5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank

By | Juli 13, 2019

Fachri Aja, 5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank | Apakah Anda tahu tentang pertanyaan dan jawaban interview kerja bank?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pertanyaan dan jawaban interview kerja bank kenapa Anda ingin bekerja disini. Patut Anda coba agar mengetahui pertanyaan tentang materi wawancara telebih dahulu. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai pertanyaan dan jawaban interview kerja bank secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Beberapa Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank

Beberapa contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja di bank. Setelah memasukan CV Anda dibanyak lowongan kerja, akhirnya ada beberapa perusahaan tertarik dengan Anda dan memanggil untuk wawancara kerja, sebenarnya apa saja yang harus Anda persiapkan?

Cara melamar kerja di bank lulusan smk berangkat dari para pembaca web ini sendiri. Maka yang harus dilakukan setelah menutup telpon HRD perusahaan untuk mengundang wawancara kerja adalah mencari tentang perusahaan dimana Anda akan bekerja.

1. Jawabannya dari pertanyaan pengalaman apa yang Anda miliki ?

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank (2)

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank 

Dengan pengalaman enam tahun bekerja di dunia peerbankan, saya telah bekerja sesuai prosedural yang dibutuhkan bagi pekerjaan ini. Kekuatan saya adalah pada keahlian kepemimpinan yang saya miliki. Saya telah menjadi branch manager bagi para marketing dan supervisor. Jika Anda bertanya pada para anggota staf saya tentang diri saya, mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya selalu ada manakala mereka membutuhkan saya. Saya sangat mudah beradaptasi dan telah bekerja sampai 70 jam dalam sepekan sehingga kami dapat menepati tenggat waktu.

Ini adalah jawaban yang paling oke. Jawaban ini memberikan gambaran yang luas tentang diri Anda dan bagaimana keahlian-keahlian yang Anda miliki akan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh HRD. Di sini ada contoh-contoh tentang kekuatan-kekuatan di area teknologi, keahlian kepemimpinan, dan kesediaan Anda untuk melakukan apapun agar pekerjaan selesai.

Adanya endorsemen pihak ketiga dari orang-orang yang pernah bekerja bersama Anda sangat membantu. Berbicara melalui komentar-komentar dari orang lain adalah sebuah teknik yang kuat untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab pertanyaan.

2. Untuk fresh graduate bagaimanakah atasan Anda yang sekarang memberikan gambaran tentang kinerja Anda ?

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank (2)

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank 

Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah “tangan kanan”nya. Dia yang akan
membuat keputusan dan sayalah yang mengerjakan latar belakang dan pekerjaan teknisnya dia mengandalkan saya untuk melakukan semua kalkulasi dan proses pemasukan data pada berbagai proyek. Saya akan meluruskannya manakala dia hendak menyimpang dari jadwal, dan saya akan datang menolong manakala dia membutuhkan bantuan. Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya tetaplah temannya walaupun kami sudah bekerja bersama selama lima tahun.

Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan gambaran yang jelas bagaimana Anda bekerja dengan pihak yang punya otoritas yaitu suportif dan bertanggung jawab. Jawaban ini memberikan informasi kepada HRD tentang keahlian-keahlian dan kemampuan-kemampuan teknis Anda serta kelenturan dan kesediaan Anda.

Jawaban ini juga menyampaikan hubungan yang Anda bangun dengan atasan Anda. Tidak semua pekerjaan berakhir dengan hubungan pribadi, namun jika Anda dapat mengutip atasan Anda atau menyebutkan sesuatu yang positif yang dikatakan oleh seorang atasan dalam suatu tinjauan kinerja, maka hal itu akan memperkuat jawaban Anda.

3. Contoh pertanyaan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini ?

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank (2)

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank 

Saya telah melakuan riset atas perusahaan ini dan mengecek misi yang Anda nyatakan serta ide-ide, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip yang Anda dukung. Saya sangat akrab dengan layanan Anda dan perusahaan bank pesaing Anda.

Saya meneliti latar belakang kedua orang pendiri perusahaan ini dan menyusuri jejak karir dan kesukesan mereka. Saya tahu bahwa saat ini harga saham Anda sedang turun namun Anda sedang bersiap-siap meluncurkan sebuah produk baru. Saya tahu bahwa saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini.

Ini adalah jawaban yang paling kuat karena mendemonstrasikan keahlian yang dimiliki. Bukan hanya melakukan riset atas perusahaan tersebut namun menggali lebih dalam informasi tentang para pendirinya, persaingan, produk-produk masa depan, dan saham. Jawaban ini memberikan informasi dan pengetahuan yang melampaui apa yang ada di website.

4. Menurut Anda apakah kualitas kunci bagi seorang support person saat pertama kali ?

5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank (2)

Kenapa Anda ingin bekerja di Bank ?

Beberapa keahlian kunci yang diperlukan adalah sikap teratur, memiliki keahlian komunikasi, bersikap fleksibel, dapat diandalkan, dan menjadi seorang pemain dalam tim. Keahlian-keahlian yang seperti ini adalah sebagian dari beberapa keahlian saya yang dapat dibanggakan.

Saya memiliki keahlian komunikasi yang sangat baik dan memberikan sambutan yang baik manakala diminta untuk bekerja pada proyek-proyek yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan saya sehari-hari. Saya merespon dengan cepat dan tak pernah luput dari tenggat waktu.

Teman-teman satu tim saya akan mengatakan kepada Anda bahwa jika saya sedang tidak ada pekerjaan, saya akan menawarkan bantuan kepada orang lain.

Ini adalah jawaban yang paling kuat karena menyebutkan kualitas-kualitas itu dan mengambil peluang untuk menunjukkan bahwa Anda memilikinya. Dengan membicarakan keahlian-keahlian kunci Anda maka jawaban ini menjadi lebih kuat, terutama dengan adanya endorsemen dari teman satu tim.

5. Wawancara dari pertanyaan berikan gambaran tentang gaya kepemimpinan atau manajemen Anda ?

Jika Anda menanyai anggota tim saya, mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang manajer yang fair dan terbuka. Saya setiap hari selalu ada. Tujuan saya adalah mengenali kekuatan orang-orang. Baru-baru ini saya mempromosikan seorang anggota tim yang mulanya adalah seorang karyawan yang bermasalah namun melalui suatu pelatihan secara pribadi dari saya, disertai dengan kemauan dari pihaknya untuk menambah waktu, dia kini telah menjadi seorang bintang.

Ini adalah jawaban yang direkomendasikan. Karena ada contoh spesifik dan endorsemen tidak langsung dari tim Anda. Ini adalah teknik yang baik untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab sebuah pertanyaan subyektif seperti yang satu ini.

Ini juga menunjukkan adanya sebuah komitmen yang tulus pada para anggota tim dan membiarkan mereka tahu bahwa pekerjaan mereka dihitung dalam gambaran yang lebih besar dan memberikan contoh yang spesifik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Baca Juga: 5 Jawaban Interview Motivasi Kerja Yang Baik dan Benar

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Bank, dimana Anda telah mengetahui gambaran tentang contoh pertanyaan tentang bank bri, bank mandiri, atau perusahaan bank lainnya. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *