Cara Mengucapkan Natal Dalam Islam Yang Baik dan Benar

By | Oktober 17, 2019
5
(1)

Fachri Aja, Cara Mengucapkan Natal Dalam Islam Yang Baik dan Benar | Apakah Anda tahu tentang cara mengucapkan natal dalam islam?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang hukum cara mengucapkan natal dalam islam. Natal adalah hari raya yang dirayakan oleh umat nasrani. Dalam kondisi sekarang ini, dimana umat islam berbaur dan mengedepankan toleransi umat beragama ucapan selamat natal menjadi sesuatu yang melahirkan perbedaan pendapat. Ada ulama yang membolehkan mengucapkan selamat natal dan ada yang tidak memperbolehkan. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara mengucapkan natal dalam islam secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Dari Ulama Yang Membolehkan Berikut Cara Mengucapkan Natal Dalam Islam

Cara Mengucapkan Natal Dalam Islam Yang Baik dan Benar

Arti natal menurut islam

Saat datang bulan Desember dimana pada bulan ini umat Kristiani merayakan hari besar gerejawi yakni hari kelahiran Yesus. Kita masih mempermasalahkan berbagai polemik tentang halal atau haram saat mengucapkan selamat natal oleh elemen umat lainnya.

fenomena ini kadang memicu toleransi hubungan kemanusiaan antar sesama warga negara Indonesia. Kita semua tahu dari membaca status orang lain di media sosial dan media berita online yang mengharamkan sesama manusia yang berbeda agama agar tidak saling mengucapkan selamat pada hari-hari besar keagamaan.

Teruntuk bagi Anda sebagai penganut agama Kristen. Mungkin hanya bisa tersenyum dan bergumam dalam hati  yang seolah bertanya, yang merayakan umat kristiani mengapa Anda yang repot?. Harusnya setiap perayaan agama apapun membawa sukacita bagi semua orang.

Untuk itu kali ini kami memberikan alternatif ucapan natal kepada umat muslim yang ingin tetap menjaga rasa persaudaraan sesama anak bangsa Indonesia dengan memberi ucapan kepada sahabat, rekan, teman atau keluarga tanpa mengurangi kadar keimanan masing-masing.

Kata natal dari bahasa Portugis mempunyai arti kelahiran dan secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yakni Dies Natalis. Natal atau kelahiran ini akan bermakna perayaan hari kelahiran Yesus (Isa Al-masih) bila digabungkan menjadi Natal Yesus atau Natal Yesus Kristus.

Sehingga apabila kita hanya memberi ucapan selamat natal hanya bermakna selamat lahir atau selamat ulang tahun. Hanya kemudian Natal menjadi identik dengan perayaan umat Kristen akan kelahiran Yesus.

Akan tetapi dalam hal ucapan kita tidak menyebut Nabi/Tuhan umat lain, sehingga kepercayaan dan hubungan persaudaraan tetap terjaga. Dari pengertian diatas, maka silahkan memakai ucapan yang sesuai, misalnya,

  • Selamat Natal = Selamat Lahir
  • Selamat Hari Natal = Selamat Hari Lahir
  • Selamat Hari Raya Natal = Selamat Hari Besar Kelahiran
  • Selamat Hari Raya Natal Yesus = Selamat Merayakan Hari Kelahiran Yesus.

Silahkan memberi ucapan sesuai dengan keyakinan dan ketulusan hati Anda masing-masing. Tentu, sebagai umat islam yang baik, kita harus memahami masalah ini dengan berbagai sudut pandang agar ditemukan pemahaman yang objektif dan juga ilmiah, tidak asal klaim dan saling mengkafirkan pandangan masing-masing.

Baca Juga: Materi Kultum Singkat Untuk Remaja Padat Jelas

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Cara Mengucapkan Natal Dalam Islam Yang Baik dan Benar, dimana Anda telah mengetahui cara mengucapkan selamat natal bagi yang merayakan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *