Materi Ceramah Singkat Tentang Puasa Beserta Dalilnya Terbaru

By | Mei 4, 2019

Fachri Aja, Materi Ceramah Singkat Tentang Puasa Beserta Dalilnya Terbaru | Apakah Anda tahu tentang materi ceramah singkat tentang puasa beserta dalilnya?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang contoh ceramah singkat tentang puasa beserta dalilnya. Segala puji hanya milik Allah SWT, Dzat yang menguasai seluruh sendi kehidupan makhlukNya. Shalawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada nabi Muhammad SAW, sosok figur teladan bagi kehidupan umat manusia. Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya syaroron Mubarak. Besok kita akan memasuki bulan penuh berkah. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai ceramah singkat tentang puasa beserta dalilnya secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Ceramah Tentang Bulan Ramadhan Terbaru

"Materi

Ramadhan sudah di depan mata. Bulan mulia dengan segudang reward dan ampunan Allah SWT sediakan bagi siapa saja yang mampu mengisinya dengan amalan terbaiknya. Insya Allah tanggal 5 Mei 2019 merupakan hari pertama umat Islam melaksanakan ibadah puasa di tahun ini.

Perasaan gembira meliputi Sanubari setiap insan yang bertakwa kepadanya. Lantunan doa terucap dari mulut orang-orang yang beriman. Semoga Allah SWT memberi kesempatan lagi untuk menjumpainya. Puasa Ramadan merupakan ritual ibadah tahunan bagi umat Islam.

Perbanyak kegiatan Ibadah sunnah, shodaqoh, serta tadarrus Al-Qur’an merupakan hal-hal yang dianjurkan di dalamnya. Ada perbedaan yang sangat mendalam antara ibadah siang dengan ibadah-ibadah yang lain. Dalam sebuah Hadis Qudsi dari sahabat Abu Hurairah r.a. yang diriwayatkan oleh al-bukhori. bahwa Nabi SAW bersabda, Awas SWT berfirman yang artinya

” Semua amalan anak Adam Itu kembali kepada pelakunya sendiri, kecuali shiyam. Shiyam itu untukku Dan aku sendiri yang akan membalasnya”.

Mengapa begitu spesial ibadah siang ini, Allah SWT sendiri yang bertanggung jawab atas nya. Paling tidak ada tiga hal yang ada di dalamnya

1. Shiyam merupakan ibadah sirri

Artinya hanya Allah SWT dan pelakunya saja yang tahu. Ibadah yang sangat kental dengan rasa keikhlasan yang tinggi. Ibadah yang membentuk seorang hamba menjadi insan yang Ihsan.

2. Terjalin hubungan yang sangat luar biasa antara sang kholiq dengan hambanya

Ramadhan merupakan bulan penggemblengan. Allah SWT menggembleng hamba-hambanya selama sebulan penuh dengan harapan 11 bulan ke depan dapat menjadi insan yang semakin dekat kepadanya.

3. Ramadhan adalah bulan solidaritas

Pada bulan Ramadan Allah SWT menggembleng kita selama sebulan penuh supaya kita mampu menjadi insan yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Sebuah penghargaan yang sangat mahal yang hanya bisa diperoleh bagi hamba-hambanya yang patuh dan taat kepadanya.

4. Takwa

Sebuah derajat yang sangat sempurna. Dimensi taqwa yang dihasilkan dari puasa ini, gerakan mampu menjadikan kita semakin dekat kepada Allah SWT, semakin menyayangi dan santun teka-teki sama apa lagi terhadap saudara kita yang dalam kehidupan dunia nya tidak seberuntung kita.

Baca Juga: Ceramah Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Materi Ceramah Singkat Tentang Puasa Beserta Dalilnya Terbaru, dimana Mari kita sambut Ramadhan tahun ini dengan penuh Sukacita. Jadikan sebagai sarana pendekatan diri kepada Allah SWT. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *