Makna Spiritual Ibadah Puasa Yang Jarang Diketahui

By | Mei 18, 2019

Fachri Aja, Makna Spiritual Ibadah Puasa Yang Jarang Diketahui | Tahukah Anda bagaimana makna spiritual ibadah puasa?. Dengan artikel yang kami sajikan sudah bukan masalah lagi bagi Anda. Bayangkan setelah membaca artikel makna spiritual ibadah puasa ramadhan Anda bisa Banyak Rahasia Puasa Ramadhan yang belum terungkap dan diketahui banyak orang meski meraka bisa merasakan banyak yang belum tahu penjelasan ilmiahnya. So, tanpa panjang lebar lagi mari kita simak tulisan mengenai makna spiritual ibadah puasa. Selamat Membaca.

Makna Spiritual Ibadah Puasa Ramadhan Yang Luar Biasa

Makna Spiritual Ibadah Puasa Yang Jarang Diketahui

Makna Spiritual Ibadah Puasa Yang Jarang Diketahui

Bulan Ramadhan ialah bulan yang istimewa, bulan penuh barokah, dan segala amal baik umat-Nya di dunia akan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT. Semangat untuk menjalankan ibadah puasa, mampu membentuk karakter untuk memperbanyak amal kebajikan maupun amal ibadah spiritual dalam diri.

Maka dari itu, bulan puasa yakni bulan yang dapat diterapkan untuk membuat mental menjadi konsisten dan istiqamah dalam sebelas bulan selanjutnya. Apapun yang diperbuat di bulan puasa ini, semuanya kembali terhadap kesadaran diri masing-masing, untuk memahami makna puasa, dan makna-makna lain.

Serta yang akan mempertimbangkan sikap dan perilaku diri ke depan setelah berlalunya bulan puasa. Oleh karena itu, apa yang sampai di mata dan telinga Allah, yaitu niat, maka hati dan pikiran kita untuk melaksanakan ibadah puasa, bukan penampilan jasmani atau materi peribadatan yang dilakukan.

Pengertian puasa

Puasa, ialah satu metode untuk mendidik individu dan masyarakat untuk tetap mengatur keinginan dan kesenangan dalam dirinya meski diizinkan. Dengan berpuasa seseorang dengan sadar akan meninggalkan makan dan minum sehingga lebih bisa membendung seluruh nafsu dan lebih bersabar untuk menahan emosional, sedangkan mungkin terasa berat melakukannya.

Puasa bukan sekedar kewajiban tahunan. Dengan membendung lapar dan berbuka, kemudian setelah itu hampir tidak berbekas dalam jiwa ataupun dalam perilaku dalam bersosialisasi di masyarakat, melainkan puasa lebih terhadap kewajiban yang cakap menggugah tata krama, sopan santun, dan kepedulian terhadap hal social kemasyarakatan.

Puasa adalah keharusan yang universal. Sebagai orang yang beragama Islam, karenanya perlu diyakini bahwa puasa merupakan keharusan yang disyariatkan untuk setiap muslim. Seperti layaknya sebagai umat dari Nabi Muhammad SAW.

Puasa juga adalah kewajiban yang konkret sebagai pembina suatu kebersamaan dan kasih sayang antar sesama. Sesama orang Islam akan merasakan lapar, haus, kembung, dan sulitnya membendung emosionil dan amarah diri. Puasa dalam satu bulan, sepatutnya dapat membawa dampak positif berupa rasa solidaritas dan kepedulian antar saudara, rasa kemanusiaan yang mendalam atas penderitaan sesama manusia.

Perasaan sama-sama lapar, haus, kesabaran yang lebih, dan kesucian pikiran juga kata-kata. Sanggup membuat manusia memiliki rasa kebersamaan dalam masyarakat, dan menjadikan cinta beri antar sesama tanpa memandang latar belakang, warna kulit, dan agama.

Baca Juga: Makna Spiritual Puasa dan Pembentukan Insan Berkarakter

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Makna Spiritual Ibadah Puasa Yang Jarang Diketahui, dimana Karena puasa ramadhan merupakan sesuatu yang amat penting, maka sepantasnya kita menyambut Ramadhan tahun ini dengan penuh rasa gembira. Sehingga kegembiraan membuat kita bisa melaksanakan puasa Ramadhan dengan ringan meskipun sebenarnya puasa Ramadhan itu berat. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *