3 Motif Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

By | Juni 25, 2019

Fachri Aja, 3 Motif Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate | Apakah Anda tahu tentang pertanyaan interview kerja fresh graduate?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pertanyaan interview kerja fresh graduate anak SMK atau SMA. Interview atau wawancara adalah tahapan penting dalam proses penerimaan pekerja. Maka dari itu kita sebagai pelamar haruslah menyiapkan secara matang tentang tahapan yang satu ini. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai pertanyaan interview kerja fresh graduate secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Untuk SMA atau SMK

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Sebelum mempelajari detail pertanyaan serta alternatif jawaban yang akan Anda sampaikan pada pewawancara, dalam bagian ini kami akan memberikan pada Anda beberapa trik atau strategi dalam menjawab setiap pertanyaan pewawancara. Tips ini juga bisa digunakan pada interview untuk yang berpengalaman.

Saat melakukan tes melamar kerja pada sesi interview. Pahamilah bahwa setiap pertanyaan wawancara kerja yang diajukan oleh pewawancara pada Anda bukanlah pertanyaan biasa tanpa arti. Bisa jadi lebih dari itu, setiap pertanyaan selalu mengandung motif. Secara sederhana, motif dari setiap pertanyaan yang diajukan pewawancara dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok besar:

1. Motif pertanyaan tentang loyalitas

Pertanyaan wawancara kerja yang bertujuan ingin mengetahui apakah Anda mampu dan mau bekerja. Dari motif pertanyaan pertama ini biasanya akan muncul beberapa pertanyaan yang berhubungan erat dengan skill, kompetensi, untuk berpengalaman, loyalitas maupun hal lainnya.

Hal tersebut dapat memperlihatkan diri Anda dalam hal kemampuan dan kemauan bekerja. Contoh pertanyaan yang bersumber dari motif pertanyaan wawancara kerja ini, diantaranya:

  • Apakah Anda mempunyai skill yang dibutuhkan dalam posisi ini?
  • Apakah Anda mempunyai pengalaman dalam pekerjaan semacam ini?
  • Apakah Anda mempunyai basic akademik yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh posisi ini
  • Apakah Anda seorang yang loyal?
  • Apakah Anda orang yang sangat tergantung pada mood?
  • Kenapa Anda senang dengan posisi administrasi ?

Semua pertanyaan-pertanyaan ini berakar dari motif pewawancara yang ingin mengetahui betul apakah Anda orang yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk bekerja ataukah tidak. Disarankan dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja yang muncul dari motif pertama ini ialah dengan memberikan data. Data yang kongkrit, rasional, jelas dan meyakinkan.

Hanya dengan ini Anda dapat meminimalisir keraguan pewawancara pada kemampuan dan kemauan Anda. Jawablah selalu dengan menggunakan informasi yang positif, angka, menguraikan contoh skill Anda, mengisahkan pengalaman pribadi yang akan memperkuat citra kemampuan Anda, menceritakan pengalaman kerja dan berbagai keberhasilan Anda, dan berbagai cara lain yang dapat meyakinkan pewawancara kerja Anda.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

2. Pertanyaan tentang motivasi dalam psikologi

Ingin mengetahui kepribadaian atau karakteristik diri Anda. Dari motif pertanyaan wawancara kerja inilah akan ada berbagai pertanyaan yang mengarah pada sisi pribadi Anda, seperti berikut:

  • Hal apa bisa membuat Anda sangat marah?
  • Apa hobi Anda?
  • Apa Anda kreatif?
  • Buku apa yang baca Anda?

Dari contoh pertanyaan wawancara kerja di atas, hal ini memetakan sisi kepribadian atau watak Anda. Dalam menjawab pertanyaan ini tentu kejujuranlah yang terbaik. Tapi perlu diingat, Anda pun tidak mesti menunjukkan seutuhnya semua hal dari diri Anda. Strateginya adalah pahami betul arah pertanyaan dari pewawanara kerja Anda dan berilah jawaban yang jujur namun tidak terlalu terbuka.

Sebagai catatan, bila pewawancara mempunyai motif dalam setiap pertanyaannya maka Anda pun harus mempunyai motif dari setiap jawaban Anda. Jawaban motivasi kerja wawancara saat diberikan pertanyaan interview kerja tetap dengan kejujuran namun segera perlihatkan bahwa Anda seorang yang terus memperbaiki diri, atau langsung saja tunjukan bahwa Anda mempunyai sisi positif lain yang dapat menjadi plus dari kekurangan tersebut.

3. Pertanyaan tentang motivasi dan kepemimpinan

Apakah Anda mampu bersosialisasi di lingkungan kerja?. Menjaga kondusitifas tempat kerja merupakan sesuatu yang sangat krusial karena akan mempunyai dampak langsung pada produktifitas perusahaan atau lembaga. Karena itu, pewawancara akan menggali sedalam mungkin.

Apakah Anda memiliki kemampuan adaptasi yang baik, apakah Anda akan membawa pengaruh buruk di lingungan kerja, dan hal lainnya yang berkaitan dengan proses sosialisasi diri Anda. Contoh pertanyaan yang masuk ke dalam motif ke tiga ini, antara lain:

  • Bagaimana Anda menilai atasan Anda sebelumnya?
  • Adakah budaya kerja dalam perusahaan Anda sebelumnya yang tidak Anda sukai?
  • Apakah Anda sering bertemu dengan teman-teman kantor sebelumnya di luar jam kerja?

Dari pertanyaan dan jawaban interview kerja yang baik berikut perihal motif pertanyaan wawancara kerja ini ingin mengetahui sisi sosial diri Anda, maka Anda pun harus mempunyai motif bahwa Anda orang yang baik secara sosial. Disarankan untuk menjawab motif pertanyaan wawancara kerja ini mempertimbangkan jawaban yang menunjukan cara yang Anda pakai ketika berinteraksi dengan orang lain, menceritakanlah sisi positif orang lain dan jangan pernah mengungkapkan sisi negatifnya.

Baca Juga: 7 Persiapan Melamar Pekerjaan Saat Walk Interview

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 3 Motif Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate, dimana saat hendak menuju tempat interview kita sudah siap dan yakin dengan segala jawaban yang tepat saat interview bagi fresh graduate dari kemungkinan pertanyaan yang muncul. Bukannya hanya bermodal yakin dan percaya diri namun tanpa persiapan.. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *