5 Doa di Bulan Ramadhan Makbul Saat Puasa

By | Mei 29, 2019

Fachri Aja, 5 Doa di Bulan Ramadhan Makbul Saat Puasa | Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul doa di bulan Ramadhan makbul, kami telah mempersiapkan artikel tentang waktu yang paling utama doa di bulan Ramadhan makbul dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Ramadhan ialah bulan yang kesembilan di dalam kalender Islam, yang mana bulan ramadhan merupakan bulan yang paling berharga dan suci bagi umat Islam. Karena ayat-ayat pertama Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan. Mudah-mudahan isi postingan doa di bulan Ramadhan makbul yang kami tulis ini dapat Anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Waktu Yang Paling Utama Doa di Bulan Ramadhan Makbul Untuk Orang Berpuasa

5 Doa di Bulan Ramadhan Makbul Saat Puasa

5 Doa di Bulan Ramadhan Makbul Saat Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang diturunkannya Al Qur’an. Hal tersebut merupakan acuan untuk umat manusia, dan juga sebagai tanda yang jelas untuk bimbingan antara mana yang benar ataupun salah.

“Apabila salah seorang dari kamu yang mencapai bulan itu (bulan ramadhan), maka ia harus berpuasa.” ( Al Baqarah:185 )

Allah SWT memerintahkan kepada orang-orang yang beriman untuk menunaikan puasa dibulan ramadhan seperti yang dituliskan di dalam hadits, bahwa Allah SWT memberikan lebih banyak pahala bagi orang yang ibadah di lain sisi doa orang puasa mustajab karena rahmat yang ada bulan tersebut.

Para fuqoha pun mengatakan yakni doa mustajab bulan ramadhan karena bulan penuh berkah teresbut ialah bulan yang mulia yang dapat membuat seorang Muslim untuk memperoleh pahala lebih banyak lagi dari pada bulan-bulan yang lainnya.

Maka dari itu di bulan ramadhan juga. Amalan orang puasa pada umat Islam mempunyai doa-doa khusus yang tak seperti bulan lain, yang mana doa-doa ini bisa menambah pahala serta kesempurnaan ibadah puasa umat muslim dan muslimin. Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“3 orang yang tidak tetolak doanya, yaitu orang yang sedang berpuasa saat berbuka, imam yang adil dan doa orang yang terzhalimi.” (HR: At-Tirmidzi).

Berikut ini merupakan 5 Doa di Bulan Ramadhan yang harus dicoba, diantaranya sebagai berikut:

1. Doa mustajab yang dibaca pada malam lailatul qadar

Diriwayatkan bahwa Aisyah Radhiyallahuanha berkata, “Wahai Rasulullah, doa apa yang sebaiknya aku baca apabila bertepatan dengan malam itu?” Rasulullah bersabda:

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan juga menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku.” (HR: At-Tirmidzi).

2. Amalan doa apabila berbuka di rumah orang

Semoga orang-orang yang berpuasa berbuka yang di sisimu dan orang-orang yang baik yang makan makananmu, serta malaikat yang mendoakannya, supaya kamu mendapat rahmat.” (HR: Abu Dawud).

3. Istighfar dan doa di waktu sahur untuk orang yang berpuasa

Allah SWT berfirman, “Dan yang memohon ampunan di waktu sahur.” (QS. Ali Imran:17). “Dan di waktu-waktu sahur (pada akhir malam) mereka memohon ampunan (kepada Allah SWT).” (QS. Adz-Dzariyat:18).

Apabila Nabi SAW mendapati waktu sahur, maka beliau membaca doa:

Semoga ada yang memperdengarkan pujian kami kepada Allah SWT atas segala nikmat dan cobaan-Nya yang baik bagi kami. Wahai Rabb kami, dampingilah kami (peliharalah kami) serta berilah karunia kepada kami dengan berlindung kepada Allah dari api Naar.” (HR: Muslim).

4. Waktu yang paling utama doa yaitu ketika berbuka puasa

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan). Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa do’a mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

5. Saat berpuasa untuk berdoa mustajab

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’, 6: 273)

Baca Juga: Amalan Khusus Wirid di Bulan Ramadhan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Doa di Bulan Ramadhan Makbul Saat Puasa, dimana segala doa pada waktu yang ditentukan diatas doa kita bisa terkabul oleh Allah SWT. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *