Menganalisis Keutamaan Puasa Ramadhan Menurut Hadits

By | Mei 14, 2019

Fachri Aja, Menganalisis Keutamaan Puasa Ramadhan Menurut Hadits | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar menganalisis keutamaan puasa ramadhan. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang hikmah menganalisis keutamaan puasa ramadhan. Keutamaan bulan ramadhan memiliki banyak keutamaan yang sangat luar biasa yang tidak ada didalam bulan-bulan lainnya. Begitupun manfaat puasa pada bulan Ramadhan sangat banyak sekali keutamaannya. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel bulan ramadhan mengenai menganalisis keutamaan puasa ramadhan secara lengkap dibawah ini.

5 Menganalisis Keutamaan Puasa Ramadhan Menurut Hadits Beserta Artinya

keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya

keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya

Banyak sekali keutamaan puasa di bulan Ramadhan yang betul-betul dahsyat dan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh serta hikmah yang dapat didapatkan dari puasa satu bulan penuh. Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah harus yang hanya datang dalam satu tahun sekali yakni pada bulan Ramadhan.

Saat ini bulan kemuliaan itu sudah tiba, saatnya untuk kita umat Muslim mempersiapkan diri, kesehatan, mental dan iman yang kuat untuk menjaga segala amal ibadah yang dikerjakan pada bulan Ramadhon saat ini.

1. Ramadhan ialah bulan dimana diturunkannya Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan Ramadhan ini pula Al-Qur’an diturunkan. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah [2] : 185)

2. Setan-setan dibelenggu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

3. Ada malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam 10 hari terakhir di bulan suci Ramadhan adalah saat diturunkannya Al Qur’anul Karim.

Allah ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ – وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ – لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr [97] : 1-3)

4. Bulan Ramadhan adalah bulan yang doa kita selalu dikabulkan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid dan Al Haytsami mengatakan periwayatnya tsiqoh/terpercaya. Lihat Jami’ul Ahadits, Imam Suyuthi).

5. Puasa ialah perisai

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّارِ

“Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’)

Baca Juga: Hikmah dan Syarat Sah Ketentuan Puasa Ramadhan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Menganalisis Keutamaan Puasa Ramadhan Menurut Hadits, dimana memberikan semangat baru untuk berlomba-lomba dalam meraup pahala di bulan ramadhan dengan berpuasa dan melakukan amalan-amalan lainnya. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *