Ketahui Definisi Pengertian Mudah Reksadana

By | Maret 26, 2019

Fachri Aja, Ketahui Definisi Pengertian Mudah Reksadana | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar pengertian mudah reksadana. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang penjelasan dan pengertian mudah reksadana. Seiring dengan perkembangan reksa dana sebagai salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan, banyak orang ingin untuk mulai melakukan investasi reksa dana. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai pengertian mudah reksadana secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Mudah Reksadana dan Contohnya

Ketahui Definisi Pengertian Mudah Reksadana

Ketahui Definisi Pengertian Mudah Reksadana

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi di Indonesia yang sangat terjangkau saat ini. Reksadana tentunya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga bisa dikatakan instrumen ini cukup aman. Namun perlu diingat, yang namanya investasi pasti ada resiko, ingat ya, ada resiko.

Berdasarkan UndangUndang Pasar Modal no. 8 tahun 1995, BAB I, Pasal 1 Ayat 27, Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) yang selanjutnya diinvestasikan kembali dalam portofolio efek oleh Manager Investasi (MI). Adapun efek disini maksudnya instrumen investasi di pasar modal, berupa obligasi,saham, dan pasar uang berupa deposito, surat utang jangka pendek kurang dari setahun.

Melihat penjelasan di atas, pasti jadi tambah bingung, tapi Anda jangan sampe tutup artikel ini dulu ya, karena tadi adalah penjelasan secara resminya. Nantinya kami akan coba jelaskan sesederhana mungkin, agar mudah dipahami. Lanjut ya?. Mari berkenalan leboh jauh lagi dengan reksa dana.

Pernah dengar istilah ini  deposito, obligasi, saham, properti. Jika kalau belum punya tidak apa, yang penting pernah mendengat istilah tersebut. Lalu, apa persamaan dari keempat produk investasi tersebut? Keempatnya membutuhkan modal minimal jutaan. Jadi, bisa dikatakan keempat instrumen tersebut kurang terjangkau untuk masyarakat kita pada umumnya.

Pengertian mudah reksadana menurut para ahli

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan produk investasi yang terjangkau dan memberikan hasil investasi yang menarik, maka dibentuklah perusahaan reksa dana, dalam hal ini Manager Investasi (MI). Maka dari itu, uang masyarakat dikelola oleh MI, atau sama saja Anda punya seorang manager yang mengelola uang tersebut untuk investasi.

MI yang akan melakukan segala kegiatan jual beli produk investasi hingga laporan laba ruginya, Anda hanya menyetor saja dan menerima laporan. Masih belum paham juga?. kami akan coba pinjam analogi dari salah astu pakar reksadana di Indonesia yaitu Pak Aidil Akbar.

Beliau adalah Perencana Keuangan Independen dengan pengalaman dan sudah berinvestasi di reksa dana lebih dari 15 tahun di Amerika dan Indonesia, serta pernah mengelola reksa dana sendiri. Reksa dana kita umpamakan dengan Bus antar kota, yang berisi Anda dan penumpang lainnya (investor). Lalu ada juga sopir bus (MI) dan kondektur bus (bank kustodian).

Tiket bus ini bisa kita beli di agen penjual, dalam hal ini bank. Jadi Sopir ini yang akan membawa kita menuju tempat tujuan, dalam hal ini adalah tujuan Anda berinvestasi. Dengan penjelasan diatas kami berharap Anda sudah mulai kenal ya dengan reksa dana.

Baca Juga:  Produk Reksadana Yang Menguntungkan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Ketahui Definisi Pengertian Mudah Reksadana, dimana reksadana menggunakan sistem, yang membuat Anda tidak perlu pusing dan memikirkan saham atau obligasi apa yang harus Anda beli. Anda hanya perlu menentukan reksa dana apa yang ingin Anda beli. Selanjutnya, manajer investasi yang bersertifikasi dan profesional akan mengelola modal Anda. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel investasi berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *