Alasan Mengapa Allah Mewajibkan Puasa Ramadhan

By | Mei 21, 2019

Fachri Aja, Alasan Mengapa Allah Mewajibkan Puasa Ramadhan ?| Apakah Anda tahu tentang mengapa Allah mewajibkan puasa Ramadhan?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel tentang puasa ramadhan, kami akan membahas tentang hikmah mengapa Allah mewajibkan puasa Ramadhan?. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai mengapa Allah mewajibkan puasa Ramadhan secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Tujuan dan Fungsi Mengapa Allah Mewajibkan Puasa Ramadhan

Alasan Mengapa Allah Mewajibkan Puasa Ramadhan

Alasan Mengapa Allah Mewajibkan Puasa Ramadhan

Merujuk kepada Al-Quran, tujuan berpuasa adalah untuk bertaqwa. Allah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183, artinya

” Wahai orang-orang yang beriman, kamu diwajibkan berpuasa sebagai-mana yang diwajibkan ke atas orang-orang yang terdahulu daripada kamu supaya kamu bertaqwa”

Makna puasa dalam kehidupan sehari hari bisa membuat seseorang bertaqwa kepada Tuhannya. Maka, Ramadhan dilalui dengan tepat dan penuh penghayatan. Kalau bukan caranya, berpuasa di bulan Ramadhan hanya menghasilkan lapar, dahaga dan keletihan sahaja. Dalam setahun kita telah melalui berbagai kesabaran hidup yang boleh merusak ketaqwaan kita kepada ALLAH.

Bila manusia tidak bertaqwa, mereka akan hilang wibawa dan kemanusiaan. Manusia menzalim, menindas, menipu, mementingkan diri, jatuh menjatuhkan , hasad dengki, pemarah, takabur, bakhil, berdendam dan lain-lain. Masyarakat manusia tidak lagi berkasih sayang, bekerjasama. Sebaliknya akan terjadi peperangan.

Peperangan antara suami isteri, anak dengan ibu bapa, murid dengan guru, buruh dan majikan, rakyat dengan pemimpin dan lain-lain. Manusia hilang kemanusiaan. Masyarakat manusia tidak berwatak manusia lagi. Bertukar kepada watak syaitan.

Allah SWT yang Maha Adil lagi Bijaksana. Menjadikan manusia tahu di mana kekuatan dan kelemahannya. Tahu bagaimana menguatkan yang lemah, menyuburkan yang kuat, dan tahu puncak kekuatan dan kelemahan. Memilih sebulan Ramadhan untuk jadi obat untuk penyakit.

Orang islam diwajibkan berpuasa dan ibadah-ibadah tambahan Ramadhan. Hal itu mampu menyelesaikan masalah-masalah selama setahun. Misalnya kereta yang letih dan lemah setelah setahun digunakan. Dipulihkan sebulan cukup untuk sehat seperti semula.

Jadi, umat islam diwajibkan puasa di bulan Ramadhan untuk memulihkan menjadi manusia seutuhnya. supaya dapatkan kemanusiaan kembali. Rugilah orang-orang yang gagal menjadikan ibadah-ibadah Ramadhan untuk membaik pulih sebagai sifat dasar kemanusiaan. Macam ruginya orang yang diberi kereta tapi tidak pandai menggunakan.

Meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan

Terdapat paket ibadah yang cukup hebat dan berkesan, kuat menguat satu sama lain, supaya manusia dibaik pulihkan sepanjang Ramadhan. Allah yang punya paket ini Maha pakar dalam merawat jiwa dan fikiran. Manusia supaya kembali suci sesuci fitrah semula jadinya.

Paket itu ialah ibadah puasa, terawih, baca Quran, zikir, tasbih, paling asas adalah mujahadah untuk melawan nafsu. Seseorang yang sanggup melakukan keseluruhan paket ibadah ini dengan serius dan penghayatan. Sungguh akan memperolehi satu kekuatan roh, mental dan fisik untuk meneruskan perjuangan sebagai hamba Allah di dunia.

Membawa bersamanya segala sifat-sifat baik seorang manusia seperti merendah diri, pemurah, kasih sayang terutama dengan orang miskin dan susah, tawakkal, sabar, tenang, adil, berbaik sangka, mudah meminta maaf dan memberi maaf, jujur, mementingkan orang lain dan lain-lain.

Kalau ada manusia begini, di muka bumi ini dan tentunya ada, ketahuilah bahawa pada merekalah Allah
akan diistimewakan bumi ini untuk diijabah doanya. Sebab Allah berjanji untuk menutup bumi ini dengan keadilan oleh orang-orang yang mereka itu cintakan Allah dan Allah juga cintakan mereka.

Makna spiritual puasa pada bulan Ramadhan yang dihayati akan menjadi pendorong manusia melawan hawa nafsu karena puasa. Hal itu akan menimbulkan keinsafan, kesadaran, rasa lemah dan rasa hamba seorang hamba Allah. Orang yang berpuasa dapat menangisi fakir miskin.

Orang miskin terus lapar tanpa tahu pasti bila waktu berbuka. Buruh-buruh terus letih sampai bila-bila tanpa tahu bila sebenarnya mereka boleh istirahat atau liburan. Bilamana rasa-rasa itu menguasai diri seseorang pasti akan membunuh nafsu-nafsu kejahatan dan melanggar perintah Tuhan seperti rasa tamak dan sombong orang kaya terhadap orang miskin.

Baca Juga: 5 Hikmah Puasa Membentuk Kepribadian Akhlak Mulia Dalam Keseharian

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Alasan Mengapa Allah Mewajibkan Puasa Ramadhan , dimana tingkat sederhana berupa kesadaran kita umat Islam untuk meyakini bahwa segala yang telah menjadi ketentuan Allah merupakan yang terbaik bagi kita baik di dunia maupun di akhirat. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *