5+ Bentuk Konsep Tujuan Desain dan Kemasan Produk

By | April 21, 2019

Fachri Aja, Bentuk Konsep Tujuan Desain dan Kemasan Produk | Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul tujuan desain dan kemasan produk, kami telah mempersiapkan artikel tentang standar tujuan desain dan kemasan produk dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Setelah Anda membuat desain brand yang telah Anda baca pada artikel sebelumnya yaitu cara mendapatkan inspirasi desain. Maka langkah berikutnya adalah dengan membuat desain dan kemasan produk. Mudah-mudahan isi postingan tujuan desain dan kemasan produk yang kami tulis ini dapat Anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Proses Tujuan Desain dan Kemasan Produk Yang Menarik Pelanggan

tujuan desain dan kemasan produk

tujuan desain dan kemasan produk

Tujuan perancangan kemasan ibarat baju bagi produk Anda. Ingat pepatah seperti ini, jangan mengukur baju orang lain dengan badan sendiri. Ini artinya ketika Anda akan membuatkan baju untuk produk anda pertama kali yang anda lakukan adalah kenali karakter produk dan siapa konsumen sasarannya. Coba gali sedalam-dalamnya!.

Kemasan adalah produk desain. Di situ ada yang namanya faktor yang mempengaruhi desain produk , yakni bentuk visual, warna, komposisi, typografi dan lain sebagainya. Keterlibatan Anda sebagai pemilik produk di sini dalam menentukan kemasan yang bagus harus dibatasi. Artinya, disini peran Anda bukan sebagai pemilik produk bisa dengan semena-mena menentukan mana desain kemasan yang bagus dan mana yang jelek.

Serahkan semua itu pada ahlinya yang punya kompetensi untuk itu. Carilah seorang desainer grafis di sekitar Anda. Atau cobalah browsing di internet, ribuan desainer siap memberikan yang terbaik untuk Anda. Penting diingat, kalau Anda punya saudara atau keponakan atawa kenalan yang punya jiwa seni atau bisa menggambar jangan coba-coba minta tolong dibuatkan desain kemasan.

Kenapa begitu? Taruhannya mahal!

Lebih baik Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk seorang desainer kemasan daripada harus membuat desain yang tidak terukur dampaknya terhadap konsumen Anda. Gambar bagus dan indah bukanlah desain yang bagus. Tugas utama desainer kemasan adalah membuat konsumen jatuh cinta pada produk Anda melalui kemasan itu tadi. Bukan Anda sendiri yang jatuh cinta. Berikut ini adalah tahapan desain produk buat Anda untuk membuat desain yang bagus.

tujuan desain dan kemasan produk

tujuan desain dan kemasan produk

1. Ciptakan kemasan produk yang unik dan menarik

Untuk menciptakan kemasan produk yang unik dan menarik, usahakan menciptakan kemasan yang belum dipakai orang lain, sehingga kesan produk yang kalian tawarkan mempunyai kesan ciri khas produk kalian.

2. Sesuaikan gambar desain produk kemasan dengan isi produk

Jika produk kalian tentang snack jagung usahakan desain kemasan ada gambar snack jagung, tapi desain snack jagungnya usahakan semenarik mungkin, seperti mengeditnya menjadi gambar animasi, sehingga ketiga pembeli pertama kali melihat produk kita dia langsung tertarik sama produk kita.

3. Ciptakan kemasan dalam berbagai ukuran

Untuk menjangkau semua pasar seperti kelas menengah, kelas atas, dan kelas bawah, sebisa mungkin membuat kemasan dalam berbagai
ukuran, seperti contohnya produk snack yang kemasannya ada yang ukuran 20 gram, 50 gram 100 gram, sampai 200 gram, sehimgga kita bisa memaksimalkan pasar dari produk yang kita jual.

4. Beri kemasan dengan ikon produk kita

Untuk membuat suatu ciri khas dalam produk kita sebaiknya produk kita mempunyai ikon produk yang kita taru dalam kemasan.Kenapa harus memberi ikon pada kemasan?. Alasannya memberi sebuah identitas pada produk kita, kalian pasti pernah melihat produk operator seluler yang mempunyai ikon produk ciri khas berupa animasi kartun.

Sehingga ketika orang melihat ikon produk animasi itu, mereka akan langsung teringat dengan produk smartfren, itulah guna dari sebuah ikon produk dalam kemasan.

5. Pilih kemasan yang dapat didaur ulang

Untuk bisa meminimalisir pemanasan global, sebaiknya memilih kemasan yang bisa didaur ulang, sehingga saat konsumen membeli produk kita, mereka tidak merasa berdosa karna sudah merusak lingkungan, karna kemasan produk kita bisa didaur ulang, lagi pula ini adalah strategi marketing yang bagus, karna semua orang sudah mulai sadar untuk merawat lingkungan sekitar konsumen.

6. Sesuaikan kemasan dengan karakter konsumen

Bedakan kemasan dengan karakter konsumen, misalnya membuat desain produk sesuai target pasar, seperti contohnya produk snack makanan maka kita membuat kemasan selucu mungkin sehimgga anak-anak tertari membelinya. Jika bisnis anda menjual produk, maka desain kemasan (packaging) adalah hal yang perlu Anda perhatikan lebih jauh.

Anda tidak memiliki sales yang dapat berbicara dengan semua calon pembeli. Ketika calon pembeli Anda berbelanja dan membandingkan produk Anda, saatnya kemasan Anda yang berbicara untuk meyakinkan mereka. Jika Anda dihadapkan dengan 2 produk mie instan dengan harga yang tidak jauh berbeda, Maka Anda secara tidak langsung akan membeli produk yang memiliki kemasan terlihat lebih enak dan menggiurkan.

Desain kemasan berguna untuk mempromosikan fitur produk dan manfaat. Proses desain yang bagus akan menarik minat konsumen. Kebanyakan paket desain berisi rincian pengawet, informasi kesehatan dan tingkat produk. Tujuan dari kemasan perlindungan fisik, perlindungan Barrier, kendali atau aglomerasi, transmisi Informasi, Pemasaran dan Keamanan produk. Dalam dunia
pasar modern dan kompetitif ritel saat ini.

Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama, karena ini adalah brand yang sangat penting, seperti pada iklan televisi kesan pertama begitu menggoda. Sebagus apapun kualitas suatu produk tapi tidak di imbangi dengan desain kemasan yang bagus maka akan tersaingi oleh yang lain atau kalah di pasaran.

Baca Juga: Menghasilkan Ide Usaha

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Bentuk Konsep Tujuan Desain dan Kemasan Produk, dimana desain kemasan harus kesan pertama yang kreatif dan mengesankan, dengan desain khusus yang akan menangkap perhatian orang awam. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *