Disini Dikupas 5 Strategi Cara Menyusun Rencana Pemasaran

By | Maret 30, 2019

Fachri Aja, Disini Dikupas 5 Strategi Cara Menyusun Rencana Pemasaran | Apakah Anda tahu tentang cara menyusun rencana pemasaran?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang sistematika cara menyusun rencana pemasaran. Terdapat banyak cara serta model dalam menyusun isi rencana pemasaran karena sebetulnya hal tersebut tidak memiliki standar yang baku. Baik itu dalam bentuk ataupun isinya. Menyusun rencana pemasaran mesti sistematis, tapi kualitas rencana pemasaran yang dibuat sangat bergantung pada pembuatnya dan tentu saja akan lebih baik bila melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara menyusun rencana pemasaran secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Materi Langkah Langkah Sistematika Cara Menyusun Rencana Pemasaran

Cara Menyusun Rencana Pemasaran

Cara Menyusun Rencana Pemasaran

Secara sederhana marketing plan atau strategi pemasaran adalah sebuah pedoman untuk melakukan berbagai aktivitas pemasaran serta melakukan berbagai strategi pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran dan tujuan perusahaan. Ada banyak bentuk, model dan format rencana pemasaran. Namun, semua rencana pemasaran akan memiliki kesamaan.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis dan masih mengalami kesulitan mengenai bagaimana cara mempromosikan dan memperkenalkan produk Anda pada khalayak, berikut beberapa tips dan trik dasar perencanaan pemasaran yang patut Anda jadikan referensi.

1. Konsistensi

Konsistensi merupakan suatu upaya yang dilakukan secara terus menerus, terlepas dari berbagai hambatan ataupun rintangan yang akan menghadang. Konsistensi ini harus diterapkan saat Anda menjalankan bisnis termasuk dalam melakukan strategi pemasaran. Misalkan konsistensi dalam menentukan area pemasaran.

Terlebih dahulu disusun perencanaan pemasaran mengenai lokasi-lokasi target pemasaran dan selanjutnya pada realisasi pemasaran dilakukan secara konsisten. Konsistensi dapat memberikan keuntungan pada cost atau biaya yang digunakan dalam pemasaran, serta meningkatkan efektivitas dari penciptaan merek.

2. Perencanaan

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, perencanaan itu perlu diprioritaskan dalam suatu usaha atau bisnis termasuk kegiatan marketing-nya. Kegiatan pemasaran yang dilakukan serta-merta tanpa mempertimbangkan strength, weakness, opportunity, serta threat pada akhirnya akan memberikan hasil yang sia-sia.

Perencanaan atau planning dalam pemasaran dapat meliputi beberapa hal misalnya mengenai anggaran marketing, strategi marketing, jangka waktu marketing (pendek/menengah/panjang), dan hal-hal penting lainnya yang berhubungan dengan marketing.

3. Strategi

Setelah Anda menyusun perencanaan mengenai berbagai hal yang diperlukan dalam kegiatan pemasaran produk atau usahamu, hal yang selanjutnya perlu dilakukan ialah menyusun strategi yang sesuai. Strategi dalam pemasaran ini ialah upaya yang digunakan untuk mendukung perencanaan agar berjalan baik saat realisasi.

Beberapa hal yang dapat diterapkan untuk strategi pemasaran misalnya ialah penentuan target khalayak yang dituju, bagaimana cara hati para konsumen, bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen, dan beberapa hal-hal penting yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

4. Target Market

Dalam menyusun strategi pemasaran satu hal yang harus diingat ialah menentukan dan mendefinisikan mengenai khalayak atau market yang menjadi target. Dalam hal ini misalnya menentukan segmentasi dari market dengan mengkategorikan berdasarkan status ekonomi sosial (SES), menangkap atau berdasarkan kategori lainnya.

Penentuan target market ini bisa juga berdasar pada kluster atau area yang akan disasar, ataupun berdasarkan hal-hal lain yang sejalan dengan tercapainya target market. Dengan menentukan serta menedefinisikan target market yang dituju akan memberikan kemudahan pada realisasi kegiatan pemasaran.

5. Anggaran

Rencana anggaran merupakan hal yang harus direncakan dalam menyusun strategi marketing. Memerlukan ketelitian serta keakuratan sehingga dapat memberikan rincian yang akurat mengenai alokasi yang digunakan untuk strategi pemasaran dalam menyusun anggaran

Baca Juga: Konsep Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Disini Dikupas 5 Strategi Cara Menyusun Rencana Pemasaran, dimana kreatif dan inovatif dalam menyajikan pemasaran menjadi hal yang akan membuat konsumen tertarik. Banyak orang yang hanya sibuk mengembangkan inovasi terhadap barang atau jasa, tapi lupa melakukan inovasi pemasaran. Oleh karena itu tak heran bagi mereka yang mampu melakukan inovasi pemasaran dengan baik akan menghasilkan penjualan yang lebih besar dibanding mereka yang hanya sibuk membangun kualitas produk tanpa memperhatikan pemasaran. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel manajemen berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *