5 Alasan Kenapa Gaji PNS Kecil Tapi Banyak Peminat

By | Desember 6, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 5 Alasan Kenapa Gaji PNS Kecil Tapi Banyak Peminat | Apakah Anda tahu tentang kenapa gajji PNS kecil tapi banyak peminatnya?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang gajji PNS kecil bisa sesuai umr atau dibawahnya. Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang Kesalahan Dalam Membuat CV. Banyak yang beranggapan citra PNS gaji dulu baru kerja, namun disamping itu peminat PNS semakin tahun semakin meningkat. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai alasan anak muda memilih profesi PNS meskipun gaji PNS kecil secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Kenapa Gaji PNS Kecil tapi Masih Banyak Anak Muda Yang Daftar ?

5 Alasan Kenapa Gaji PNS Kecil Tapi Banyak Peminat

5 Alasan Kenapa Gaji PNS Kecil Tapi Banyak Peminat

Informasi seputar CPNS memang masih menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja di Indonesia. Tingginya peminat untuk mengikuti tes CPNS dikarenakan karakteristik psikologi sosial warga Indonesia yang menginginkan kenyamanan dan kestabilan keadaan ekonomi masyarakat pencari kerja.

Namun, apakah benar bahwa menjadi PNS maka hidupnya lebih sejahtera dibanding dengan karyawan yang ada di perusahaan swasta?. Pemerintah melalui menteri keuangannya, Sri Mulyani, menjelaskan bahwa saat ini pemerintah masih menerapkan angka yang sama untuk gaji PNS.

Sebagaimana tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1997 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PP 30/2015). Secara garis besar, peserta dengan pendidikan terakhir Berdasarkan PP Nomor 30 Tahun 2015

  • SD termasuk golongan IA mempunyai masa kerja nol tahun sebesar Rp 1.580.500.
  • SMA dan sederajat masuk golongan IIA mempunyai masa kerja nol tahun sebesar Rp 2.022.200
  • D3 sederajat golongan IIC mempunyai masa kerja nol tahun sebesar Rp 2.301.800
  • S1 sederajat golongan IIIA mempunyai masa kerja nol tahun sebesar Rp 2.579.400
  • S2 sederajat golongan IIIB mempunyai masa kerja nol tahun sebesar Rp 2.688.500
  • S3 sederajat termasuk PNS golongan IIIC mempunyai masa kerja nol tahun sebesar Rp 2.802.300
  • Sementara PNS yang mempunyai pengalaman kerja nol tahun yang gajinya tertinggi adalah golongan IVE sebesar Rp 3.593.100

Walaupun upah pokoknya tergolong kecil setara upah minimum, tetapi sejak dulu pegawai negeri sipil sudah terkenal dengan banyaknya tunjangan kerja. Apalagi, di beberapa instansi, tunjangannya bisa berkali-kali lipat dari gaji pokoknya. berikut ini tunjangan-tunjangan yang bakal kita dapatkan kalau jadi PNS

1. Berbagai Tunjangan

Tunjangan uang yang bisa Anda dapatkan diluar gaji pokok. Diantaranya ;

  • uang makan
  • tunjangan keluarga (suami / istri dan anak)
  • tunjangan kinerja
  • tunjangan jabatan
  • tunjangan hari raya
  • SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas)

Dan masih ada berbagai tunjangan lainnya, sesuai dengan kondisi dimana lokasi Anda bekerja, dan sebagai apa posisi Anda. Misalnya Anda ditempatkan bekerja di daerah provinsi Papua, Bisa jadi Anda bisa mendapatkan tunjangan kemahalan. Atau jika Anda bekerja sebagai tenaga ahli, maka akan ada tunjangan-tunjangan lainnya.

2. Gaji ke-13

Gaji ke-13 merupakan salah satu cara pemerintah pusat untuk membantu karyawannya dalam mencukupi kebutuhan tahun ajaran baru anak sekolah. Besaran gaji ke-13 ini sama dengan upah ditambah tunjangan di bulan sebelumnya.

Jadi, misalnya di bulan sebelumnya Anda dapat gaji dan tunjangan sebesar Rp 3,000,000 sehingga di gaji ke 13 Anda akan mendapatkan Rp 3,000,000. Tidak lebih dan tidak kurang. Gaji ke 13 ini biasanya turun berdekatan dengan THR.

3. Gaji Pensiun

Gaji pensiun ialah gaji atau upah yang Anda peroleh setelah Anda memasuki usia pensiun atau memutuskan untuk pensiun dini. Besaran uang pensiun ini memang tidak sama dengan gaji pokok waktu kita masih bekerja, yaitu hanya 75% dari gaji bulanan yang dia terima saat masih aktif.

Tetapi, sejak 2012 pemerintah bersama DPR sedang membuat perubahan skema pensiun, yang awalnya pas as you go menjadi fully funded (pembayaran penuh). Dimana dengan skema ini, pensiunan akan mendapatkan nominal yang lebih besar.

Meskipun begitu, sembari menunggu skema yang baru, saat ini pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiun pokok bagi aparatur negara serta pensiunan sebesar rata-rata 5 persen. Menurut Presiden saat ini, kenaikan gaji dilakukan pemerintah lantaran untuk melanjutkan tren positif yang terjadi pada birokrasi selama 2018.

Rencana kenaikan gaji pokok dan pensiun pokok ini diharapkan bisa semakin meningkatkan kualitas birokrasi dalam negeri. Menteri Keuangan, Sri Mulyani menambahkan gaji PNS tidak mengalami kenaikan dalam empat tahun terakhir.

4. Berkesempatan melanjutkan studi ke luar negeri

Profesi sebagai PNS bisa jadi batu loncatan bagimu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kesempatan menempuh pendidikan Master dan Doktoral bagi PNS terbuka lebar. Setidaknya ada 2 skema yang menawarkan kesempatan luas bagi PNS beasiswa instansi pemerintah dan beasiswa dari lembaga donor.

Jika Anda bekerja di instansi yang terus membutuhkan peningkatan kapasitas keilmuan seperti LIPI, Kementerian PU, dan Bappenas . Maka sangat besar kemungkinan Anda bisa dikirim studi ke luar negeri oleh instansi tempat Anda bekerja. Anda hanya perlu jadi karyawan yang terus meningkatkan performa dan menunjukkan keinginan kuat untuk terus meningkatkan kapasitas.

Selain kemudahan mendapatkan beasiswa dari instansi tempatmu bekerja, status sebagai PNS juga lebih menjual saat Anda melamar untuk sebuah beasiswa yang dananya berasal dari lembaga donor. Profesi Anda sebagai PNS, yang notabene punya kesempatan untuk membuat dan mengambil kebijakan. Sehingga akan membuat lembaga donor memperhitungkanmu sebagai kandidat kuat yang kontribusi keilmuannya memang benar-benar bisa dilihat selepas pulang dari sekolah nanti.

5.  Tak perlu khawatir dengan masa depan

Jika Anda adalah orang yang selalu butuh kepastian, maka PNS adalah profesi yang cocok dicoba. Dalam pekerjaan yang satu ini, sekali diterima maka Anda akan terus mendapatkan pekerjaan tersebut selamanya. Kecuali dalam beberapa kondisi saat Anda melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik.

Saat pegawai swasta harus khawatir ketika kondisi pasar memburuk, PNS tidak perlu merasa khawatir. Selama negara ini tetap ada, PNS akan tetap dipekerjakan oleh negara apapun kondisinya.

Baca Juga: 5 Rahasia dan Tips Lulus CPNS Mudah Dipelajari

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Alasan Kenapa Gaji PNS Kecil Tapi Banyak Peminat, dimana Berbicara gaji memang tidak akan pernah ada habisnya. Berapapun gaji yang diberikan, pada dasarnya tidak akan pernah cukup untuk memenuhi gaya hidup seseorang. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *