20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

By | Desember 17, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari | Apakah Anda tahu tentang apa saja pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang cocok ?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang masih kuliah. Ingin pendapatan besar tapi tidak terikat dengan jam kantor?.

Kalau begitu profesi freelancer patut Anda coba. Selain itu Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya tentang Keluar Dari Zona Nyaman. Freelance online atau kerja sampingan semakin ke sini semakin berubah dan terus berkembang. Bagi Anda yang memiliki banyak bakat dan terbiasa bekerja sendiri, profesi ini akan menantang. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai pekerjaan freelance untuk mahasiswa secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Masih Kuliah Yang Banyak Dicari

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

Perkembangan jaman memunculkan banyak bidang pekerjaan baru, sementara perkembangan teknologi mempermudah manusia untuk bekerja tanpa harus datang ke kantor. Perkembangan teknologi, terutama yang terkait dengan teknologi telekomunikasi dan informasi, membuat beberapa perusahaan tidak mewajibkan pegawainya untuk datang ke kantor setiap hari.

Bahkan, sebagian di antaranya mempekerjakan tenaga kerja lepas yang sama sekali tidak perlu datang ke kantor. Maka dari itu, jika Anda mahasiswa yang masih kuliah, tak ada salahnya mencoba beberapa pekerjaan freelance untuk menambah pengalaman, seperti pekerjaan berikut ini.

1. Data entry

Buat Anda mahasiswa yang masih kuliah, pekerjaan ini cukup banyak diminati. Data entry merupakan jenis pekerjaan yang cukup diminati di situs freelance karena tugasnya sangat mudah.

Jika Anda mendapatkan project sama seperti ini biasanya Anda hanya diberi tugas untuk memasukkan data ke database lewat form online yang sudah perusahaan sediakan.

2. Influencer

Coba, deh, lebih rajin mengisi media sosial Anda, termasuk membuat vlog lucu di YouTube atau Instagram. Bila Anda suka traveling, buatlah blog dengan foto-foto keren dan cerita perjalanan yang menarik.

Semakin banyak follower yang menyukai konten Anda, mungkin saja ada brand tertentu yang akan mengendorse Anda. Sekadar membuat video, foto, atau konten lainnya tentunya tak harus dilakukan full time.

3. Voice over

Pekerjaan yang satu ini memang nampak menyenangkan. Tidak perlu memiliki suara yang bagus, yang terpenting adalah suara Anda sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan atau cocok dengan produk tersebut.

Anda mungkin akan baru tahu dengan begitu banyak peluang yang ada, untuk kebutuhan suara video game, pembacaan audiobook, instruksi e-learning, dan banyak lagi. Asyiknya, pekerjaan macam ini bisa dilakukan dari tempat Anda sendiri atau bisa tergantung kesepakatan dengan klien.

4. Social media officer

Jika hobi mengisi media sosial Anda dengan berbagai hal seru dan ternyata mendatangkan banyak like, kenapa tak mencoba melamar sebagai admin media sosial di agency digital?

Biasanya tugas Anda adalah menyiapkan konten yang akan diposting melalui media sosial lalu menjadwalkan konten tersebut setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan di mana pun Anda berada.

5. Jasa servis laptop

Yang selanjutnya adalah Anda bisa banget bekerja sebagai pekerja freelance dengan membuka jasa service laptop, untuk Anda mahasiswa jurusan IT tentu tahu dengan yang namanya reparasi laptop entah itu instal ulang dan lain-lain?.

Sebagai freelancer pekerjaan yang satu ini juga lumayan menjanjikan apabila Anda tekuni, untuk langkah awal, Anda bisa menawarkan jasa Anda ke teman sesama mahasiswa kalau Anda menerima jasa perbaikan laptop, dan Anda bisa juga bekerja di toko-toko laptop yang membuka jasa perbaikan juga.

6. Web designer

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

Menjadi freelancer web designer memiliki tuntutan yang cukup tinggi. Penguasaan HTML, JavaScript dan CSS wajib hukumnya Anda kuasai. Selain itu, Anda juga harus bisa menggunakan berbagai tools desain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw.

Pekerjaan freelance di bidang ini harus bisa merancang sebuah website yang tidak hanya mempunyai tampilan indah tapi juga unik, menarik dan user friendly. Tetapi, semua itu sebanding dengan tingginya bayaran yang diterima oleh seorang desainer web.

7. Digital marketer

Apakah Anda pernah dengar profesi digital marketer? Di era yang serba online seperti sekarang ini, profesi digital marketing semakin banyak dicari terutama oleh perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang memasarkan produk dan layanannya lewat Internet.

Profesi ini dituntut untuk menguasai berbagai macam strategi pemasaran secara online. Freelancer ini harus memahami email marketing, pay per click atau PPC, search engine marketing (SEM), media sosial marketing, SEO management, dan sebagainya.

8. Penulis

Anda bisa mencoba untuk menjadi penulis, ini sebenarnya mirip dengan pekerjaan freelance sebagai blogger, hanya saja kalau jadi penulis. Orientasi Anda 100% penulis, tidak seperti blogger yang pasti fokus ke optimasi blog, mendapatkan penjualan dan lain sebagainya.

Tugas penulis lepas adalah membuat artikel, mengisi konten website, atau membuatkan konten media sosial untuk perusahaan yang menggunakan jasa penulis tersebut.

9. Tour guide

Meningkatnya biaya hidup dan adanya krisis ekonomi di beberapa negara maju membuat Indonesia yang biaya hidupnya dipandang tidak terlalu mahal menjadi tujuan wisata turis asing. Dan percayalah, tidak sedikit di antara wisatawan tersebut yang lebih tertarik dengan wisata sosial dibandingkan hanya sekadar liburan mewah.

Cobalah Anda menjadi pemandu wisata mereka dan tunjukkan wisata budaya yang menarik di sekitar tempat tinggal Anda.

Simak Juga:  Cara Membuat CV di Linkedin Fresh Graduate

10. Ahli SEO

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

Nah, profesi freelancer yang satu ini juga tak kalah populer dari kalangan digital marketer. SEO adalah suatu teknik untuk meningkatkan posisi sebuah situs atau halaman web di hasil mesin pencarian. Tujuannya sudah jelas, yaitu agar situs atau halaman web tersebut mudah ditemukan oleh pengguna Internet dan ramai pengunjung.

Para pemilik situs web berani membayar mahal untuk mempekerjakan ahli SEO karena pekerjaan tersebut memang sangat susah dan butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajari teknik-teknik SEO tersebut.

11. Java programmer

Java merupakan bahasa pemrograman multiplatform. Artinya, bahasa programming ini bisa dijalankan di berbagai platform. Di masa depan, programmer yang menguasai bahasa pemrograman ini bisa dibilang prospeknya sangat cerah.
Alasannya jelas karena kebutuhan akan keahlian tersebut sangat banyak. Selain itu, yang pasti bayaran yang diterima oleh programmer Java termasuk tinggi.

12. Editor foto

Saat ini, banyak UMKM yang memerlukan editor foto dan video dengan kontrak kerja freelance. Freelancer yang menguasai banyak tools foto seperti Photoshop, Corel Draw dan sebagainya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan periklanan maupun UMKM.

Jadi, kalau Anda Ahli menggunakan tools Photoshop ataupun Corel Draw, maka pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

13. Data scientist

Anda termasuk orang yang lebih suka bekerja dengan angka? Maka pekerjaan freelance yang satu ini mungkin cocok untuk Anda. Kini, bisnis sangat bergantung pada data.

Seorang data scientist sangat dibutuhkan untuk membuat algoritma yang dapat menangkap data yang relevan, menyusunnya, menganalisa data tersebut, kemudian melaporkannya. Tentunya data yang diolah oleh para data scientist ini adalah data yang dibutuhkan oleh perusahaan.

14. Jasa edit video untuk youtube

Yang satu ini khusus untuk Anda yang hobi edit video. Anda bisa edit video kemudian upload video Anda ke Youtube dan mendapatkan penghasilan di sana. Apalagi untuk Anda yang notabenenya mahasiswa jurusan IT atau Komputer, tentu editing video menjadi salah satu hal yang mudah dipelajari, bukan?

Sayang kalau tidak dimanfaatkan. Sama seperti Blog, Anda bisa menghasilkan banyak uang dari Youtube asal viewers video Anda banyak. Untuk sumber pendapatan, Anda bisa join dengan Google Adsense atau menjual produk sendiri.

15. Guru les

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari

Ini salah satu kerja freelance yang banyak diambil oleh mahasiswa seperti Anda. Untuk tutor, di beberapa kampus ada yang menyediakan layanan untuk menjadi tutor bagi junior yang masih di semester awal.

Jika Anda cukup menguasai materi-materi perkuliahan, boleh dicoba untuk menjadi tutor, sekaligus bisa berbagi ilmu dan pengalaman selama kuliah kepada junior. Kerja part time tersebut bukan hal yang sulit, berikan saja les mata pelajaran untuk anak-anak SD hingga SMA, materinya pasti mudah Anda pahami. Tentunya, akan lebih gampang untuk mengajarkannya.

16. Barista

Saat ini, keberadaan coffee shop sedang sangat hype, yang ternyata memberikan juga peluang untuk Anda sebagai mahasiswa untuk kerja part time. Untuk kerja sebagai freelance ini, Anda bisa menjadi barista di tempat tersebut.

Tugasnya adalah membuatkan makanan dan minuman, menyajikannya, sampai bersih-bersih toko. Biasanya, kerja freelance di coffee shop akan dibayar dengan hitungan per jam, tapi harinya bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah Anda.

Untuk penikmat kopi, bisa Anda coba menjadi freelancer di coffee shop sekalian belajar ilmu dengan owner dan barista lainnya, hitung-hitung belajar banyak plus dibayar juga kan?.

17. Penerjemah

Menguasai bahasa asing nyatanya bisa memberikan Anda banyak keuntungan, termasuk juga untuk kerja part-time sebagai penerjemah. Ada banyak konten berbahasa asing yang ternyata dibutuhkan, dan memerlukan perantara penerjemah untuk bisa dimengerti.

Contohnya, materi kuliah yang biasanya dari bahasa Inggris yang sulit dimengerti mahasiswa. Nah, Anda bisa memanfaatkan ini dan menawarkan kepada teman-teman kuliah Anda, bahwa Anda membuka jasa untuk menerjemahkan materi kuliah tersebut. Banyak sekai keuntungan tentunya selain menambah pengetahuan, sambil menerjemahkan juga bisa sekaligus belajar.

18. Fotografer

Setiap momen spesial tentunya ingin diabadikan untuk kenang-kenangan di masa yang akan datang. Terlebih, sekarang semakin banyak orang yang memiliki platform media sosial untuk menunjukkan momen-momen pentingnya. Seiring dengan hal ini, banyak orang yang mulai melirik jasa fotografer untuk mengabadikan momen apa pun.

Kerja freelance sebagai fotografer bisa juga menambah pundi–pundi penghasilan Anda juga, dijadikan pilihan untuk Anda, karena sekarang hampir semua kegiatan memerlukan jasa foto.

Misalnya saja, pembukaan restoran baru yang memerlukan jasa fotografer untuk memotret menu-menunya, acara seminar, ulang tahun, sampai pernikahan bisa menjadi acara yang baik bagi yang ingin kerja freelance sebagai fotografer. Anda bisa juga membuka jasa sendiri, atau pun bergabung dengan komunitas atau agency penyedia jasa fotografer untuk kerja part time fotografer.

19. Android developer

Selain web developer kemampuan mengembangkan aplikasi berbasis android saat ini juga cukup banyak dicari oleh perusahaan. Jelas saja karena menurut survey LinkedIn, android developer merupakan salah satu pekerjaan IT yang paling dibutuhkan pada tahun 2018.

So, jika Anda mempunyai skill untuk membuat aplikasi android, Anda bisa mencari pekerjaan freelancer dibidang tersebut dengan mudah.

20. UI/UX Designer

User Interface (UI) Designer tidak bisa dipisahkan dengan User Experience (UX) Designer. UI Designer memiliki tugas menentukan tampilan aplikasi. Nah kalau UX Designer menentukan bagaimana suatu aplikasi bisa beroperasi dengan mudah.

Namun dalam bekerja, keduanya harus berlandaskan pada hasil riset supaya aplikasi dan/atau situs yang dirancang benar-benar efektif.

Jadi, UI Designer merupakan sebutan untuk orang yang mendesain interface untuk perangkat lunak komputer, smartphone, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat CV Untuk Organisasi Mahasiswa

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 20 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa Yang Banyak Dicari, dimana Anda bisa mengetahui beberapa ide untuk kerja sampingan saat Anda menjadi mahasiswa yang masih kuliah. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *