10 Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa di Bulan Ramadhan !

By | Mei 24, 2019

Fachri Aja, Tuliskan Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa di Bulan Ramadhan ! | Apakah Anda tahu tentang hal hal yang makruh dalam puasa?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang hukum hal hal yang makruh dalam puasa. Saat Anda puasa pasti Anda merasakan lapar dan haus. Melakukan segala cara diluar kita yg dimakruhkan ketika berpuasa. Akan mengakibatkan sesuatu hal yang membatalkan pahala puasa. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai hal hal yang makruh dalam puasa secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa Beserta Penjelasannya

Apa Anda sudah siap untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh? Selain harus banyak-banyak beribadah, Anda juga harus menahan emosi dan lebih pengertian, karena puasa Ramadhan ini tentu saja akan menjadi ladang amal untuk Anda.

Anda akan merasakan hikmah puasa wajib yang datang satu tahun sekali ini. Sebelum masuk ke bulan puasa Ramadhan tahun ini, yuk kembali mengingat lagi hal yang membatalkan puasa dan hal makruh lainnya yang membatalkan pahala puasa.

1. Sikat gigi ketika puasa

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Tanda Batal Puasa

Aturan sikat gigi dikala puasa ini sebetulnya masih jadi polemik karena tiap ulama dan ustadz memiliki pemikiran yang berbeda. Saat puasa Ramadhan bau mulut memang jadi keadaan sulit utama yang akan kamu hadapi. Beberapa ulama menceritakan sikat gigi ketika puasa yakni hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa, apalagi bila dijalankan sesudah waktu dzuhur.

2. Mencicipi kuliner saat puasa Ramadhan

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa

Ibu-ibu tentu pernah menikmati hal ini nih, saat masak sepatutnya mencicipi rasa masakannya. Mencicipi masakan saat puasa Ramadhon ini bisa menjadi hal yang membatalkan puasa. Apalagi jikalau kau sengaja mencicipi sebab tidak yakin akan rasanya. Jikalau memang sengaja melaksanakan hal ini banyak ulama yang menceritakan aturannya makruh.

3. Berkumur dikala puasa

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Boleh Membatalkan Puasa

Sama seperti sikat gigi dikala puasa, berkumur saat puasa juga dapat membatalkan puasa. Apalagi sekiranya sengaja berkumur dengan berlebihan ini tentu saja dapat membuat puasamu tidak legal. Seperti yang dikenal niat berpuasa itu salah satunya merupakan tak makan dan minum.

Walaupun seandainya kau berkumur dengan metode berlebihan kau dapat saja tidak sengaja meminum airnya. Makanya banyak orang yang tak melakukan kumur saat wudhu di bulan Ramadan.

4. Muntah dengan sengaja

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Bukan cuma makan dan minum saja yang dapat membantalkan puasa. Muntah juga bisa membatalkan puasa, apalagi jika muntahnya ini disengaja. Namun bila kau muntah karena tidak sengaja umpamanya saja sebab sakit kau konsisten dapat melanjutkan puasamu.

5. Merokok ketika puasa

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Hal ini masih banyak dipertanyakan orang, merokok yaitu salah satu hal yang membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum, mengisap rokok ini dapat membuatmu batal puasa. Bukan hanya dikala puasa Ramadhan saja dikala kamu menjalankan puasa lainnya malahan merokok konsisten dapat membatalkan puasa.

6. Ejakulasi

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

Sekiranya mengerjakan kekerabatan suami istri atau bersetubuh memang sudah jelas membatalkan puasa. Tapi jikalau pelukan dan kecupan masih banyak yang mempertanyakan soal tata tertibnya. Pelukan dan kecupan sesungguhnya dapat saja tidak membatalkan puasa namun lebih bagus menghindari karena dapat saja kau mengalami ejakulasi. Malahan dikala kau berpikiran yang aneh-aneh pun bisa membatalkan puasa kalau kamu mengalami ejakulasi.

7. Berenang

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

makruh puasa

Pasti banyak nih yang bertanya-tanya apakah selama berpuasa boleh berenang. Hakekatnya berenang boleh-boleh saja selama bulan puasa melainkan yang pasti kamu wajib menjaga tak ada air yang masuk ke dalam tubuhmu. Hal ini tentu saja bisa membatalkan puasa tanpa kamu sadari jadi lebih bagus kamu berenang setelah waktu berbuka.

8. Menstruasi

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

suudzon membatalkan puasa

Haid atau menstruasi ialah rutinitas yang dialami oleh kaum wanita setiap bulannya. Ketika bulan Ramadhan, wanita yang sedang menstruasi dilarang untuk berpuasa, malahan diharamkan untuk berpuasa. Karenanya dari itu, meskipun sudah sahur dan melakukan ibadah puasa namun tiba-tiba keluar darah menstruasi, karenanya puasanya akan langsung batal.

9. Berhubungan seksual

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

hal yang membatalkan puasa

Selain ejakulasi yang dialami oleh kaum pria, terkait seksual di siang hari selama bulan Ramadhon juga adalah hal yang membatalkan puasa bagi mereka yang menjalankannya. Hal ini karena tujuan utama berpuasa, yakni menahan hawa nafsu sudah dilanggar. Maka, puasanya lantas batal dan harus digantikan.

10. Emosi yang berlebihan

Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa

apakah marah membatalkan puasa

Melakukan ibadah puasa artinya menahan hawa nafsu mulai dari terbit hingga terbenamnya sang surya. Kecuali hawa nafsu, kita juga diharuskan menahan emosi selama berpuasa. Apabila seorang yang sedang berpuasa secara tidak sadar mengeluarkan emosi secara berlebihan.

Karenanya puasanya batal. Walaupun ada saja yang konsisten melanjutkan puasanya. Maka dari itu mereka hanya membendung lapar dan haus tanpa mendapat pahala berpuasa.

Baca Juga: Apa 5 Hal Yang Merusak Pahala Puasa Bulan Ramadhan ?

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 10 Hal Hal Yang Makruh Dalam Puasa di Bulan Ramadhan !, dimana semoga ya tahun ini puasanya lancar. Semoga tahun ini juga dapat hikmah puasa wajib selama satu bulan penuh. Selain niat berpuasa yuk lebih banyak beribadah. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *