10 Alasan Anda Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan

By | Desember 18, 2019
0
(0)

Fachri Aja, 10 Manfaat Penting Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan | Apakah Anda tahu pengertian dari keluar dari zona nyaman?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang manfaat dan pengertian keluar dari zona nyaman. zona nyaman merupakan situasi ketika Anda sudah nyaman dengan suatu keadaan. Target yang Anda terima tidak menantang diri Anda untuk melakukan sesuatu yang lebih daripada saat ini. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai manfaat keluar dari zona nyaman secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Manfaat Anda Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan

10 Manfaat Penting Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan

10 Manfaat Penting Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan

Saat ini, banyak orang yang sudah terlena di dalam rutinitas yang sama setiap harinya. Entah alasannya karena sudah puas atau tidak berani mengambil kesempatan atau peluang lain yang lebih menantang. Inilah yang disebut dengan terikat pada zona nyaman.

Namun, apabila Anda berhasil menyingkirkan diri Anda dari dalam lingkaran rasa nyaman tersebut, Anda adalah orang yang tangguh. Karena untuk bisa keluar dari dalam lingkaran tersebut, butuh usaha yang sangat besar.

1. Jadi lebih produktif

Anda yang sudah keluar dari zona nyaman akan mencoba hal-hal baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya, dan membuat Anda menjadi lebih produktif sehari-harinya. Karena Anda pasti berani untuk mengambil risiko untuk menghasilkan sesuatu yang lebih besar.

2. Memperluas wawasan

Orang yang terlanjur menikmati dengan zona nyaman, biasanya pergerkannya hanya di situ-situ aja. Kehidupannya monoton dan hampir seperti siklus yang berulang. Padahal, dunia itu luas, so, pengertian keluar dari zona nyaman, artinya Anda bakalan melihat lebih banyak hal-hal baru yang menakjubkan.

Melihat lebih banyak, artinya tahu lebih banyak. Dengan tahu lebih banyak, Anda akan lebih menghargai dan mensyukuri kehidupan yang Anda miliki.

3. 24 jam sehari itu kurang

Tipe orang yang pekerja keras pasti selalu ingin naik tingkat, sehingga Anda merasa bahwa waktu sehari 24 jam jadi kurang. Meskipun begitu, Anda bukanlah tipe orang yang suka mengeluh dan kecewa.

Apabila hal yang Anda harapkan malah terjadi di luar ekspektasi Anda. Dan Anda selalu memaksimalkan waktu yang Anda punya, karena bagi Anda waktu sangatlah berharga setiap detiknya.

4. Bisa lebih mengenal diri sendiri

Ketika Anda keluar dari zona nyaman, Anda bakalan ketemu sama lingkungan dan orang-orang baru yang mungkin bertolak belakang banget sama kepribadian Anda selama ini. Well, itu sama sekali bukan hal yang buruk. Justru dengan begitu, Anda bisa mengenal diri Anda sendiri dengan lebih baik lagi.

Anda jadi paham apa yang menjadi kelebihan Anda serta tidak dimiliki orang lain, dan dari situ Anda bisa berkembang menjadi orang yang lebih baik lagi dan selangkah lebih maju dari Anda yang dulu.

Simak Juga: 5 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

5. Terus bertemu dengan banyak orang baru

Ketika Anda terus bertemu dengan banyak orang baru dan menjalin hubungan baik dengan mereka, itu membuktikan bahwa Anda punya pandangan dan kemauan untuk belajar dari orang lain.

Baik tujuannya untuk mengasah keahlian, bertukar pikiran maupun bertukar pengalaman. Dalam mindset Anda, pastinya setiap orang memiliki sisi uniknya masing-masing.

6. Lebih percaya diri

10 Manfaat Penting Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan

10 Manfaat Penting Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan

Melangkahkan kaki untuk bisa melihat dunia luar, akan menyadarkan diri Anda bahwa ternyata Anda bisa melakukan sesuatu yang bahkan tidak Anda duga bisa meraihnya. Kepercayaan diri Anda akan semakin meningkat karena Anda sadar bahwa Anda telah menghasilkan sesuatu lebih dari apa yang Anda kira.

7. Upgrade diri

Ternyata bukan hanya smartphone atau aplikasi aja yang bisa diupgrade, tetapi Manusia juga bisa. Yaitu dengan cara keluar dari zona nyaman. Ketika Anda hanya bergerak di lingkaran yang sama, tanpa sadar, kita telah memenjarakan banyak potensi dalam diri kita.

Dari temuan kami menurut pakar psikolog dan ahli pendidikan asal Pennsylvania, Howard Gardner,

Manusia memiliki kecerdasan majemuk yang artinya setiap individu pada dasarnya memiliki banyak kecerdasan.

Mulai dari kecerdasan matematis-logis (berhitung), kinestetik (gerak tubuh), musikal, interpersonal (mengerti dan peka perasaan orang lain) dan masih banyak lagi.  Potensi kecerdasan apa yang Anda miliki dan bisa Anda kembangkan?. Hanya Anda yang bisa jawab dengan mengexplore diri Anda lewat keluar dari zona nyaman.

8. Tidak berhenti belajar

Anda tidak akan mudah merasa puas dengan ilmu yang Anda miliki, Anda akan terus mengasah kemampuan dan potensi yang Anda yakini ada di dalam diri Anda. Anda tidak mudah terlena dan Anda berani mengorbankan hal-hal tertentu demi sesuatu yang lebih besar lagi.

9. Memahami dunia dan orang lain

Ada pepatah mengatakan “don’t judge book by its cover” yang mungkin sudah Anda hafal di luar kepala, sifat alami manusia nyatanya akan selalu melihat sesuatu dari tampilan luarnya terlebih dahulu. Ini tidaklah salah.

Yang harus Anda lakukan adalah bagaimana agar dalam prosesnya, Anda tidak lagi melihatnya dari jauh, melainkan mengenal hingga benar-benar memahami dari apa yang Anda lihat.

Inilah salah satu alasan kenapa Anda harus keluar dari zona nyaman. Dengan mencoba hal-hal baru, Anda bisa memahami apa yang selama ini cuma Anda lihat atau dengar dari jauh. Maka dari itu, Anda tidak ‘judge book by its cover’ lagi, bukan?

10. Menjadi lebih terbuka dan kritis

Satu keunggulan yang pasti Anda dapatkan ketika keluar dari zona nyaman adalah mindset Anda yang akan lebih terbuka. Banyaknya pengalaman dan lingkungan yang Anda explore, lambat laun akan membuat Anda menjadi lebih terbuka dan kritis terhadap kondisi di sekelilingmu.

Kritis bukan berarti melihat sesuatu dari sisi negatif, melainkan bagaimana membangun analisis berpikir dan menciptakan kepekaan terhadap fenomena yang terjadi di sekeliling Anda.

Baca Juga: 5 Tips Resign Kerja Yang Baik dan Masuk Akal

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 10 Manfaat Penting Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan, dimana Jack Canfield, seorang motivator kondang dan pengusaha dari Amerika pernah menyebutkan bahwa,Sebagian besar yang Anda inginkan adalah di luar zona kenyamanan Anda. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *