Jawaban, Berdoa Tidak Boleh Tergesa-Gesa Maksudnya

By | Mei 26, 2019

Fachri Aja, Jawaban, Berdoa Tidak boleh tergesa-gesa maksudnya | Apakah Anda tahu tentang berdoa tidak boleh tergesa gesa maksudnya?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang berdoa tidak boleh tergesa gesa maksudnya agar bisa dikabulkan. Setiap kali kita melakukan adab berdoa sesuai sunnah agar doa kita terkabul. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai berdoa tidak boleh tergesa gesa maksudnya secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Berdoa Tidak boleh Tergesa-Gesa Maksudnya Jika Kita Memohon Kepada Allah SWT Agar dikabulkan

Berdoa Tidak boleh tergesa-gesa maksudnya

Jawaban, Berdoa Tidak boleh tergesa-gesa maksudnya

كُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ فَيَقُولُ قَدْ دَعَوْتُ رَبِّي فَلَمْ يَسْتَجِبْ لِي

Dari Ibnu Syihab bahwasanya ia berkata; Telah menceritakan kepadaku Abu Ubaid hamba Abdurrahman bin Auf yang mana dia termasuk dari para Qari (penghafal quran) dan Ahli fikah, dia berkata; Aku mendengar Abu Hurairah RA berkata; Rasulullah SAW bersabda: “Doa seseorang dari kalian akan sentiasa dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa hingga mengatakan; Aku telah berdoa kepada Rabbku, namun Dia belum juga mengabulkan untukku’ (HR Muslim No: 4917) Status: Hadis Sahih.

1. Setiap Muslim dituntut untuk senantiasa berdoa kepada Allah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا يقل أحدكم إذا دعا اللهم اغفر لي إن شئت اللهم ارحمني إن شئت ليعزم المسألة فإنه لا مُكرِه له

“Janganlah kalian ketika berdoa dengan mengatakan, ‘Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau. Ya Allah, rahmatilah aku, jika Engkau mau’. Hendaknya dia mantapkan keinginannya, karena tidak ada yang memaksa Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian berdoa, hendaknya dia mantapkan keinginannya. Karena Allah tidak keberatan dan kesulitan untuk mewujudkan sesuatu.” (HR. Ibn Hibban dan dishahihkan Syua’ib Al-Arnauth)

Di antara bentuk yakin ketika berdoa adalah hatinya sadar bahwa dia sedang meminta sesuatu. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ادعوا الله وأنتم موقنون بالإجابة واعلموا أن الله لا يستجيب دعاء من قلب غافل لاه

“Berdoalah kepada Allah dan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai, dan lengah (dengan doanya).” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan Al-Albani)

Banyak orang yang lalai dalam berdoa atau bahkan tidak tahu isi doa yang dia ucapkan. Karena dia tidak paham bahasa Arab, sehingga hanya dia ucapkan tanpa direnungkan isinya.

2. Doa seseorang tetap akan dikabulkan oleh Allah

  • Sampaikan semua permohonan dan doa dalam kedaan suci, mempunyai wudhu, pun sekiranya perlu lakukan juga mandi taubat.
  • Sampaikanlah  doa dengan hati yang khusyuk dan tertuju sepenuhnya hanya kepada Allah SWT.
  • Berdoa dengan hati ikhlas, tanpa paksaan, penuhi kecintaan serta kepatuhan terhadap Allah SWT.
  • Menghadap kiblat, karena hal ini adalah Cara doa yang disukai Allah SWT.
  • Bersihkan perut dari makanan yang haram. Kalau pernah makan atau minum sesuatu yang dilarang, kosongkanlah dahulu dampaknya seraya bertobat. Jika pernah makan makanan hasil korupsi atau hasil curian maka segeralah bertobat dan tidak mengulanginya lagi.
  • Ucapkanlah permohonan doa kepada Allah dengan bunyi lirih bukan lantang.
  • Gunakanlah perantara via para Nabi dan orang-orang suci lainnya.
  • Ingat, saat berdoa tidak memperhatikan ke atas namun justru tertunduk malu terhadap Allah.
  • Utarakan doa anda secara berulang-ulang dengan bahasa yang dimengerti, dan tidak meminta hal-hal yang berbau maksiat, semisal memohon agar menang lotere dan lain sebagainya.
  • Merentangkan kedua tangan sampai paralel dengan pundak selayaknya orang berdoa.

3. Antara sebab doa seseorang tidak dikabulkan ialah apabila ia tergesa-gesa

Mengapa doaku tidak dikabulkan atau kalihatannya Allah tidak akan mengabulkan doaku. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُسْتَجَابُ لأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ يَقُولُ دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِى

“Akan dikabulkan (doa) kalian selama tidak tergesa-gesa. Dia mengatakan, ‘Saya telah berdoa, namun belum saja dikabulkan‘.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Orang yang tergesa-gesa ialah yang tidak sabar doanya dikabulkan, mudah berputus asa dan enggan berdoa kembali

Sikap tergesa-gesa agar segera dikabulkan, tetapi doanya tidak kunjung dikabulkan, menyebabkan dirinya malas berdoa. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا يزال الدعاء يستجاب للعبد ما لم يدع بإثم أو قطيعة رحم، ما لم يستعجل، قيل: يا رسول الله وما الاستعجال؟ قال: يقول قد دعوت وقد دعوت فلم أر يستجيب لي، فيستحسر عند ذلك ويدع الدعاء رواه مسلم

“Doa para hamba akan senantiasa dikabulkan, selama tidak berdoa yang isinya dosa atau memutus silaturrahim, selama dia tidak terburu-buru.” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apa yang dimaksud terburu-buru dalam berdoa?” Beliau bersabda, “Orang yang berdoa ini berkata, ‘Saya telah berdoa, Saya telah berdoa, dan belum pernah dikabulkan’. Akhirnya dia putus asa dan meninggalkan doa.” (HR. Muslim dan Abu Daud)

Sebagian ulama mengatakan: “Saya pernah berdoa kepada Allah dengan satu permintaan selama dua puluh tahun dan belum dikabulkan, padahal aku berharap agar dikabulkan. Aku meminta kepada Allah agar diberi taufiq untuk meninggalkan segala sesuatu yang tidak penting bagiku.”

5. Berdoalah dengan penuh keyakinan

Sabda Nabi:

أُدْعُوا اللهَ تَعَالَى وَأَنتُمْ مُوقِنُونَ بِالْإِجَابَةِ, وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِن قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ

“Berdoalah kepada Allah sementara kalian yakin doa kalian dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan dari hati yang lalai dan lengah” (HR Tirmizi No: 3479).

Baca Juga: Kontroversi Doa Buka Puasa di Kalangan Masyarakat

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Jawaban, Berdoa Tidak boleh tergesa-gesa maksudnya, dimana Anda telah mengetahui tentang tanda doa akan terkabul dengan melakukan cara diatas. Dari artikel tersebut juga syarat dan adab berdoa kita ketahui bersama. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *