5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

By | Juli 10, 2019

Fachri Aja, 5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda | Apakah Anda tahu tentang strategi branding beserta contohnya?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang strategi branding beserta contohnya untuk produk Anda. Branding adalah suatu hal yang memberikan identity pada sebuah bisnis. Apakah itu bisnis baru atau lama. Brand tidak hanya sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan suatu perwujudan reputasi seseorang tentang produk atau perusahaan tersebut. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai strategi branding beserta contohnya secara jelas dan lengkap dibawah ini.

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Yang Harus Anda Pahami

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

Strategi branding produk merupakan kombinasi yang lengkap dari orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama produk. Jadi, Anda tidak bisa menganggap sebelah mata brand, karena brand adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan yang memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan memberikan hasil yang dapat dirasakan jangka panjang.

Untuk menaikkan brand yang Anda miliki. Tips nya Anda harus yakin jika brand Anda sudah mempunyai brand awareness yang baik. Apa itu brand awareness?.  Yaitu salah satu tingkatan di mana brand yang Anda miliki dikenal oleh masyarakat atau target market.

Namun, Anda bisa menggunakan 5 cara branding strategy di bawah ini untuk meningkatkan brand Anda.

1. Strategy membuat desain logo sesuai dengan produk Anda

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

Sebelum Anda menciptakan brand identity untuk company yang akan Anda buat. ada banyak hal yang Anda harus pertimbangkan, seperti menyesuaikan tema brand yang ingin Anda buat dengan bisnis Anda. Misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang makanan.

Maka brand yang dibangun harus mencerminkan produk serta brand image perusahaan yang meliputi layanan yang akan diperoleh pelanggan. Langkah berikutnya, Anda harus memperhatikan brand positioning yang dibuat, semisal nama, logo, grafik, bentuk, warna, suara, aroma dan pergerakan.

Kini Anda telah memahami bahwa yang dimaksud dengan brand bukanlah sekedar logo atau nama atau tagline saja, melainkan semua atribut, termasuk kemasan, warna hingga perangkat pemasaran yang ikut menyatu dengan persepsi brand di benak masyarakat.

Brand yang efektif menciptakan persepsi bahwa tidak ada produk, layanan, organisasi atau komunitas lain yang menyerupai Anda, entah perbedaannya pada manfaat, bentuk, kemudahan penggunaan, harga atau prestise, yang pasti konsumen yakin bahwa Anda menawarkan sesuatu yang luar biasa.

Untuk itu, banyak faktor yang memegang peranan, dan dapat berwujud maupun tidak berwujud, termasuk dekorasi kantor, pakaian personil, filsafat organisasi, kualitas layanan, desain materi cetak ataupun nilai tambah layanan. Intinya semua yang konsumen Anda sentuh, lihat atau dengarlah akan membedakan Anda dari kompetitor.

2. Strategy branding dengan menciptakan desain logo perusahaan yang baik

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

Bisnis Anda akan terlihat begitu profesional di mata calon konsumen. Jika Anda membuat desain logo yang berkualitas, unik, menarik serta mudah diingat. Desain logo yang baik juga akan membuat bisnis Anda menonjol ditengah kompetisi antar brand dengan jenis produk yang sama.

Misalnya Starbucks, begitu mendengar brand tersebut, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang yang diciptakan Starbucks. Itulah branding Starbucks.

Selain itu desain logo yang terlihat profesional yang mudah diingat bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang yang telah membeli produk Anda atau memakai jasa layanan perusahaan Anda. Jika calon pelanggan Anda melihat logo Anda untuk pertama kalinya dan mereka merasa tertarik serta percaya akan kesan yang diberikan tentu hal ini dapat menarik pelanggan baru untuk Anda.

Jika desain logo Anda berhasil menanamkan kepercayaan di benak konsumen. Maka konsumen akan memilih brand Anda daripada brand lain dengan jenis produk yang sama. Maka desain logo yang baik adalah salah satu bentuk investasi yang penting seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan ini.

3. Strategy meningkatkan branding dengan memilih alat marketing

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

Dalam artikel ini, akan dibahas 2 alat marketing yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam meningkatkan brand mereka di mata publik. Alat marketing yang pertama adalah branding melalui

1. website

Saat ini memang hampir segala jenis bisnis usaha baik skala besar maupun kecil sudah memiliki website. Walaupun skala usaha Anda kecil namun branding melalui sebuah website menjadi penting karena website adalah marketing tool yang memang diperlukan untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda.

Dengan website, bisnis yang Anda jalankan dapat dikenal ditengah target market. Website saat ini sudah menjadi pintu gerbang masyarakat untuk mengenal bisnis Anda, mengenali produk Anda dan tentunya akhirnya berujung pada keputusan pembelian.

Kebanyakan orang berpikir bahwa hal utama yang penting pada website branding adalah dengan penggunaan logo dan permainan warna. Memang hal ini amatlah penting dalam pembentukan citra sebuah brand, namun tentunya bukan hanya hal tersebut yang dianggap penting.

Hal-hal lain yang harus ditonjolkan di website Anda adalah konten dari website Anda sendiri, apakah isi dari website Anda sudah mencakup semua perihal bisnis yang Anda jalankan?. Marketing tool yang kedua adalah menggunakan

2. Mobil branding

Vehicle branding atau branding pada kendaraan seperti halnya mobil, bus atau truk merupakan salah satu strategi marketing dengan target market tertentu. Tujuan utama dari strategi marketing ini adalah untuk membuat pelanggan tertarik dan pada akhirnya membeli produk atau memakai jasa layanan Anda.

Sama seperti kegiatan branding lainnya, tentu desain mobil branding harus menarik agar bisa menarik perhatian masyarakat menggingat setiap hari target market Anda dibombardir dengan banyak iklan. Hal yang harus diperhatikan jika Anda memutuskan untuk memakai strategi vehicle branding maka desain brand identity harus stand out from the crowd yang berarti memiliki desain yang baik dan sangat mengundang perhatian.

4. Strategy branding dengan berinteraksi dengan konsumen melalui sosial media

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

Tidak dapat dipungkiri, sosial media serperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Instagram dapat meningkatkan kualitas kehidupan, khususnya bagi kalangan pebisnis yang menginginkan perkembangan pada bisnisnya dan melakukan komunikasi dua arah dengan cepat.

Penggunaan sosial media dapat digunakan sebagai ujung tombak pergerakan kegiatan komunikasi dan pemasaran bisnis yang kini sudah menjadi sebuah kewajiban. Banyak keuntungan yang dapat Anda raih dengan meningkatkan brand image bisnis Anda di sosial media.

Keuntungannya melingkupi top of mind, brand recall dan brand recognition. Dengan menggunakan media sosial yang sudah tersedia, interaksi Anda dengan publik bisa tercipta dengan baik. Selain menjalin hubungan yang baik dengan publik, sosial media juga bisa dapat digunakan untuk memberikan informasi terbaru untuk bisnis Anda.

Dengan adanya fasilitas interaksi langsung dengan publik, akan mudah bagi Anda untuk mempromosikan acara-acara yang sedang berlangsung. Mulai dari promosi produk baru, diskon maupun hal-hal yang lainnya.

5. Menggunakan partnership untuk membangun brand awareness

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda

Berkerja sama dengan partner influencer dapat meningkatkan brand awareness Anda. Partner yang mempunyai network yang sangat kuat biasanya mempunyai banyak pelanggan yang loyal. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan partner Anda, Anda dapat bertukar pelanggan sehingga dapat menjadi win-win solution bagi keduanya.

Selain itu, partner Anda juga bisa menjadi media untuk mempublish konten Anda sehingga dapat kepada para
followernya. Partner juga bisa meningkatkan nilai jual saat menyelenggarakan event bisnis Anda. Pastikan Anda memilih untuk berkerja sama dengan partner yang sesuai dengan target market bisnis Anda.

Baca Juga: 50 Ide Jualan Dirumah yang laris dan Menguntungkan Setiap Hari

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Strategi Branding Beserta Contohnya Untuk Produk Anda, dimana Anda teleh mengetahui pengertian branding adalah yang memberikan identity pada produk Anda. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *