Keterampilan Bahasa Yang Dikuasi Dalam CV

By | Februari 25, 2019

Fachri Aja, Keterampilan Bahasa Yang Dikuasi Dalam CV | Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul bahasa yang dikuasai dalam CV, kami telah mempersiapkan artikel tentang skill bahasa yang dikuasai dalam CV dengan baik untuk Anda baca dan ambil informasi didalamnya. Di jaman era modern sekarang ini tidak hanya perusahaan lokal saja yang orang-orang cari untuk melamar pekerjaan, namun banyak juga perusahaan asing yang juga membuka lowongan pekerjaan. Mudah-mudahan isi postingan keterampilan bahasa yang dikuasai dalam CV yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Bahasa Yang Dikuasi Dalam CV

Bahasa Yang Dikuasi Dalam CV Fresh Graduate

Skill Bahasa Yang Dikuasi Dalam CV

Kesanggupan dalam berbahasa atau bisa mempelajari tipe bahasa yang mungkin lebih dari 1 bahasa seperti bahasa Inggris, Jepang, Perancis, Spanyol, dan bahasa lainnya. Ada sebagian perusahaan yang lebih spesifik mencari kandidat yang menguasai bahasa tertentu seperti pada posisi Interpreter untuk Indonesia dan Jepang seumpama.

Simak Juga: 3 Cara Membuat CV Untuk Pemula

Keterangan bahasa didalam berikutnya yang dapat ditulis di dalam CV menjadi penting karena menambahkan keterampilan yang dimiliki serta HRD akan melihat seberapa besar nilai bahasa asing yang dibatasi oleh si pelamar. Di komponen ini Anda dapat menjelaskan sejauh mana Anda menguasai bahasa asing.

1. Skill Dalam CV Bahasa Inggris

a. Bahasa Yang Paling Banyak Digunakan di Seluruh Dunia

Mungkin Anda sadar bahwa tiap Anda membeli handphone baru, laptop baru atau sekadar membuka aplikasi atau situs tertentu di dunia online, hampir seluruhnya memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris menjadi bahasa ‘default’ di segala aspek di kehidupan kita.

Dimanapun sekarang, dalam sisi pengajaran bahkan, telah banyak kelas atau sekolah yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa sehari-hari di sekolah. Itulah sebabnya mengapa bahasa Inggris disebut sebagai bahasa yang paling tak jarang diaplikasikan di segala dunia.

b. Meningkatkan Nilai Tambah 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling kerap kali diaplikasikan atau paling lazim diaplikasikan di semua dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang diterapkan dalam sains, penerbangan, komputer, diplomasi dan pariwisata. Bukan hanya terbatas untuk sektor-sektor tersebut, bahasa Inggris juga digunakan untuk sektor lainnya.

Banyaknya sektor yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar membuat bahasa ini menjadi bahasa yang penting dalam segala aspek. Dengan mengetahui dan menguasai bahasa Inggris, akan meningkatkan value atau poin dalam diri Anda terutamanya ketika melanjutkan studi ke luar negeri dan mencari pekerjaan.

Kesempatan bahasa Inggris juga meningkatkan kesempatan untuk menerima pekerjaan yang bagus di perusahaan multi nasional di Negara Anda atau memperoleh profesi di luar negeri.

2. Keterampilan Yang Dimiliki Adalah Bahasa Mandarin

a. Sebaga Bahasa Berbisnis

Di era jaman now yang serba lintas negara ini menjadikan barang-barang asal Tiongkok tak hanya dipasarkan di Tiongkok, namun juga di import keluar. Begitupun sebaliknya. Kesempatan ini tentu membikin banyak pebisnis berminat untuk menjalin kerja sama dengan Tiongkok.

Mereka bahkan rela untuk datang segera ke Tiongkok untuk mencari peluang usaha, utamanya dalam kegiatan ekspor dan impor barang. Profesi ini tentu akan menguntungkan sekiranya pebisnis juga bisa berbahasa lokal setempat, bahasa Mandarin.

b. Peluang Pekerjaan Semakin Banyak

Di jaman globalisasi ini, banyak perusahaan dengan sektor yang bermacam-macam yang memberikan kualifikasi “mampu berbahasa Mandarin” sebagai salah satu persyaratan dalam melamar pekerjaan. Ini karena Tiongkok ialah negara yang mempunyai kedudukan yang penting dalam sektor ekonomi dan bisnis dunia.

Bahasa Mandarin digunakan di berbagai banyak proyek yang dikerjakan dengan menggunakan bahasa Mandarin. Banyak perusahaan yang minta tahapan/nilai HSK – Hanyu Shuiping Kaoshi, merupakan hasil dari ujian bahasa Mandarin (mirip TOEFL untuk Inggris).

Dengan memasukkan sertifikat jenjang HSK ini ke dalam CV, maka kans untuk menerima pekerjaan hal yang demikian akan menjadi semakin besar.

Percayalah bahwa bahasa Mandarin itu menarik. Profesi orang menganggap Bahasa Mandarin itu susah. Kesempatan ini ‘mungkin’ disebabkan sebab goresan2 hurufnya (hanzi) lebih banyak dibanding karakter huruf Jepang atau Korea. Apalagi dari sisi intonasinya (pengucapan) saja, yang berbeda sedikit saja dapat beda arti.

3. Skill Bahasa Jepang Fresh Graduate

a. Sebagai negara paling maju di benua Asia
Manfaat Bahasa Jepang juga sangat terasa di dunia kerja. Kendati Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang harus dikuasai, perkembangan teknologi di era globalisasi mendorong bahasa-bahasa dari negara maju lain untuk patut dipelajari. Salah satunya Jepang yang dikenal sebagai salah satu negara paling maju di Asia maupun dunia.

Banyak perusahaan yang menjadikan kemampuan berbahasa asing sebagai nilai plus dari para calon pelamar. Menguasai Bahasa Inggris memang dapat membuka kesempatan kerja lebih banyak, tetapi dengan tambahan Bahasa Jepang, area kerja Anda akan makin luas.

b.Pekerjaan yang mengandalkan kemampuan Bahasa Jepang sebagai skill utama

  •  Translator, interpreter bahasa Jepang di perusahaan nasional dan internasional.
  • Sebagai pendidik/pengajar bahasa Jepang di lembaga/institusi pendidikan.
  • Bekerja sebagai staf di Konsulat atau Kedutaan besar Jepang.
  • Departemen Luar Negeri.
  • Diplomat untuk negara Jepang.
  • Peneliti Sastra & Budaya Jepang
  • Tour Guide bagi wisatawan asing, terutama wisatawan asal Jepang.

Ada yang bekerja di Bank, perusahaan Asuransi karena sistem penerimaan menerima semua jurusan. Itu sih tergantung orang nya, tiap orang kan punya jalan hidup masing-masing. Tapi alangkah baiknya lagi jika kita bisa bekerja dipekerjaan yang berada di jalur keilmuan kita. Paling tidak bekerja diperusahaan Jepang.

Baca Juga: Contoh CV Bahasa Inggris Menarik

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Keterampilan Bahasa Yang Dikuasi Dalam CV, dimana pentingnya belajar bahasa asing, ternyata banyak manfaatnya buat kita. So, mulai sekarang jangan malas buat belajar bahasa baru ya. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: Fachri

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *