Niat Shalat Tarawih dan Witir Beserta Artinya

By | Mei 12, 2019

Fachri Aja, Niat Shalat Tarawih dan Witir Beserta Artinya | Apakah Anda tahu tentang niat shalat tarawih dan witir?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang niat shalat tarawih dan witir berjamaah atau sendiri. Wajib kita hafal setelah kita masuk akhil baliq, karena setiap tahunnya pasti akan kita gunakan sebagai penyempurna amalan Ibadah Puasa Ramadhan. dari dulu hingga sekarang Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Niat Sholat Witir tidak pernah berubah dan yang pasti juga tidak akan pernah berubah. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai niat shalat tarawih dan witir secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Doa Niat Shalat Tarawih dan Witir Latin Secara Lengkap

Niat Shalat Tarawih dan Witir Beserta Artinya

doa sholat tarawih

Waktu shalat tarawih adalah ibadah shalat sunnah yang dijalankan sesudah mengerjakan sholat Isya pada bulan Ramadan. Ibadah ini bisa dijalankan sendirian atau berjamaah. Shalat tarawih idealnya dilakukan sebanyak 2 rakaat.

Jika berniat melakukan 8 rakaat, karenanya seyogyanya dengan shalat 2 rakaat sebanyak 4 kali dengan 1 kali salam tiap-tiap akhir rakaat kedua. Bagi Anda yang berniat menjalankan ibadah sholat tarawih, berikut ini kami tampilkan bacaan niat sholat tarawih 2 rakaat yang benar.

Niat shalat tarawih sendiri

Untuk Anda yang berniat melakukan sholat tarawih sendiri di rumah, silakan membaca niat sholat tarawih di bawah ini.

“USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA’ALAA.”

Artinya :
Aku niat salat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Bacalah niat shalat tarawih di atas dalam hati berbarengan dengan takbir pertama yang menandai diawalinya ibadah sholat.

Niat sholat tarawih 4 rakaat

Niat Shalat Tarawih dan Witir Beserta Artinya

hikmah shalat tarawih

Sebagian orang mengerjakan sholat tarawih sebanyak 4 rakaat dengan 1 kali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu’anha.

“Nabi shallallahu’alaihi wa sallam menjalankan sholat 4 rakaat, karenanya janganlah tanyakan mengenai baik dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau menjalankan sholat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai baik dan panjang rakaatnya.”

Pernyataan ini mempunyai kemungkinan 4 rakaat dijalankan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dikerjakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali.

Menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir (biasa), namun Rasulullah SAW sudah memberikan pernyataan langsung mengenai shalat malam.

“Shalat malam adalah dua rakaat dua rakaat.”

Sebab sholat tarawih termasuk ibadah salat malam yang diperkuat dengan hadits qauliy (perkataan Nabi), karenanya penafsiran salat tarawih 4 rakaat yang dijalankan 2 rakaat 2 rakaat lebih kuat dasar regulasinya.

Lebih dari 80 kitab Mu’tabar dari berjenis-jenis cabang ilmu sudah mengungkapkan bahwa shalat tarawih yang dilaksanakan dengan 4 rakaat 1 salam itu tidak sah. Di antaranya Imam Nawawiy al-Dimasyqiy, Imam Ahmad Ibn Hajar al-Haytamiy, Imam Muhammad Ibn Ahmad al-Ramliy, Imam Muhammad al-Zarkasyiy, dan Imam Ahmad Ibn Muhammad al-Qasthallaniy.

Meskipun seperti itu, bila ada beberapa orang yang menganggap shalat tarawih 4 rakaat dengan 1 kali salam sah sebetulnya tidak perlu diciptakan perdebatan. Pada hasilnya semua kembali kepada keimanan masing-masing.

Niat sholat tarawih dan witir

Jumlah rakaat sholat tarawih yang biasa dikerjakan antara lain 11 rakaat dengan witir dan 23 rakaat dengan witir. Masing-masing dilakukan tiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Sebab itu niatnya tetap sholat tarawih 2 rakaat.

Salat tarawih idealnya ditutup dengan shalat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat shalat witir bervariasi, biasanya 1 rakaat atau 3 rakaat.

Niat sholat witir 1 rakaat salam
Bagi Anda yang mau melaksanakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat sholat yang bisa Anda hafalkan.

“Ushallii sunnatal witri rok ‘atan mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muman / imaman) lillaahi ta’alaa.”

Artinya:

“Aku niat shalat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi (ma\’muman / imaman) sebab Allah ta’alaa.

Niat shalat witir 3 rakaat 1 kali salam

Berikut ini bacaan niat shalat witir dengan 3 rakaat yang ditiru dengan 1 kali salam.

“Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muman/imaman) lillaahi ta’alaa.”

Artinya :
“Aku berniat sholat witir tiga rakaat menghadap kiblat menjadi (ma’muman/imaman) sebab Allah ta’alaa”.

Bila baacan niat shalat tarawih dan witir komplit. Pilih salah satu dalam kurung. Apabila shalat sebagai makmum pilih ‘ma’muman’. Sekiranya menjadi imam, pakai kata ‘imaman’.

Niat sholat tarawih berjamaah

Ibadah sholat tarawih akan mendatangkan manfaat yang lebih besar apabila dilakukan secara berjamaah atau berjemaah. Sebab itu tak ada salahnya jika Anda juga mempelajari bacaan niat sholat tarawih berjamaah.

Di bawah ini kami tampilkan bacaan niat sholat tarawih yan dijalankan berjamaah.

USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA’MUUMAN LILLAAHI TA’ALAA.

Artinya :
“Aku niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat sebagai makmum sebab Allah Ta’ala.”

Niat shalat tarawih dan tata caranya

Tata cara shalat tarawih walaupun jumlah rakaat sholat tarawih berbeda, namun cara kerjanya sama. Shalat tarawih 11 rakaat ataupun 23 rakaat sama-sama dilaksanakan tiap-tiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Karena itu niat shalat tarawih berapa rakaat bahkan sama.

Sementara tata sistem sholatnya sama saja dengan ibadah shalat sunnah lainnya. Shalat witir dapat dikerjakan secara benar setelah tarawih atau dilaksanakan setelah melakukan shalat sunnah lain, seumpama shalat tahajud dan hajat.

Baca Juga: Hikmah dan Syarat Sah Ketentuan Puasa Ramadhan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Niat Shalat Tarawih dan Witir Beserta Artinya, dimana memberikan ilmu dan manfaat bagi Anda. Selamat melaksanakan ibadah sunnah di bulan Ramadan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *