua memainkan peran penting. Jika Anda merasa sulit untuk menatap seseorang di mata, Anda berisiko dihakimi sebagai tidak dapat dipercaya atau memiliki sesuatu yang disembunyikan.

Duduk dalam postur tegak tanpa bersandar ke depan. Lakukan yang terbaik untuk duduk diam tanpa gelisah karena ini akan membuat Anda terlihat gugup.

7. Catatan penting untuk fresh graduate agar jangan berbicara terlalu banyak

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

cara agar lolos tes interview

Tidak ada perbedaan interview user dan hrd. Apabila jika sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap berbicara terlalu banyak selama wawancara. Kadang-kadang pertanyaan hanya membutuhkan respon singkat. Jika respon lagi diperlukan, Anda bisa menyusun jawaban Anda dengan menunjukkan, misalnya, bahwa ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

Membantu orang lain untuk mengikuti yang Anda katakan dengan menggunakan beberapa kalimat seperti ‘terlebih dahulu ..’, ‘kedua …’ dan ‘akhirnya …’. Dengarkan dengan cermat hal yang dikatakan pewawancara dan pastikan Anda faham pertanyaannya sebelum menjawab.

8. Usahakan tetap tenang meskipun belum punya pengalaman

9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula (7)

cara interview yang baik agar diterima

Cara tenang menghadapi interview yakni pikirkan cara Anda menanggapi pertanyaan yang Anda tidak ketahui jawabannya. Minta penjelasan lebih maksud pertanyaannya dan berusahalah untuk tetap tenang. Jika Anda tiba-tiba membeku, ambil napas dalam-dalam sebelum menjawab.

9. Harapan yang realistis saat melakukan wawancara

Pergilah ke tempat perusahaan yang Anda lamar. Serta mengikuti langkah langkah tes dan wawancara dengan kerendahan hati, arogansi adalah sikap yang mematikan. Jika Anda ditolak ambil keuntungan dari pengalaman yang didapat dan bisa menjadi persiapan buat wawancara berikutnya.

Baca Juga: 3 Motif Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 9 Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula , dimana yang terpenting ialah kesiapan mental, berusaha untuk selalu tenang dan rileks supaya tak ada perasaan tertekan. Plus, jalani dengan penuh semangat. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *