5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Secara Online

By | Maret 19, 2020
5
(1)

Fachri Aja, 5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Secara Online | Apakah Anda tahu tentang cara menjadi freelancer sukses?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara menjadi freelancer sukses Indonesia. Pada era perkembangan digital ini, telah banyak diciptakan peluang bisnis yang dapat kita lakukan di internet. Melalui perkembangan internet yang cukup pesat memungkinkan setiap orang untuk memulai bisnis atau memiliki pekerjaan secara online. Selain itu Anda bisa membaca artikel kami lainnya tentang Cara Mengembangkan Soft Skills. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara menjadi freelancer sukses secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Cara Menjadi Freelancer Sukses Secara Online Untuk Pemula

5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Secara Online

5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Secara Online

Pegawai negeri sipil (PNS), pegawai BUMN, maupun pegawai swasta merupakan profesi-profesi populer yang cukup sering dianggap sebagai profesi pekerjaan yang ideal oleh sebagian besar masyarakat. Mereka memiliki posisi dan jabatan yang jelas, waktu kerja yang resmi, serta penghasilan yang tetap setiap bulannya. Hal-hal tersebut, tentunya tidak dialami oleh para pekerja lepas alias freelancer.

Akhir-akhir ini, menjadi seorang freelancer cukup mendapat banyak perhatian masyarakat. Terutama di kalangan anak muda millenials yang mulai berpikir untuk menghasilkan uang sendiri melalui social media. Saat ini, banyak sekali freelancer yang bergerak pada bidang kreatif mulai dari penulis, fotografer, make up artist, dan sebagainya.

Apa itu Freelancer?

Secara umum, freelance dapat didefinisikan sebagai pekerja yang bekerja secara mandiri dan tidak terikat kontrak yang mengikat (dalam jangka panjang) antara pemberi kerja dengan freelance itu sendiri. Freelancer mempunyai arti sendiri yakni seseorang yang menawarkan kemampuan dan layanan jasa untuk memperoleh fee dan biasanya juga tanpa harapan apapun dari seorang klien tunggal yang loyal meski begitu hubungan kerja antara kedua belah pihak masih dapat terus berlanjut.

Memulai cara menjadi freelancer sebagai penulis, programmer, atau entry data

Opini masyarakat terhadap jenis pekerjaan freelancer ini bisa dibilang cukup bervariasi. Banyak yang mendukung, tapi tidak sedikit juga yang masih skeptis─bahkan menjulukinya pekerjaan “serabutan.” Pasalnya, profesi sebagai freelancer tidak terasosiasi pada satu nama perusahaan, serta tidak memiliki pemasukan yang tetap.

Padahal penghasilan seorang freelancer dalam sebulan mungkin mengalahkan rata-rata gaji pegawai kantoran saat sedang mengerjakan banyak job atau proyek. Tetapi, bukan juga hal yang mustahil bila sewaktu-waktu pemasukan terhenti lantaran sepi job.

Jika bulan ini bisa “hidup” dan bisa makan enak setiap hari, belum tentu bulan berikutnya bisa begitu. Maka dari itu, seorang freelancer juga dituntut untuk memiliki manajemen keuangan yang baik. Apabila Anda merupakan salah seorang yang menjalani kehidupan sebagai seorang

freelancer, jangan berkecil hati. Lima cara berikut ini akan membantu Anda sukses meski tak memiliki pekerjaan tetap:

Fokus pada tujuan

Langkah pertama adalah fokus pada pemilihan bidang apa yang ingin Anda geluti. Misalnya saja, sebagai web designer, desain grafis, ataupun penulis konten. Anda harus memilih dan berfokus pada salah satu bidang. Hal tersebut sangat penting agar meminimalisir beban kerja. Selain itu, fokus pada satu bidang memberikan keuntungan yaitu tidak membuat klien bingung melihat jasa apa yang Anda kerjakan dan Anda kuasai.

Temukan keunikan

Agar klien Anda selalu mengingat Anda buatlah keunikan yang membedakan Anda dengan freelancer lainnya. Tentu saja, Anda perlu menyadari bahwa diluar sana banyak orang yang juga tidak memiliki pekerjaan tetap dan bisa saja mereka juga sedang mencari pekerjaan. Maka, ketika Anda telah menemukan dan memiliki keunikan tersendiri, percayalah bahwa ketika ada job, klien pasti akan selalu mencari Anda.

Memiliki komitmen kuat

Menjadi freelancer merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Anda akan memiliki keleluasan sendiri dalam mengatur waktu dan sistem kerja Anda. Anda hanya perlu memberi target hingga pekerjaan itu selesai seperti deadline yang diberikan oleh klien Anda. Maka dari itu, Anda harus memiliki komitmen kuat terhadap diri Anda sendiri. Jika tidak, bisa jadi jasa Anda tidak akan digunakan lagi oleh klien Anda.

Aktif mencari proyek

Anda harus selalu aktif mencari sumber penghasilan baru. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan social media untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Meski tak ada panggilan proyek atau pekerjaan, bukan berarti Anda santai di rumah dan berdiam diri saja. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan social media untuk memasarkan diri sekaligus memancing klien, contohnya dengan memasarkan portofolio yang Anda buat.

Menjaga hubungan baik

Jangan hanya berfokus pada target kerja dari klien Anda saja, tetapi perlu juga diimbangi dengan perilaku dan sikap yang positif. Mencari dan membangun relasi atau koneksi yang luas dan banyak merupakan salah satu kunci menjadi freelancer yang sukses. Banyak dan luasnya koneksi itulah yang akan membawa proyek-proyek kepada Anda. Oleh karena itu, jagalah hubungan baik Anda dengan teman-teman maupun kenalan Anda.

Baca Juga: Investasi Leher ke Atas yang Wajib Dimiliki Para Anak Muda

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Secara Online, dimana Anda sudah bisa memulai pekerjaan sebagai freelance setelah membaca tips dari kami. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *