5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

By | Juli 11, 2019

Fachri Aja, 5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar | Apakah Anda tahu tentang cara meningkatkan brand awareness?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara meningkatkan brand awareness yang benar. Agar brand Anda dikenal luas oleh Anda harus tahu jika pentingnya brand awareness itu. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara meningkatkan brand awareness secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Baik dan Benar ?

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

Bagaimana cara mengingkatkan brand awareness yang baik dan benar?. Brand awareness adalah kemampuan audience atau calon konsumen potensial dalam mengingat, mengenal atau menyadari sebuah brand terhadap kategori produk. Elemen apa yang akan diingat oleh konsumen? bisa meliputi nama, logo, slogan, ataupun jingle dari sebuah merk dagang (brand).

Contoh perusahaan yang berhasil membangun brand awareness di pasarnya adalah Aqua di kategori produk air minum mineral, Iphone di kategori produk smartphone mewah, dan Indomie di kategori produk mie instan dengan slogan yang diusungnya yaitu “indomie,..seleraku”.

1. Strategi membangun awareness dengan blog

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

Strategi membangun awareness dengan blog. Blog merupakan alat yang sangat fungsional. Hampir semua orang yang menggunakan internet memiliki blog dengan tujuan dan kepentingan yang berbeda-beda. Yaitu hanya ingin sharing opini, foto, dan mendapatkan penghasilan melalui nge-blog.

Strategi brand Anda dengan menciptakan sebuah blog. Dimana bisnis Anda bisa memberikan informasi tambahan dan tidak hanya terbatas dengan apa yang bisnis Anda lakukan, tetapi Anda bisa memberikan tips-tips yang berguna untuk para subscriber Anda.

Strategi membangun awareness dengan blog. Anda bisa membuat konten yang bermanfaat yang tentunya juga harus menarik untuk fans Anda. Sehingga akan meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Bahkan, melalui blog, Anda juga dapat mendapatkan kesempatan bertambahnya pelanggan karena adanya subscriber yang menjadi pelanggan.

2. Ciptakan pesan dengan tujuan membuat orang ingin menyebarkannya

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

Ciptakan pesan dengan tujuan membuat orang ingin menyebarkannya. Meskipun tujuan marketing itu komersial namun tentunya tak cukup memberikan pelanggan Anda pesan yang murni yaitu pesan marketing. Tulisan marketing ini jika menarik akan membuat pelanggan menyebarkan dan mempromosikan konten brand Anda dengan sendirinya.

Tentu hal ini ada resikonya apalagi jika pesan marketing tersebut berupa parodi. Namun itu semua merupakan elemen daripada sebuah kampanye marketing. Sebagai contoh Ciptakan pesan dengan tujuan membuat orang ingin menyebarkannya.

Warby Parker eyewear yang merupakan brand kacamata mendapatkan sekitar 1000 foto dari fans mereka menggunakan kacamata brand mereka dan mempostingnya di Facebook Page. Hal seperti ini memiliki efek yang besar pada brand image perusahaan dan mampu mencapai sasaran lebih dari yang diperkirakan.

3. Membuat branding menjadi kuat dan berpengaruh dengan berikan fans kesempatan ikut berpartisipasi

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

Membuat branding menjadi kuat dan berpengaruh dengan berikan fans kesempatan ikut berpartisipasi. Fans suka menjadi bagian dari sebuah event pada brand yang mereka sukai. Event seperti melemparkan pertanyaan melalui Facebook Page bisnis Anda tentunya juga akan menarik perhatian fans untuk menjawabnya segera.

Apalagi mengajak mereka untuk mengklik tombol like di post Facebook Page bisnis Anda. Untuk memenangkan hadiah dari brand Anda. Tentunya hal tersebut akan sangat menarik perhatian target market Anda. Sebagai contoh Membuat branding menjadi kuat dan berpengaruh dengan berikan fans kesempatan ikut berpartisipasi.

Brand Oreo menggunakan facebook fanpage sebagai branding perusahaan. Serta untuk membangun brand awareness dengan mengajak fansnya untuk memecahkan rekor dunia Guiness Book melalui menekan tombol like pada setiap postnya sehingga mereka meraih jumlah like yang sangat banyak pada postnya.

Walaupun mereka memegang rekor tersebut hanya sebentar namun brand Oreo berhasil untuk meningkatkan brand image perusahaan, sehingga membuat brand mereka dibicarakan banyak orang dan membuat fans mereka menyebarkan pesan tersebut ke seluruh dunia.

4. Tujuan brand salah satunya dengan menghargai superfans Anda

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

Tujuan brand salah satunya dengan menghargai superfans Anda. Menjadi fans dari sebuah brand sangatlah mudah, namun yang harus Anda hargai dan perhatikan dengan seksama adalah superfans anda. Brand association dari superfans merupakan kelompok orang yang setia.

Mereka ini selalu menyebarkan dan mempromosikan brand favorit mereka dan juga menciptakan free marketing yang tiada batas. Berikan reward untuk mereka berupa hadiah complimentary yang tidak harus mahal namun memiliki perceived quality atau makna tersendiri.

5. Menjadi konsisten jika ingin meningkatkan image brand Anda

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar

Menjadi konsisten jika ingin meningkatkan image brand Anda. Menjadi konsisten dalam membuat berbagai perlengkapan desain untuk bisnis Anda. Selama Anda menggunakan logo desain yang konsisten. Karena hal tersebut bisa salah satu cara membangun brand equity terhadap produk Anda.

Menjadi konsisten jika ingin meningkatkan image brand Anda. Karena Perubahan pada desain logo/brand bisnis Anda dapat mempengaruhi brand Anda di mata publik. Meskipun banyak perusahaan-perusahaan besar yang merubah logo mereka, tetapi konsep yang mereka ubah hanya minimalis.

Seperti logo bisnis makanan Wendy’s. Brand tersebut hanya mengubah konsepnya sedikit dan tidak begitu
berbeda dengan logo lamanya. Ada juga contoh perusahaan yang dari berdiri hingga sekarang tidak
merubah logonya sama sekali, perusahaan tersebut adalah McDonald.

dimana konsep desain logonya konsisten berlambang “M”. Contoh lain yang cukup mencolok adalah perbandingan antara logo Pepsi dan Coca Cola. Cara meningkatkan brand image Dengan konsistensi penggunaan logo, brand yang Anda buat akan menjadi semakin familiar dan memiliki persepsi tetap bagi publik. Sehingga logo bisnis Anda akan mencerminkan sesuatu yang unik untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis lain.

baca juga; 5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Cara Meningkatkan Brand Awareness Yang Benar, dimana Anda telah mengetahui cara bagaimana membangun image suatu perusahaan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *