5 Hal Penting Contoh CV Sederhana

By | Februari 3, 2019

Fachri Aja, 5 Hal Penting Contoh CV Sederhana | Apakah anda tahu tentang contoh CV sederhana?, Jika anda belum tahu beruntung sekali anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang contoh cv sederhana fresh graduate. Jangan anggap remeh, contoh CV mahasiswa ini seringkali dijadikan syarat melamar pekerjaan yang diterapkan oleh perusahaan. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai contoh CV sederhana secara jelas dan lengkap dibawah ini.

contoh cv sederhana untuk pemula

contoh cv sederhana untuk pemula

Ketahui Format Daftar Riwayat Hidup Anda

Salah satu senjata yang wajib ada untuk melamar suatu pekerjaan di manapun berada tentunya adalah Curriculum Vitae atau yang juga sering disebut dengan Daftar Riwayat Hidup. Daftar riwayat hidup atau disebut biasanya Curriculum vitae adalah contoh daftar riwayat hidup atau dokumen yang ditambahkan ke dalam deskripsi mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di lebih dari satu negara, suatu contoh daftar riwayat hidup umumnya merupakan hal utama yang dijumpai seorang manajer personalia tentang sesuatu yang potensial mengenai pencari kerja, umumnya dilanjutkan dengan wawancara.

Simak Juga: contoh cv lewat email

Meskipun dalam pembuatanya tidak sulit, namun bila melewatkan beberapa poin penting tersebut maka akan fatal akibatnya, masih bingung dan pastinya butuh sebuah contoh daftar riwayat hidup sehingga mampu dipahami dengan baik. Buatlah cara membuat cv untuk pemula secara professional, rapi, dan jujur yang menjelaskan riwayat diri kita secara jelas. Karena riwayat hidup yang kita bikin lumayan mempengaruhi diterima atau tidaknya kita di perusahaan yang dilamar. Nah, sehingga tidak kebingungan di dalam membawa dampak contoh daftar riwayat hidup. Untuk membuat format daftar riwayat hidup yang baik dan benar perlu beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Identitas diri

Biasanya Daftar Riwayat Hidup tersebut seputar nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, dan beberapa hal lain yang bersifat pribadi. Isi didalam identitas diri riwayat hidup juga beragam, ada yang menuliskan identintas diri dengan disetiap bagian dengan detail, ada yang menulis informasi pribadi dengan singkat, padat dan jelas, ada juga yang menulis identitas diri riwayat hidup tanpa pengalaman kerja karena pelamar adalah fresh graduate.

2. Riwayat pendidikan

Wajib buat kamu sebutkan riwayat pendidikan mulai dari Pendidikan Formal hingga Pendidikan Non-formal. Riwayat pendidikan ini biasanya diisi dengan mencatumkan riwayat pendidikan yang pernah ditempuh. Urut mulai dari awal hingga pendidikan terakhir.

3. Pengalaman kerja

Jika Anda sudah pernah bekerja sebelumnya, sangat disarankan untuk mencantumkan riwayat pekerjaan pada isi daftar riwayat hidup. HRD biasanya tertarik lebih memilih calon karyawan yang lebih berpengalaman. Pengalaman kerja di isi apabila si pelamar pernah bekerja sebelumnya.

4. Pengalaman organisasi

Seorang HRD biasanya juga akan melihat pengalaman organisasi calon karyawan. Selain itu, hobi juga bisa digunakan untuk menilai kepribadian Anda. Namun, apabila si pelamar belum pernah bekerja sama sekali, seperti yang ada pada kasus fresh graduate, biasanya pengalaman kerja diganti dan diisi dengan pengalaman organisasi.

5. Keahlian khusus

Biasanya keahlian khusus ini menjadi salah satu hal yang nantinya akan dipertimbangkan oleh HRD perusahaan sebelum akhirnya merekrut si pelamar tersebut. Keahlian khusus yang Anda miliki akan sangat penting. Tentu Anda mempunyai skill yang relevan dengan posisi yang dilamar. Berikut adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa dijadikan referensi:

 

Daftar Riwayat Hidup

DATA PRIBADI

  1. Nama Lengkap : Anang Ridwan Hermansyah
  2. Tempat & tanggal lahir : Magelang, 23 Mei 1991
  3. Alamat : Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  4. Jenis Kelamin : Laki-laki
  5. Status Perkawinan : Menikah
  6. Agama : Islam
  7. No Telp : 08111111111251
  8. Email : anangridwan221@gmail.com

Pendidikan Formal:

  1. 1996 – 2002                             : SDN Magelang 12
  2. 2005 – 2005                            : SMPN Magelang 12
  3. 2005 – 2008                            : SMAN Magelang 20
  4. 2008 – 2013                             : UIN Magelang

Pendidikan Informal:

2015                                            : Kursus Membatik

2015                                            : Kursus Menulis

2017                                            : Kursus Kebangsaan

Pengalaman Kerja:

2015-2016                                 : Bekerja Di Sales marketing di PT Suka Kaya

 

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan cukup singkat dan apa adanya sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan daftar riwayat hidup ini adalah sebagai data tambahan untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Magelang, 25 Desember 2018

 

Anang Ridwan

Baca Juga: contoh CV mahasiswa yang masih kuliah

Penutup

Itu dia tadi contoh surat lamaran kerja untuk beragam kepentingan yang sanggup Anda tiru dan Anda jadikan acuan saat akan melamar kerja ke perusahaan atau instansi lainnya. Di jaman yang telah modern ini, sesungguhnya alangkah lebih baiknya kalau Anda membuat CV dengan menggunakan contoh cv sederhana word atau microsoft word agar lebih dimanfaatkan ulang untuk menambah keefektifan di dalam proses pencarian kerja.

contoh cv fresh graduate tentunya banyak dicari. CV sesungguhnya salah satu dokumen yang paling vital waktu akan mencari pekerjaan. CV pada dasarnya adalah daftar riwayat hidup. Dokumen ini kerap pula disebut dengan resume. Mengapa pembuatan CV wajib diperhatikan? Jawabannya simpel, gara-gara CV lamaran kerja yang menarik tentunya akan membuat perusahaan yang anda lamar tertarik dan menambahkan kesan yang baik padamu sebagai pelamar. Alhasil, anda akan dipanggil ke tahap-tahap seleksi selanjutnya layaknya ke bagian wawancara dan membuatmu lebih dekat satu langkah untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan tersebut.

 

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *