[Penting] Ini 5 Tugas Administrasi Keuangan Perusahaan

By | Desember 23, 2019
3
(2)

Fachri Aja, [Penting] Ini 5 Tugas Administrasi Keuangan Perusahaan | Apakah Anda tahu tentang tugas administrasi keuangan perusahaan itu apa saja ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang staff tugas administrasi keuangan. Uraian tugas bagian keuangan perusahaan yang secara umum bertangungjawab pada penyusunan anggaran, pembukuan dan laporan keuangan.. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa pemaparan dan penjelasan mengenai tugas administrasi keuangan secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Tugas Administrasi Keuangan Perusahaan dan Tugasnya

[Penting] Ini 5 Tugas Administrasi Keuangan Perusahaan

[Penting] Ini 5 Tugas Administrasi Keuangan Perusahaan

Tanggung jawab seorang staff administrasi bisa jadi sangat memusingkan jika belum pernah sama sekali, karena dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Hampir di setiap perusahaan dari bidang usaha apapun pasti memiliki administrasi keuangan yang bertugas mengontrol keuangan perusahaan.

Tugas administrasi keuangan sendiri sangat punya peran penting bagi perusahaan dan mempunyai tanggung jawab yang cukup besar. Berikut ini tugas seorang administrasi keuangan :

1. Membantu perencanaan keuangan

Pertama tugas dari staff administrasi keuangan yang harus dijalankan yaitu membuat perencanaan keuangan. Mulai dari perencanaan peminjaman, pengeluaran, penerimaan hingga pembayaran dana pada perusahaan.

Keberhasilan sebuah perusahaan dapat terlihat dari kemampuan manajemen dalam mengelola dan merencanakan keuangan. Sehingga bisa memanfaatkan peluang secara maksimal dan menghasilkan profit atau keuntungan sesuai yang diharapkan. Merencanakan manajemen keuangan tentu sangat bermanfaat untuk mengarahkan dan mengendalikan aliran kas keuangan suatu perusahaan.

2. Menyusun laporan keuangan

Tugas lain yang tak kalah pentingnya adalah menyusun laporan keuangan. Setiap perusahaan sendiri memiliki aturan tersendiri, seperti penyerahan laporan harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Laporan keuangan ini nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan.

Menurut PSAK No.1 Tahun 2015, Laporan Keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Lebih jelas dalam buku Intermediate Accounting, laporan keuangan didefinisikan sebagai ringkasan suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu tahun buku yang bersangkutan (Baridwan, 2004).

Untuk melihat kondisi keuangan perusahaan, Anda dapat melihat laporan keuangan perusahaan. Terdapat empat jenis laporan keuangan dalam akuntansi, yaitu:

  1. Laba rugi yang mencantumkan transaksi individu dan total uang yang perusahaan peroleh atau uang masuk dan uang yang perusahan kelaurkan.
  2. Laporan perubahan modal yang menampilkan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu.
  3. Neraca yang menyajikan informasi bagaimana posisi keuangan dari perusahaan / entitas pada suatu periode, biasanya dalam satu tahun.
  4. Arus kas yang menampilkan perputaran kas perusahaan, mengenai jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

3. Mengelola uang kas

Selain mempunyai tugas pada pencatatan transaksi di perusahaan, staff administrasi keuangan juga memiliki tugas untuk mengelola uang kas. Mulai dari membuka rekening, menentukan setoran wajib, mengatur kas, menghandle pembayaran atas kewajiban serta pembuatan transaksi kas.

Perusahaan harus mewaspadai soal arus kas ini dan melakukan pengelolaan yang baik pada keuangan perusahaan. Memperhatikan laba rugi dari proses penjualan memang penting, tapi memiliki uang kas yang sehat, jauh lebih penting.

Sebagai salah satu usaha manajemen finansial penyeimbang untuk membuat suatu bisnis masih berjalan . Berikut adalah beberapa tugas dari staff administrasi keuangan sederhana yang bisa dilakukan agar bisa menjaga kas tetap baik.

  1. Mengatur batas pembayaran yang harus diberikan oleh konsumen agar sesuai dengan kewajiban kita membayar kepada kreditur.
  2. Selalu menyediakan cadangan uang kas di rekening bank.
  3. Melakukan tagihan secara teratur dan secepatnya kepada pelanggan.
  4. Mengirimkan email pengingat, jika ada tagihan rekening yang akan atau sudah melewati jatuh tempo.
  5. Memberikan reward atau diskon kepada pelanggan yang bisa membayar lebih cepat.
  6. Melakukan negoisasi pada sebuah investasi untuk bisa terlaksana di waktu yang tepat tanpa menguras ketersediaan uang kas.

4. Mengelola kredit

Kredit ialah suatu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau badan usaha untuk meminjam uang untuk membeli produk dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan. Tagihan yang masuk di perusahaan merupakan juga sudah menjadi tanggung jawab staff administrasi keuangan untuk melakukan pembayaran.

Syarat  dari sebuah kredit terkadang yang kita ketahui bersama bisa menetapkan sebuah periode kredit diberikan dan potongan tunai untuk pelanggan yang melakukan pembayaran lebih awal. Faktor yang memengaruhi syarat kredit adalah sifat ekonomi produk, kondisi penjual dan pembeli, periode kredit, potongan tunai, dan juga tingkat bunga bebas risiko.

5. Mengurus surat berharga

Pengertian Surat Berharga atau commercial paper (negotiable instruments) merupakan sebuah dokumen yang memiliki nilai uang yang diakui dan dilindungi oleh hukum untuk kepentingan transaksi perdagangan, pembayaran, penagihan atau sejenis lainnya.

Surat berharga sering digunakan sebagai alat bayar dalam transaksi perdagangan modern, khususnya di kalangan para pengusaha. Banyak pengusaha yang menggunakan surat berharga sebagai alat bayar transaksi perdagangan karena dianggap lebih aman, praktis, dan memiliki gengsi (prestige) tersendiri.

Dalam manajemen surat berharga ini merupakan salah satu tugas sebagai staff administrasi keuangan. Tanggung jawab administrasi keuangan pada surat berharga ini sebenarnya cukup sederhana, seperti menandatangani cek, mengecek nominal pada cek dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Resume Bahasa Inggris Fresh Graduate Untuk Lamaran Kerja

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang [Penting] Ini 5 Tugas Administrasi Keuangan Perusahaan, dimana Selain tugas-tugas di atas, staff administrasi keuangan juga harus bekerja sama untuk menyusun kebijakan administrasi keuangan dengan bagian lain yang berkaitan langsung dengan visi misi perusahaan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *