5 Tips Resign Kerja Yang Baik dan Masuk Akal

By | November 14, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 5 Tips Resign Kerja Yang Baik dan Masuk Akal | Apakah Anda tahu tentang tips resign kerja yang baik?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang alasan kuat masuk akal dan tips resign kerja yang baik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Anda sudah tidak bergairah bekerja di perusahaan Anda sekarang. Bisa jadi resign jalan terbaik untuk Anda. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai tips resign kerja yang baik secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Tips Resign Kerja Yang Baik Saat Mendadak Secara Profesional

Tips Resign Kerja Yang Baik

Tips Resign Kerja Yang Baik

Bagaimana tips resign kerja yang baik agar tetap terlihat profesional dalam dunia kerja? Seperti yang Anda ketahui untuk mendapat alasan keluar kerja yang logis dari pekerjaan yang satu dan berpindah pada pekerjaan lainnya tentu Anda harus melakukan pengajuan resign terlebih dahulu dari pekerjaan sebelumnya.

Namun seringnya para karyawan kurang mendapatkan alasan kuat untuk resign dengan cara yang tidak tepat, sehingga memberikan kesan yang kurang baik dan bahkan terlihat tidak profesional. Lantas bagaimana cara untuk mengajukan resign dengan tepat dan memberikan kesan yang jauh lebih baik? Simaklah penjelasannya di bagian bawah ini:

1. Mengetahui prosedur resign perusahaan dengan tepat

Mengetahui prosedur resign perusahaan dengan tepat sejatinya setiap perusahaan memiliki prosedur yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada perusahaan yang memberlakukan resign dengan waktu pemberitahuan selama 1 bulan sebelumnya. Hingga karyawan tersebut benar-benar keluar dari perusahaan dan ada pula yang memberlakukan prosedur resign dalam waktu cepat.

Karena itulah pastikan etika mengundurkan diri dalam bekerja dengan mengikuti setiap prosedur yang dimiliki perusahaan. sehingga proses resign yang Anda lakukan pun tidak akan menimbulkan masalah dan tentunya dapat memberikan kesan yang baik.

2. Ketahui cara menulis surat resign

Ketahui cara menulis surat resign atau surat pengunduran diri dikenal sebagai salah satu standar dari proses pengunduran diri yang tengah Anda lakukan. Karena itulah ketika Anda melakukan pengunduran diri, maka pastikanlah

untuk membuat surat pengunduran diri dengan baik dan benar.

Dalam surat keterangan pengunduran diri tersebut, Anda tidak perlu memberikan beragam bentuk penjelasan secara panjang lebar. Namun pastikanlah untuk membuat surat yang singkat dengan uraian yang tepat, seperti berisi tanggal efektif Anda mulai keluar dari perusahaan, perihal kontrak kerja dan beberapa point penting lainnya.

3. Perhatikan alasan kuat untuk resign

Perhatikan alasan kuat untuk resign ketika membuat surat pengunduran diri. Biasanya karyawan resign karena beban kerja. Namun ada baiknya bagi Anda untuk lebih memperhatikan alasan resign yang dibuat tersebut. Karena itulah, pastikan untuk membuat alasan resign yang baik dan tidak menimbulkan kesan negatif. Pasalnya ketika Anda hendak beralih pada perusahaan baru, umumnya pihak perusahaan baru tersebut pun akan mencari tahu mengenai track record dari pekerjaan yang Anda miliki sebelumnya.

4. Sebelum membuat surat resign cek kelengkapan diri Anda

Sebelum membuat surat resign cek kelengkapan diri Anda disaat mengundurkan diri. Ada beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan. Seperti halnya pengurusan dari surat keterangan kerja, tunjangan, asuransi dan lainnya. Dalam hal persiapan sebelum resign, Anda dapat mengajukan pertanyaan terkait beberapa hal tersebut pada pihak HR. Sementara itu, pastikan pula Anda membereskan meja kerja yang biasa Anda gunakan hingga benar-benar bersih dan tidak ada barang Anda yang tertinggal padanya.

5. Tetap menjaga hubungan dengan baik

Tetap menjaga hubungan dengan baik dengan rekan kerja ataupun atasan. Berbeda halnya dengan cuti, ketika. Anda mengundurkan diri dari suatu perusahaan tentunya Anda pun tidak akan bertemu kembali dengan teman-teman atau bahkan rekan kerja yang Anda miliki di perusahaan tersebut. Meski demikian, ada baiknya bagi Anda untuk tetap menciptakan suasana dan hubungan kerja yang baik. Seperti halnya tetap saling berkomunikasi meskipun komunikasi yang dilakukan tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Wajib Anda Ketahui Modus Penipuan Lowongan Kerja

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Tips Resign Kerja Yang Baik dan Masuk Akal, dimana sekiranya tips tepat yang dapat Anda lakukan untuk mengajukan diri dengan cara yang benar dan profesional. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *