5 Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari

By | November 4, 2019

Fachri Aja, Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari | Apakah Anda tahu tentang Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang rahasia dan tips lulus CPNS tahun ini. Pelajari tips lulus seleksi CPNS hingga selesai agar Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Dari Pengalaman Para CPNS Yang Sudah Jadi Berikut Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari

Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari

Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari

Seleksi CPNS sudah di depan mata. Sebagian millennials sudah bersiap-siap mengumpulkan informasi dan aneka persyaratan yang biasanya dibutuhkan. Anda termasuk salah satu millenials yang ingin jadi CPNS?. Baca dulu lima tips persiapan CPNS dari pengalaman mantan peserta yang sudah sukses jadi PNS ini ya.

1. Memilih Instansi

Memilih instansi merupakan tahap pertama. Pada tahap ini meskipun sama-sama melakukan seleksi tes CPNS, soalnya bisa beda, bahkan tingkat kesulitannya juga beda. Makin banyak peminatnya, maka makin berat saingan, maka makin tinggi standarnya.

Disini Anda harus berkaca dengan kemampuan diri sendiri, kira-kira bisa bersaing atau tidak. Kami sarankan lebih baik memilih lowongan yang banyak jurusan yang sesuai dengan Anda karena peluang diterimanya lebih besar daripada jumlah formasi yang diterima sedikit.

Misalnya di Kementrian Keuangan formasi untuk S1 Teknik Industri jumlah lowongannya hanya 1 saja, sementara di Kementrian Perindsutrian jumlah CPNS yang dibutuhkan untuk S1 Teknik Industri sebanyak 10 orang, maka peluang di Kementrian Perindustrian lebih besar. Walaupun hal ini tidak menjamin 100% juga.

Kalau Anda merupakan orang dengan tipe

“ya udah deh yang penting PNS”,

Anda bisa mencoba aja tes CPNS di PEMDA atau kementrian yang sedikit peminatnya. Karena kalau pas semua instansi membuka lowongan, maka kebanyakan yang diambil kementrian yang TOP , karena pada dasarnya gaji pokok PNS di semua instansi itu semua sama, tergantung golongan saja. Bedanya hanya di tunjangannya saja.

Nah untuk itu rajin-rajinlah mencari informasi instansi apa saja yang membuka lowongan, kemudian pilih sesuai dengan posisi yang Anda sukai dan kemampuan diri sendiri.

2. Ketahui Tahapan Ujian

Dalam prosesnya, ada beberapa tahapan ujian CPNS yang harus diselesaikan. Tiap instansi memiliki model ujian yang berbeda tergantung kebutuhan. Secara umum, ada 2 seleksi yang harus dilalui yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD). SKB menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara.

Model dan materi ujiannya bisa berbeda-beda menyesuaikan formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD merupakan seleksi wajib yang harus dilalui dengan kriteria kelulusan yang sama untuk setiap pelamar. Saat ini, TKD sudah dilaksanakan menggunakan sistem CAT seperti yang saya ceritakan di atas. CAT memiliki 3 tipe soal dengan bobot nilai yang berbeda.

Berdasarkan Perarturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan

Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 20/2017, ada tiga jenis kelompok materi soal TKD. Ketiga materi tersebut terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

TWK berisi materi tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia. Soal-soalnya, biasanya seputar Pancasila, Undang-Undang, empat pilar kebangsaan, hingga sejarah Bangsa Indonesia. Karenanya, perbanyaklah membaca UUD 1945 dan juga buku sejarah Indonesia. Biasanya, soalnya bersumber dari materi tersebut atau hal-hal relevan yang dikaitkan dengan undang-undang.

TIU berisi materi untuk menilai kemampuan verbal, lisan, dan numerik dari peserta. Biasanya, ujiannya seputar deret hitung, sinonim, akronim, logika matematika dan sejenisnya. Ujian pada materi ini akan cukup berat bagi sebagian orang mengingat tidak semua orang menyukai matematika.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisikan materi-materi yang menguji integritas diri, semangat kerja, kreativitas, kerjasama, profesionalitas dll.

Pada ujian ini, jawaban terlihat sangat subjektif karena bisa dikatakan hampir seluruh jawaban benar. Karenanya, hati-hatilah dalam menjawab pada bagian ini.

Dengan mengenal ketiga jenis ujian di atas, tentu Anda bisa mempersiapkan diri lebih matang. Tidak ada yang tahu pasti gambaran soal yang akan keluar dari ketiga jenis materi tersebut. Semua dipilih secara acak oleh sistem nantinya. Karenanya, perbanyaklah berlatih.

3. Jawab soal yang mudah terlebih dahulu

Dari sekian banyak soal yang dihadapi, janganlah berkutat pada 1 soal dalam waktu yang lama. Masih banyak soal-soal lain yang harus dikerjakan. Jangan hanya karena anda penasaran dengan soal tersebut sehingga menyedot fokus dan melupakan bahwa masih banyak soal lain yang bisa jadi lebih mudah untuk dijawab. Fokus pada soal yang mudah dijawab terlebih dahulu, yang sulit belakangan.

4. Minta doa kedua orang tua

Bersyukurlah yang orang tua-nya masih hidup dan sehat walafiat. Mintalah doa dari mereka agar Allah memberikan kemudahan terhadap ujian yang akan anda hadapi. Doa orang tua tetaplah makbul.

5. Menjaga kesehatan pada saat sehari sebelum tes

Memang kelihatan sepele, namun saat sehari sebelum tes CPNS harus menjaga kesehatan. Bila perlu jangan begadang, jangan belajar. Makanya belajarnya jauh-jauh hari sebelum tes, bila perlu buat minggu tenang sehingga pas ujian tidak  khawatir yang berlebihan. Buat pikiran lebih tenang dan rileks. Pada saat tes jangan lupa untuk sarapan agar bisa konsentras dan foku, jaga kesehatan jiwa juga. Jangan mau stress, harus santai agar ujian nyaman.

Baca Juga: Cara Jadi PNS Lulusan SMK Terbaru

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari, dimana lima tips persiapan CPNS dari pengalaman mantan peserta yang sudah sukses jadi PNS. Sebagai penutup, kami menyampaikan

“Jadi CPNS bukan hanya seputar gaji dan tunjangan 80%. Bukan cuma masa depan cerah, idaman calon mertua, dan kenikmatan duniawi lainnya. Namun kita harus belajar beradaptasi dengan sistem yang bisa jadi belum pernah kita bayangkan sebelumnya.”

Tantangan terberat adalah bagaimana para pendaftar nanti harus punya integritas yang tinggi di dunia nyata birokrasi. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel cv berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *