Pengertian Ibadah Sunnah Sahur di Bulan Ramadhan

By | Juni 1, 2019

Fachri Aja, Pengertian Ibadah Sunnah Sahur di Bulan Ramadhan | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar pengertian ibadah sunnah sahur. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang apa pengertian ibadah sunnah sahur?. mungkin anda sudah tak asing lagi dengan kata sahur atau saur, karena pada saat kita akan melaksanakan ibadah puasa memang kita diharuskan untuk santap sahur terlebih dahulu, namun mungkin anda belum paham makna atau pengertian sahur itu. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai pengertian ibadah sunnah sahur secara lengkap dibawah ini.

Hadits Tentang Mengenai Pengertian Ibadah Sunnah Sahur

Pengertian Ibadah Sunnah Sahur di Bulan Ramadhan

Pengertian Ibadah Sunnah Sahur di Bulan Ramadhan

Amalan-amalan sunnah yang sangat dianjurkan atas seorang muslim mengenai puasa sangatlah banyak, diantaranya adalah amalan-amalan umum yang dianjurkan di hari berpuasa ataupun dihari-hari lainnya seperti banyak membaca Al Quran, berdzikir, memperbanyak ibadah shalat, doa dan ibadah-ibadah lainnya.

Diantaranya adalah amalan khusus yang dilakukan ketika puasa, dan inilah inti pembahasan dalam artikel ini. Diantara perkara sunnah yang harus dilakukan orang yang berpuasa adalah.

Makan sahur

sebagaimana dalam hadits waktu sahur :
تسحروا فإن في السحور بركة
Artinya : “Bersahurlah karena dalam makanan sahur tersebut terdapat berkah”. (HR Bukhari : 1923 dan Muslim : 1095).

Berkah arti sahur di bulan ramadhan ini terdiri dari berkah hissiyah yaitu secara nyata yaitu dapat memberikan kekuatan dan mempertahankan diri dari rasa lapar dan haus ketika siang harinya, dan berkah maknawi yaitu adanya pahala dan rahmat yang dicurahkan atas orang yang melakukannya.

Karena telah mewujudkan perintah dan salah satu sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sebab adanya berkah ini, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menganjurkannya.
السحور أكله بركة فل تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة ماء
Artinya : “Makanan sahur adalah suatu berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun dengan meneguk satu teguk air”. (HR Ahmad)

Makan sahur juga merupakan pembeda antara Umat islam dengan kaum ahli kitab, dalam Sunan Abu Daud (no.2343), Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda

إن فصل ما بين صيامنا وصيام أهل الكتاب أكلة السحور
Artinya : “Sesungguhnya pembeda antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur”. Diantara adab adab sahur adalah ;

1. Hadits sahur di akhir waktu

Dari Anas bahwa Zaid bin Tsabit radhiyallahu’anhuma berkata :
تل ل س لل ح ر رنلا ل م ل ع النلل ه ب هل ي ل صلللى الللل ن ه ل عللير ه ل و ل سللل ل م ثن ل مل ل قا ل م ه إللى ال لل صللا ه ة . ن قلر ن ت : كل ر م كلا ل ن بلير ل ن الرأل ل ذا ه ن ل وال لل س ن حو ه ر ؟ ل قا ل ل: ل ق ر د ن ر
ل خ ر م ه سي ل ن آيل د ة .
Artinya: “Kami makan sahur bersama Rasulullah shallallahu’alahi wasallam ,lalu beliau berdiri melakukan shalat (subuh)”, lalu saya (Anas bin Malik radhiyallahu’anhu) bertanya kepadanya : “Berapa jeda waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan azan) ?”, Zaid menjawab : “Selama membaca 50 ayat” (HR Bukhari : 575 dan Muslim : 1097 dengan lafadz Muslim).

2. Keutamaan sahur dengan kurma di bulan Ramadhan

Dibolehkan bagi orang yang makan sahur untuk tetap makan dan minum sampai tiba waktu fajar, walaupun ia berniat puasa dan makan sahur jauh sebelum waktu fajar. Barangsiapa yang tidak sahur maka ia tidaklah berdosa karena sahur hukumnya sunnah.

Namun, ia telah meninggalkan sunnah dan kehilangan berkah yang ada didalamnya. Adapun niat puasa tempatnya didalam hati, bukan dilafazkan oleh lisan karena niat merupakan amalan hati, bukan amalan lisan.

3. Memberikan makan sahur kepada orang yang membutuhkan

Merupakan amalan yang mulia, selain mendapatkan pahala memberikan makanan, juga didalamnya terdapat keutamaan yaitu keberkahan makanan sahur yang secara khusus disebutkan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam. Amalan ini telah dilakukan oleh para salaf rahimahumullah.

Baca Juga: Tidak Sengaja Batal Puasa Karena Tidak Tahu, Apa Hukumnya ?

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Pengertian Ibadah Sunnah Sahur di Bulan Ramadhan. Jadi,  jauh lebih baik anda melaksanakan sahur walaupun hanya minum sedikit air, dalam ilmu kesehatan juga meminum air putih juga sangatlah bermanfaat untuk mendukung kegiatan ibadah puasa kita. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *