5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

By | Juli 12, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Yang Baik Agar Diterima | Apakah Anda tahu tentang pertanyaan interview dan jawaban kerja?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pertanyaan interview dan jawaban agar diterima kerja. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian, Anda dituntut untuk berjuang terlebih dahulu. Mulai dari berjuang mencari lowongan kerja yang cocok, berjuang mencari cara meyakinkan hrd saat interview dengan diawali melalui surat lamaran dan curriculum vitae yang ciamik, berjuang melalui serangkaian tes tertulis, hingga berjuang agar bisa melewati wawancara kerja dengan lancar dan membanggakan. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai pertanyaan interview dan jawaban secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Pertanyaan Interview dan Jawaban Untuk Pekerjaan Sebagai Staff Administrasi atau Customer Service

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

Pertanyaan interview dan jawaban untuk pekerjaan sebagai staff administrasi atau customer service. Sesi wawancara kerja atau job interview menjadi salah satu tahap rekrutmen yang paling penting. Bagi Anda yang saat ini tengah berjuang mendapatkan pekerjaan, Anda perlu memahami bahwa wawancara kerja ini sungguh memiliki bobot penting bagi penyedia kerjaperusahaan untuk memutuskan akan menerimamu sebagai karyawannya atau tidak.

Tidak jarang dalam sesi wawancara kerja, banyak pertanyaan-pertanyaan menjebak yang bisa membuat nilai Andadi mata perusahaan yang Anda inginkan menjadi anjlok. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?. Yuk mari kita simak bersama jawaban interview motivasi kerja berikut.

1. Jawaban interview di restoran dengan pertanyaan menceritakan tentang siapa Anda ?

 

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

Saya pernah bekerja di bidang pelayanan pelanggan selama 7 tahun. Dalam pekerjaan terakhir, saya memimpin sebuah tim beranggotakan 8 orang. Saya memiliki kemampuan komunikasi dan hubungan antarpersonal yang luar biasa, dan itulah yang memungkinkan saya bekerja dengan orang banyak pada beragam tingkatan. Saya punya latar belakang bekerja di restoran besar maupun kecil. Keunggulan saya adalah kemampuan dalam mengorganisasi dan mengoordinasikan proyek untuk memastikan agar tenggat waktu terpenuhi.

Jawaban diatas sangat beralasan karena ia menampilkan ringkasan yang bagus tentang apa yang harus Anda tawarkan. HRD mengetahui berapa tahun pengalaman Anda, jenis-jenis perusahaan di mana Anda pernah bekerja, dan apa yang menjadi keunggulan Anda berkaitan dengan pekerjaan itu.

Di dalam jawaban diatas juga terdapat kombinasi antara kemampuan berbasis pengetahuan, kemampuan yang dapat ditransfer dan watak pribadi Anda. Di sini tampak bahwa Anda sedang berupaya menampilkan kesan yang bagus tentang diri Anda.

2. Mengapa Anda meninggalkan atau  berencana meninggalkan pekerjaan terakhir Anda? contoh sebagai staff administrasi

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

Perusahaan melakukan reorganisasi, dan departemen saya dihapus. Pekerjaan mulai membingungkan, dan itu tidaklah mengejutkan. Saya menyukai pekerjaan saya dan orang-orang yang bekerja dengan saya, sehingga saya berharap hal itu tidak mempengaruhi kami, tetapi sayangnya kami semua harus pergi. Saya akan mencari pekerjaan yang sama dengan pekerjaan itu.

Inilah jawaban disarankan, bukan karena perampingan itu, melainkan adanya kesan kemantapan. Anda menyukai apa yang Anda lakukan dan berharap perampingan itu tidak terjadi. Dengan kata lain, jika masalah itu tidak berada di luar kendali Anda, Anda masih beradai di sana. Jawaban ini mengisyaratkan adanya sikap yang bagus terhadap kejadian yang tidak menguntungkan.

3. Mengapa Anda ingin bekerja di sini sebagai customer service?

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

Inilah jawaban yang direkomendasikan, karena menggambarkan perencanaan dan kontrol di pihak Anda. Bukan sekadar sikap ada lowongan dan saya akan melamar. Anda menunjukkan bahwa Anda mengetahui apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda mendapatkannya.

Anda memilih perusahaan ini dengan melakukan riset dan mengecek bagaimana karyawan menilai perusahaan itu. Jawaban diatas menunjukkan keyakinan pada keahlian dan kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan tersebut. Namun harus diperhatikan, terlalu percaya diri bisa menimbulkan masalah besar sebagaimana kekurangan kepercayaan diri.

4. Cocok jawabannya untuk fresh graduate dengan pertanyaan apa tujuan yang hendak Anda capai?

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini saya mencari sebuah posisi dalam sebuah perusahaan dengan catatan prestasi yang solid. Saya ingin memberikan kontribusi pengalaman-pengalaman saya di bidang ini. Tujuan jangka panjang akan bergantung pada perjalanan karir yang ada di perusahaan ini. Idealnya, saya ingin berkembang secara progresif dalam sebuah perusahaan.

Inilah jawaban yang paling oke. Karena ini adalah pertanyaan terbuka, tidak ada jawaban benar atau salah. Jawaban ini adalah yang terbaik karena sifatnya yang terbuka atas peluang pertumbuhan, namun tidak membuat tujuan Anda tampak tidak realistis, kaki atau spesifik.

5. Jawaban apa keahlian yang Anda miliki bagi fresh graduate SMK

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

Ini adalah jawaban yang bagus karena ia memberi gambaran luas tentang apa yang Anda bawa untuk posisi tersebut. Bukan hanya yang disyaratkan keahlian teknis-tetapi juga nilai tambah dari kemampuan Anda untuk bekerja secara langsung dengan konsumen.

Demikian juga kemampuan yang kuat untuk menyampaikan informasi teknis dalam konteks makna sederhana dalam ketatnya persaingan kerja. Sangatlah perlu bagi Anda untuk memikirkan keunggulan Anda lebih dari sekadar memenuhi kualifikasi.

Apa lagi yang dapat Anda tawarkan yang tidak dapat ditawarkan kandidat lain. Semakin banyak keahlian yang Anda masukkan dalam jawaban Anda, semakin banyak informasi yang akan dinilai HRD baik yang menjadi prasyarat atau di luar itu.

Baca Juga: 3 Cara Negosiasi Gaji Dengan HRD Yang Baik dan Benar

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Yang Baik Agar Diterima, dimana Anda telah mengetahui beberapa jawaban yang tepat saat interview bagi pemula agar Anda bisa semakin percaya diri menghadapi interview kerja. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

 

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *