5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

By | November 29, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu | Apakah Anda tahu tentang tujuan magang?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang manfaat dan tujuan magang. Jika Anda masih belum mengetahui apa tujuan kamu magang. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai tujuan magang secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Fresh Graduate atau Mahasiswa

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

Beberapa universitas mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan maagang selama beberapa bulan. Meskipun banyak mahasiswa sering mengeluh karena harus bekerja tanpa digaji, namun magang penting dilakukan. Jangan pernah percaya dengan orang-orang yang bilang ke Anda jika magang itu hanya menghabiskan waktu dan tidak ada gunanya.

Magang justru penting banget buat mahasiswa. Beberapa perusahaan bahkan masih menawarkan kesempatan ini buat para lulusan baru. Pengen tahu kenapa magang penting? Yuk, simak ulasannya.

1. Manfaatnya mempunyai peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai pegawai

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

Jika Anda mengincar posisi di kantor idaman yang sulit didapatkan karena tingginya kualifikasi calon pegawai. Anda bisa mencoba ajukan diri dengan melamar secara magang terlebih dahulu. Jika Anda sudah diterima magang di perusahaan tersebut, tunjukkan performa yang sangat baik kepada partner kerja Anda.

Bukanlah hal yang tidak mungkin bila akhirnya Anda ditawari posisi untuk menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut karena jika perusahaan tersebut membutuhkan pegawai baru, perusahaan akan lebih memprioritaskan untuk memilih Anda dengan hasil kerja yang sudah teruji.

Jadi, HRD biasanya cenderung memilih kandidat dengan pengalaman yang relevan. Jika sudah punya pengalaman magang tentu punya peluang lebih besar untuk diterima di pekerjaan full time setelah Anda lulus kuliah.

2. Manfaat menambah relasi

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

Alasan lain untuk meluangkan waktu setelah lulus kuliah dengan magang alasannya agar dapat membangun relasi. Terlebih lagi kesempatan untuk dapat berkenalan dengan partner kerja yang memiliki jabatan atau posisi tinggi di kantor. Semakin banyak teman Anda selama magang, besar pula kemungkinan untuk mendapat kesempatan mendapat pekerjaan lain

Apabila partner kerja Anda mengetahui performa bagus Anda selama magang. Dengan kata lain, menjalin pertemanan dengan partner kerja Anda dapat membuka pintu rezeki yang mungkin saja tidak pernah Anda kira. Memperbesar lingkup pertemanan tidak pernah menjadi sesuatu yang salah, maka dari itu penting halnya untuk membangun relasi yang baik. Jangan lupa perluas relasi demi mendapatkan manfaat magang yang besar, ya.

Jadi, dengan magang Anda bisa menemui banyak orang baru. Itulah kesempatan yang baik untuk menambah jaringan. Dengan demikian Anda punya koneksi yang lebih banyak untuk dimintai bantuan ketika nantinya membutuhkan pekerjaan.

3. Menguasai keterampilan baru

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

Pekerjaan selama magang bukan hanya fotokopi dokumen atau

membuat kopi di pantry. Bahkan, dengan status Anda jika sudah lulus kuliah. Besar kemungkinan Anda dapat mendapat pekerjaan yang kurang lebih sama dengan karyawan tetap lainnya meskipun dengan porsi berbeda.

Nantinya, kegiatan ini akan meningkatkan value Anda. Sebab dengan mengawali karir lewat magang, Anda dapat mengetahui situasi bekerja, memahami alur pekerjaan, dan memahami cara komunikasi di dunia pekerjaan. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas Anda sebagai seorang fresh graduate dan mempermudah Anda dalam bekerja di kantor selanjutnya.

Pengetahuan seputar hal ini tak akan Anda dapatkan jika Anda tidak mencoba tawaran magang. Apalagi sekarang banyak sekali tawaran magang untuk fresh graduate. Ketika magang nanti, pastinya ada banyak hal yang jadi tanggung jawab Anda. Inilah kesempatan yang tepat untuk belajar keterampilan baru agar Anda nantinya bisa menjadi tenaga profesional yang jauh lebih baik dibandingkan calon pelamar yang lain.

4. Manfaatnya bisa memenuhi surat lamaran kerja

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

Dalam merekrut calon pegawai, tak jarang human resources menanyakan apakah Anda sudah memiliki pengalaman kerja. Poin ini tentu tidak dapat Anda miliki jika selama kuliah Anda tidak pernah magang atau bekerja. Oleh karena itu, magang setelah lulus kuliah dapat menjadi alternatif untuk mengisi kolom pengalaman kerja di CV Anda.

Seperti yang sudah disebutkan, magang termasuk salah satu aktivitas yang dihargai oleh perusahaan bagi pelamar kerja. Jika Anda mencantumkan aktivitas magang yang dilakukannya, tentu Anda mendapatkan nilai plus dari situ.

Meskipun bukan menjadi pegawai tetap, tim HRD akan mengapresiasi usaha Anda untuk belajar dan Anda sudah dapat dipastikan telah memahami seperti apa suasana bekerja khususnya dalam bidang yang Anda pelajari.

Pernah magang artinya Anda sudah memiliki gambaran mengenai pekerjaan tersebut, ini lebih baik dibanding sama sekali tidak mengetahui apa-apa karena belum pernah praktik. Anda tentu tidak mau melewatkan manfaat magang yang satu ini,  pastinya kan?

5. Manfaatnya mengetahui ketidaksesuaian antara teori dan praktek

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu

Banyak diantara mahasiswa yang menjalani proses magang mengalami keanehan dan bahkan kekesalan karena tidak sesuainya teori yang diajarkan dengan praktek yang terjadi. Hal ini terjadi semata-mata bukan karena teorinya yang salah, tapi karena perubahan jaman membawa nuansa baru juga pada budaya dan cara bekerja di sebuah perusahaan.

Nah, hal inilah yang wajib Anda pelajari di proses magang, karena hal ini pun tidak Anda dapatkan di bangku kuliah. Mengapa ini penting?. Untuk Anda belajar tentang fleksibilitas dan bagaimana nantinya Anda mengatur diri setelah masuk dunia kerja. Pengalaman ini pun mahal didapatkan.

Baca Juga: 5 Penampilan Tips Interview User Untuk Fresh Graduate

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Alasan Maksud dan Tujuan Magang Untuk Kamu, dimana Anda telah mengetahui harapan magang di perusahaan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *