8 Pekerjaan Lulusan SMA IPS Dengan Gaji Tinggi

By | Juni 9, 2019

Fachri Aja, Ini 8 Pekerjaan Lulusan SMA IPS Dengan Gaji Tinggi | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar pekerjaan lulusan SMA IPS dengan gaji tinggi. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang pekerjaan lulusan SMA IPS dengan gaji tinggi menjanjikan.  kali ini kami memiliki beberapa rekomendasi jenis pekerjaan yang cocok bagi Anda lulusan SMA yang ingin segera bekerja. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai pekerjaan lulusan SMA IPS dengan gaji tinggi secara lengkap dibawah ini.

Cara Membuat CV lulusan SMA Yang Menarik

Mengapa pembuatan CV haruslah menarik?. Alasannya simpel, karena CV yang menarik tentunya akan membuat perusahaan yang Anda lamar tertarik dan memberikan kesan yang baik pada Anda sebagai kandidat selain surat lamaran kerja.

Maka dari itu, bisa jadi Anda akan dipanggil ke tahap-tahap seleksi berikutnya seperti ke tahap wawancara dan membuat Anda lebih dekat lagi untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

1. Wajib menggunakan kata kerja aktif. Hindari membuat CV menggunakan kalimat pasif.
2. Tambahkan dan isi keterangan yang menonjolkan kemampuan Anda.
3. Wajib menggunakan tata bahasa dan tanda baca yang benar.
4. Buat CV yang baik dan benar dengan sederhana tapi tetap menarik.
5. Jangan lupa untuk memasarkan diri sendiri.

Contoh CV Lulusan SMA

Banyak yang masih mencari contoh curriculum vitae yang terkadang masih ada juga yang bingung saat harus membuat CV yang baik dan benar. Diantara beberapa orang tidak mengerti apa yang harus ditulis dalam CV lamaran kerja. Pada dasarnya contoh CV lamaran kerja adalah kumpulan data tetnag informasi profil diri Anda, baik informasi pribadi, pendidikan, skill, pengalaman kerja, dan masih banyak lainnya.

Data Pribadi

Nama : Fajar Sodikin
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Madiun, 24 Juli 1995
Agama : Islam
Status Perkawinan : Belum Menikah
Alamat : Manukan Lor no 8 Surabaya
Telpon HP : 08123144687
Email : fajarsodikin@gmail.com
Pendidikan Terakhir : SMA

Riwayat Pendidikan

Formal

SMAN 12 Surabaya 2009-2011
SMPN 20 Surabaya 2007-2009
SDN Manukan Wetan 2000-2006

Non Formal

Kursus Bahasa Inggris November-Desember 2010
Kursus Bahasa Mandarin Februari-Juni 2011

Kemampuan dan Keterampilan

Mengoperasikan Komputer Baik
Menguasai Microsoft Word dan Excel Baik
Berkomunikasi dalam bahasa Inggris Baik

Pengalaman Organisasi

Karya Ilmiah Remaja (KIR), Sebagai Ketua SMA Langit Biru 2009 – 2010
Ketua OSIS SMAN 12 Surabaya SMAN 12 Surabaya 2010-2011

Demikian curriculum vitae ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Contoh Deskripsi Diri Daftar Riwayat Hidup SMA

Meskipun hanya lulusan SMA, ada banyak hal positif yang bisa dimuat dalam deskripsi diri CV. Jika Anda lulusan SMA yang baru cari kerja dan bingung bagaimana cara menulis deskripsi diri CV yang baik dan benar untuk melamar kerja, simak contoh deskripsi diri CV untuk lulusan SMA di bawah ini.

Saya merupakan seorang individu yang terbiasa bersosialisasi, bertemu serta berkerja sama dengan orang baru itu hal biasa bagi saya. Hal menarik dari diri saya adalah sangat dikenal sebagai seorang pendengar yang baik untuk setiap orang yang ada di sekeliling saya.

Saya merupakan orang yang dapat mengambil keputusan yang tepat bahkan saat dalam tekanan. Semua pekerjaan yang di serahkan pada saya, pasti akan selalu saya kerjakan dengan detail dan selesai tepat waktu.

Saya adalah individu yang kreatif. Saya sangat menyukai berbagai solusi dari berbagai permasalahan yang ada serta bersikap terbuka tentang semua kemungkinan solusi yang terbaik. Kreatifitas yang saya miliki, dapat di pastikan bisa membantu dalam menjadi seorang leader yang baik.

Contoh CV Resume Lulusan SMA Fresh Graduate

Resume kerja merupakan aspek penting dan salah satu dokumen pertama yang Anda berikan pada halaman pertama sebagai bahan pertimbangan oleh pihak HRD (Human Resources Department/ Bagian Sumber Daya Manusia). Resume harus dibuat sebaik-baiknya dan menunjukkan benar informasi dan kualifikasi Anda sebagai kandidat.

Kepada Yth,
Manajer Personalia PT. Maju Usaha Makmur Jaya
di Tempat

Hal     : Surat Lamaran Kerja
Lamp : –

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                : Fajar Sodikin
Jenis kelamin                 : Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir : Madiun, 24 Juli 1995
Pendidikan                      : SMA
Agama                              : Islam

Sehubungan dengan informasi dibukanya lowongan pekerjaan di PT. Maju Usaha Makmur Jaya untuk ditempatkan dibagian sales marketing, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran .

Sebagai bahan pertimbangan untuk melengkapi persyaratan lamaran, berikut saya lampirkan beberapa dokumen foto copy seperti disebutkan dibawah ini, berupa :

  1. Foto copy ijazah terakhir
  2. Foto copy KTP
  3. Foto copy SKCK
  4. Curriculum Vitae
  5. Pas foto 4×6 berwarna sebanyak 2 lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya sesuai kondisi saya saat ini. Semoga Bapak/Ibu Berkenan untuk mempertimbangkannya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimakasih.

Surabaya, 8 Agustus 2021
Hormat saya,

Fajar Sodikin

Pekerjaan Lulusan SMA IPS Dengan Gaji Tinggi Yang Menjanjikan

 

Ini 8 Pekerjaan Lulusan SMA IPS Dengan Gaji Tinggi

Ini 8 Pekerjaan Lulusan SMA IPS Dengan Gaji Tinggi

Setelah Anda mempelajari tips membuat CV dan resume diatas. Dan khususnya bagi Anda yang telah selesai melakukan ujian nasional. Cita-cita yang cocok untuk jurusan ips Setelah lulus apa ?. Pilihannya adalah langsung bekerja atau melanjutkan kuliah. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan lulusan SMA mempunyai cita-cita tertentu, melanjutkan kuliah adalah pilihan terbaik.

Tetapi, bagi Anda yang ingin segera mencari nafkah pun tidak menjadi persoalan. Yang menjadi masalah adalah seringkali para fresh graduate SMA merasa bingung dengan kemampuan mereka dan bingung menentukan pekerjaan apa yang akan mereka lamar.

1. Kerja customer service

Profesi di atas adalah pekerjaan yang paling banyak dicari oleh para lulusan baru. Bukan hanya lulusan SMA saja. Namun, lulusan akademi atau perguruan tinggi juga banyak yang memilih untuk melamar pekerjaan serupa. Customer service bisa kerja di bank yang bertugas sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan atau customer.

Seorang customer service harus tahan menghadapi berbagai keluhan pelanggan dan harus mampu menjelaskan penyelesaian masalah yang dihadapi hingga pelanggan tersebut mengerti. Selain itu, customer service juga biasanya berfungsi sebagai penerima tamu dan komunikator serta bertugas menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

2. Kerja sales marketing

Banyak orang yang beranggapan bahwa profesi sales marketing adalah pekerjaan yang cukup berat dijalankan dengan gaji yang tidak menentu karena bergantung pada target yang dicapai. Pendapat demikian tidak salah, tapi, jika Anda bisa berkomunikasi dan berbakat memengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk.

Maka, menjadi sales marketing tentu merupakan pilihan yang menarik. Karena, biasanya, seorang sales marketing berpeluang untuk mendapatkan komisi penjualan yang tidak terbatas. Anda hanya perlu memahami seluk-beluk produk yang dijual serta pintar membujuk calon pembeli.

Bayangkan saja, jika Anda menjadi sales properti atau otomotif, mendapatkan keuntungan sebanyak 1 persen saja dari setiap produk yang berhasil dijual. Sungguh benar benar menggiurkan bukan ?.

3. Kerja operator produksi

Jika Anda adalah lulusan SMA, Anda bisa bekerja sebagai operator produksi di berbagai bidang industri yang luas. Anda bisa bekerja di pabrik pembuatan komponen otomotif, makanan, farmasi, semen, pupuk, kayu, dan lain-lain. Meski banyak tenaga manusia yang saat ini sudah digantikan dengan mesin-mesin canggih.

Namun, hampir semua pabrik tentu masih membutuhkan tenaga manusia. Pekerjaan ini biasanya membutuhkan seseorang yang cekatan, teliti dan tekun. Sebagai operator produksi, Anda dituntut untuk tidak mudah merasa bosan karena setiap hari Anda akan mengerjakan hal yang itu-itu saja.

4. Kerja tenaga data entry

Pekerjaan selanjutnya yang cocok untuk lulusan SMA adalah tenaga data entry. Banyak perusahaan yang masih spesifik membutuhkan profesi ini untuk mengurus berbagai data yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang memiliki ketelitian tinggi.

5. Prospek kerja anak buah kapal (ABK)

standar gaji lulusan SMA

standar gaji lulusan SMA

Kebanyakan Anak Buah Kapal adalah lulusan SMA yang kemudian ikut pelatihan kerja sebagai ABK. Berbagai posisi ditawarkan untuk bekerja di atas kapal, dari mulai koki, waiter, teknisi, dan tenaga kebersihan. Profesi ini bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan.

Namun gaji yang akan didapatkan juga lumayan tinggi, mengingat kapal pesiar yang mempekerjakan ABK lingkupnya sudah luar negeri. Belum lagi, Anda juga akan mendapat tunjangan-tunjangan lain di luar gaji pokok. Tidak heran, mereka yang bekerja sebagai ABK dapat memiliki harta yang tergolong mewah sepulangnya ke tanah air.

6. Pilot dan pramugari

Pekerjaan keren ini yang banyak disalahpahami banyak orang. Anda tidak perlu lulus kuliah untuk memperoleh lisensi menjalankan kereta, menerbangkan pesawat atau menjadi seorang pramugari. Anda hanya perlu menjalani pelatihan di sekolah-sekolah yang ditentukan perusahaan jika lamaran Anda sudah diterima.

Jika sudah lulus menjadi pilot atau pramugari, semakin tinggi jam terbang Anda maka gaji Anda juga akan semakin tinggi. Khusus pilot dan pramugari, mereka diharuskan mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan serta memahami aturan penerbangan dengan baik.

7. Prospek kerja petugas instalasi listrik

Penggunaan listrik yang semakin meningkat di masyarakat membuat semakin banyak pula kabel-kabel yang perlu dipasang dan diperbaiki. Menjadi petugas instalasi listrik menjadi pilihan yang menarik bagi lulusan SMA, terlebih bagi mereka yang lulus dari bidang elektronika.

Pekerjaan ini lebih cocok dilakukan oleh laki-laki karena sifat pekerjaannya yang membutuhkan keterampilan fisik dan berisiko cukup tinggi. Oleh karena itu resikonya yang cukup tinggi, biasanya sebelum Anda terjun ke lapangan, Anda akan diberikan pelatihan kerja. Walaupun memakan waktu yang cukup lama, semua akan terbayar dengan gaji tinggi yang ditawarkan kemudian.

8. Menjadi pengusaha

Bisnis yang cocok untuk lulusan SMA dapat menjadi pilihan karier yang menarik jika Anda merasa mempunyai bakat untuk berbisnis. Anda tidak perlu lulus kuliah untuk menjadi pengusaha. Bahkan seorang lulusan SMP bisa sukses menjalankan usahanya asal giat, sabar dan tidak mudah menyerah.

Menjadi pengusaha tentu Anda akan lebih banyak menghadapi tantangan. Tapi, hal itu semua akan sebanding dengan hasil yang didapatkan ketika bisnis Anda berkembang dengan baik. Selain itu, menjadi pengusaha berarti Anda tidak harus terikat aturan seperti seorang pekerja karena Anda adalah bosnya.

Baca Juga: Ini 15 Jurusan SMK Yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Ini 8 Pekerjaan Lulusan SMA IPS Dengan Gaji Tinggi, dimana Bagaimana informasi yang kami berikan kali ini, menarik, bukan? Meski lulusan SMA, Anda tidak perlu merasa kalah. Apabila Anda ingin menambah skill untuk bekerja. Saat ini ada banyak pelatihan untuk lulusan SMA. Oleh karena itu Anda tidak perlu minder dari mereka yang mampu melanjutkan kuliah dan lulus sarjana. Dengan tekad dan kemauan yang kuat, Anda juga bisa mendapatkan karier yang baik dan gaji yang sesuai. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

 

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *