Hadits Tentang Puasa Ramadhan Beserta Artinya dan Keutamaannya

By | Mei 9, 2019

Fachri Aja, Hadits Tentang Puasa Ramadhan Beserta Artinya dan Keutamaannya | Apakah Anda tahu tentang hadits tentang puasa ramadhan beserta artinya ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang dalil hadits tentang puasa ramadhan beserta artinya. Kali ini akan dishare kumpulan dalil perintah puasa komplit beserta artinya. Hendaknya kita memahami ayat hadis Rasulullah SAW berkaitan dengan puasa ini agar kita lebih bersemangat dalam melaksanakan ibadah puasa baik wajib maupun yang sunnah. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai hadits tentang puasa ramadhan beserta artinya secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Dalil, Ayat dan Hadits Tentang Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Hadits Tentang Puasa Ramadhan Beserta Artinya dan Keutamaannya

dalil perintah puasa

Puasa yakni salah satu ibadah yang mulia dan memiliki keutamaan yang besar. Banyak sekali dalil bagus ayat Al-Quran ataupun hadits seputar puasa yang membeberkan seputar puasa ini. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam banyak hadistnya yang menonjolkan bahwa puasa ini memang yakni ibadah yang khusus dan istimewa.

Bagus puasa patut maupun puasa sunnah keduanya amat utama dan dianjurkan dilakukan. Puasa patut yakni dikala kita berpuasa sebulan penuh dibulan ramadhon, ini adalah paling utamanya puasa dan peraturannya bahkan patut. Ada juga puasa sunnah lainnya yang bisa dilaksanakan seandainya sanggup sebagai tambahan amal ibadah.

Dalil alquran tentang puasa

Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari akhir zaman ketimbang bau misk atau kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, saat berbuka mereka bersuka ria dengan bukanya dan saat berjumpa Allah mereka bergembira sebab puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Apabila seseorang daripada kau sedang berpuasa pada suatu hari, janganlah berbincang-bincang perihal perkara yang keji dan kotor. Seandainya dia dicaci maki atau diajak bertengkar oleh seseorang, hendaklah ia berkata: Sebetulnya hari ini saya berpuasa”.

Bukhari-Muslim “Dari Abu Hurairah ra: katanya Rasulullah saw berabda: “Barang siapa tak meninggalkan ucapan dusta dan bertindak jahat (meskipun ia puasa), maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minum” Bukhari ”.

Seluruh amal kebajikan buah hati Adam itu dilipat-gandakan pahalanya kepada sepuluh hinggalah ke 700 kali ganda. Allah berfirman: ‘Kecuali puasa, sebetulnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku memberikan balasan kepadanya sebab ia telah meninggalkan syahwat dan makan minumnya karena Saya’.” (Hadist riwayat Muslim)

“Islam merupakan bahwa engkau bersaksi bahwa tiada yang memiliki hak untuk diibadahi kecuali Allah dan hakekatnya Muhammad adalah Rasul Allah, engkau menegak­kan sholat, mengeluarkan zakat, berpuasa Ramadhon, serta berhaji ke rumah (Allah) bila engkau cakap mencapai jalan untuk itu.”

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Jikalau tiba bulan Ramadan, karenanya dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu (Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim: 1793).

“Islam yakni bahwa engkau bersaksi bahwa tiada yang memiliki hak untuk diibadahi selain Allah dan hakekatnya Muhammad adalah Rasul Allah, engkau menegak­kan shalat, mengeluarkan zakat, berpuasa Ramadhan, serta berhaji ke rumah (Allah) jika engkau sanggup menempuh jalan untuk itu.”

Harus berpuasa Ramadan apabila melihat hilal permulaan Ramadan dan berhenti puasa seandainya mengamati hilal awal Syawal. Sekiranya tertutup awan, karenanya hitunglah 30 hari. (Hadis riwayat Ibnu Umar ra)

“Diriwayatkan ketimbang Anas r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Hendaklah kau bersahur karena dalam bersahur itu ada keberkatannya” Bukhari-Muslim Dari Sahal Ibnu Sa\’ad Radliyallaahu \’anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu \’alaihi wa Sallam bersabda: \”Orang-orang akan konsisten dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.\” Muttafaq Alaihi.

Hikmah puasa

Hadits Tentang Puasa Ramadhan Beserta Artinya dan Keutamaannya

ayat tentang puasa

“Seandainya seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya dia berbuka dengan kurma, sekiranya tak mendapatkannya hendaknya dia berbuka dengan air karena air itu suci. “Barang siapa lupa walaupun dia dalam kondisi puasa.

Kemudian dia makan atau minum, maka hendaklah puasanya disempurnakan, sebab sesungguhnya Allah-lah yang memberinya makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim) “Siapa senang dengan masuknya bulan Ramadhon, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

Makan sahur adalah barokah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air. Karena Allah ‘Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. Jibril menemuinya (nabi) pada tiap-tiap malam malam bulan Ramadhon, dan ia (Jibril) bertadarus Al Quran bersamanya. (HR. Bukhari No. 3220)

“Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat terhadap seorang hamba pada hari akhir zaman. Puasa akan berkata, ‘Wahai Tuhanku, saya sudah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan saya untuk memberikan syafaat kepadanya’.

Ayat alquran tentang menyambut ramadhan

Dan Al-Qur’an pula berkata, ‘Saya sudah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan saya untuk memberi syafaat kepadanya’. Beliau bersabda: ‘Karenanya syafaat keduanya dibolehkan’.” (HR. Ahmad, Hakim dan At- Thabrani).

“Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan keimanan dan niat yang bagus, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari).

Penutup

Baca Juga: Materi Kultum Singkat Untuk Remaja Padat Jelas

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Hadits Tentang Puasa Ramadhan Beserta Artinya dan Keutamaannya, dimana Semoga segala dalil alquran tentang puasa diatas berguna dan semakin menambah wawasan kita seputar keutamaan bulan ramadhan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *