7 Persiapan Melamar Pekerjaan Saat Walk Interview

By | Juni 24, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 7 Persiapan Melamar Pekerjaan Saat Walk Interview | Apakah Anda tahu tentang persiapan melamar pekerjaan?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara persiapan melamar pekerjaan. Melamar suatu pekerjaan merupakan suatu proses yang pasti dilalui hampir oleh semua orang untuk mendapatkan posisi atau jabatan pada perusahaan dimana dia melamar apalagi bagi yang pertama kali melamar kerja. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai persiapan melamar pekerjaan secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Tips Persiapan Melamar Pekerjaan Saat Walk Interview di Mall

Persiapan Melamar Pekerjaan

Persiapan Melamar Pekerjaan

Tips penting dalam mencari pekerjaan, terdapat banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh pelamar kerja sendiri agar dapat diterima oleh perusahaan tempat dia melamar. Dimana, persiapan yang dibutuhkan dapat bersifat teknis atau mental dari pelamar kerja itu sendiri.

Tips untuk pelamar kerja dengan melakukan persiapan tambahan yang harus Anda lakukan sebelum wawancara kerja sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda:

1. Survey lokasi wawancara kerja

Tips mencari pekerjaan baru salah satunya survey lokasi wawancara. Satu hari sebelum wawancara kerja diselenggarakan, sempatkan diri Anda untuk survey atau mengecek lokasi interview. Hal ini dilakukan agar keesokan harinya Anda tidak sibuk mencari lokasi wawancara kerja. Namun jika Anda sudah mengetahuinya hal ini tidak perlu Anda lakukan.

2. Datanglah lebih awal jika niat mencari kerja

Datanglah 10 menit atau lebih cepat dari jadwal wawancara kerja yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Dengan datangnya Anda lebih awal, Anda dapat merileks-kan diri, sehingga tidak tergopoh-gopoh yang menyebabkan berkeringat dan gugup.

3. Cara menghadapi jawaban dari pertanyaan interview kerja

Hal ini perlu Anda lakukan, carilah kemungkinan pertanyaan yang akan di tanyakan pewawancara kerja, misalnya seputar posisi yang Anda lamar atau tentang profil perusahaan. Dengan Anda melakukan persiapan ini, Kepercayaan diri Anda akan bertambah, sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.

Persiapan Melamar Pekerjaan

7 Persiapan Melamar Pekerjaan Saat Walk Interview

4. Berpakaian seperti apa saja yang perlu dipersiapkan ?

Seni berpakaian yang rapi dan formil tidak selalu mahal. Anda dapat berpakaian dengan kemampuan financial Anda. Untuk pria, pakailah pakaian kemeja lengan panjang dengan warnah cerah namun tidak norak atau mencolok. Anda juga bisa memakai kemeja bermotif atau polos.

Untuk kemeja yang bermotif, usahakan motifnya tidak terlalu banyak, hal ini memiliki penilaian sikologis oleh si pewawancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam dengan bahan keper.

Untuk wanita, jangan bermake up terlalu tebal, bermake up lah sewajarnya. Mengenai pakaian, pakailah pakaian yang menunjukkan Anda seorang pekerja. Soalnya, saya sering sekali menjumpai banyak wanit ketika wawancara kerja, memakai pakaian seperti kondangan dengan make up yang berlebihan.

5. Awali sapaan dan jabat tangan

Ikuti prosedur melamar pekerjaan pada saat ketika giliran Anda di panggil untuk interview, ketoklah pintu sebelum Anda masuk kedalam ruangan si pewawancara. Kemudian ulurkan tangan Anda lebih awal untuk berjabat tangan, genggam tangannya dengan erat sembari mengucapkan sapaan hangat.

Apakah itu dengan sapaan apa kabar, selamat siang atau dengan sapaan formil lainnya. Hal ini akan memberi kesan positif kepada pewawancara bahwa Anda adalah orang yang smart dan ramah serta percaya diri.

6. Jujur dan Jangan Bertele-tele

Ketika Anda ditanya oleh pewawancara, jawablah dengan jujur, usahakan jawaban Anda sesuai dengan apa yang ditanyanyakan. Tataplah mata si pewawancara dengan wajar, untuk memberi kesan penghormatan dan menampilkan kepercayaan diri Anda ketika pewawancara sedang bertanya.

7. Akhiri perpisahan dengan jabat tangan

Setelah Anda siap diwawancarai, hal yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah memberi jabat tangan dengan interviewer sembari memberikan senyuman ramah.

Baca Juga: 3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 7 Persiapan Melamar Pekerjaan Saat Walk Interview, dimana Anda sudah mengerti dan siap menghadapi interview kerja. Jangan lupa menyiapkan dokumen surat lamaran kerja sebelum hari H walk interview. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *