5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

By | Juli 17, 2019

Fachri Aja, 5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya | Update lagi, hari ini kami ingin berbagi sedikit ilmu seputar pertanyaan interview sales marketing. Tulisan yang kami sajikan kali ini menceritakan tentang tes pertanyaan interview sales marketing. Apakah Anda membayangkan beberapa pertanyaan wawancara dari seorang HRD saat melamar menjadi sales. Jadi, silahkan Anda baca artikel mengenai pertanyaan interview sales marketing agar wawasan anda semakin luas.

Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawaban Yang Tepat Bagi Pemula

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

1. Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika keahlian komunikasi Anda memainkan peranan yang penting

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

Salah satu proyek yang saya garap adalah tentang pengembangan kurikulum untuk sebuah program yang berkenaan dengan kemiripan-kemiripan kultural dalam kehidupan sehari-hari. Tantangannya adalah bagaimana cara mengomunikasikannya kepada para anggota tim saya dan membuat mereka merasa senang dengan peran mereka dalam proyek itu sebagaimana halnya saya.

Saya berbicara kepada mereka satu demi satu, sambil menarik minat-minat khusus yang mereka miliki. Saya menggunakan informasi ini untuk memberikan penugasan di mana terdapat adanya minat, yang memungkinkan saya untuk mendatangkan hasil-hasil yang sangat positif melalui kerja tim.

Umpan balik dari tim adalah bahwa setiap orang merasa dirinya telah memberikan kontribusi dengan caranya yang khas. Memang berharga meluangkan waktu tambahan untuk menyimak dan mendapatkan masukan dari mereka.

Ini adalah jawaban yang paling oke dari contoh interview user kepada Anda. karena fokus dalam cara Anda menggunakan keahlian komunikasi untuk bekerja dengan orang lain secara individu, dengan menyimak dan mengimplementasikan ide-ide yang didengar. Karena keahlian komunikasi yang baik melibatkan menyimak dan menulis serta berbicara.

Anda tadi telah mendemonstrasikan secara luas keahlian-keahlian Anda. Jawaban ini juga memperlihatkan keahlian kepemimpinan yang kuat serta kemampuan dalam mengapresiasi perbedaan-perbedaan yang ada pada diri orang-orang dalam situasi ini.

2. Anda mengatakan bahwa Anda memiliki keahlian yang baik dalam melayani pelanggan. Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika Anda menggunakan keahlian melayani pelanggan yang baik itu dalam pekerjaan Anda

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

Waktu itu saya memecahkan masalah seorang pelanggan yang melibatkan salah seorang tenaga pemasaran kami dan perusahaan lain. Saya bertindak sebagai penghubung antara tenaga pemasaran kami dan kantor perusahaan tersebut.

Tenaga pemasaran tersebut merasa kesal karena kami tidak menepati garansi yang kami berikan atas sebuah produk yang dijualnya kepada perusahaan tersebut. Pertama kali yang saya lakukan adalah memeriksa catatan dan dokumen yang berkaitan dengan hal tersebut, dan setelah itu saya membuat sebuah rekomendasi kepada kantor perusahaan kami.

Saya membeberkan fakta-fakta, dan kami pun melakukan sedikit negosiasi. Akhirnya segalanya bisa diselesaikan dengan baik bagi pihak tenaga pemasaran dan pelanggan. Sang tenaga pemasaran sangat berterima kasih kepada saya. Dia mengatakan bahwa saya telah menyelamatkan reputasinya.

Ini adalah jawaban yang paling sip karena memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut dengan sebuah contoh yang bagus tentang pekerjaan Anda sebagai seorang penghubung antara sales marketing (pelanggan Anda) dan perusahaan.

Cara Anda dalam menggunakan sejumlah keahlian pelayanan pelanggan. Beberapa keahlian yang didemonstrasikan adalah riset, berorganisasi, dan bernegosiasi. Juga ada sebuah contoh yang bagus dalam hal mengambil inisiatif dan merekomendasikan sebuah solusi daripada meminta nasihat dan meletakkan masalah tersebut ke pundak perusahaan.

3. Coba ceritakan kepada saya seputar proyek paling kreatif yang pernah Anda kerjakan

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

Waktu itu saya membuat sebuah serial pelajaran multimedia yang berdasarkan pada sejarah film dengan memasukkan potongan-potongan gambar film dari berbagai film layar lebar dan acara TV yang sudah bertahun-tahun untuk mendukung saya dengan hal-hal baru yang sedang saya coba.

Saya mendapat ide untuk mempersembahkan film-film yang pernah mendapat penghargaan selama 50 tahun terakhir dan memperlihatkan bagaimana komputerisasi dapat saja mengubah efeknya. Lalu saya menggunakan teknik-teknik yang dipakai pada zaman sekarang ini untuk mendemontrasikan seberapa jauh film telah maju.

Kru yang bekerja bersama saya memberikan pujian yang sangat tinggi atas cara saya yang orisinil dalam mempresentasikan ide itu, dengan menggunakan teknologi mutakhir yang tersedia.

Dari contoh pertanyaan wawancara jawaban ini memberikan sebuah contoh yang jelas. Tentang apa yang Anda lakukan pada waktu itu dan metode-metode yang Anda gunakan untuk mencapai hasil yang sukses. Ini juga sebuah contoh yang bagus.

Dengan membuat user tahu bahwa Anda pernah melakukan pekerjaan seperti ini sebelumnya dan dapat melakukannya kembali. Dengan menyebutkan bahwa sang kru sangat respek pada pekerjaan Anda adalah sebuah cara yang baik sebagai endorsemen dari orang yang pernah bekerja bersama Anda.

4. Jawaban yang tepat saat ada pertanyaan coba ceritakan sebuah pengalaman ketika Anda harus membuat sebuah keputusan yang tidak populer

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

Keputusan-keputusan yang mempengaruhi hidup orang lain adalah yang paling sulit. Sebagai
bagian dari pekerjaan terakhir saya adalah melakukan sebuah studi produktivitas yang menentukan bahwa sebagian pekerjaan tidak diperlukan. Saya memimpin sebuah komisi yang akan menentukan siapa yang akan “dirumahkan.”

Sebagai seorang pemimpin tim saya bertanggung jawab dalam menyusun kriteria dasar bagi keputusan tersebut. Saya melakukan sebuah analisis tentang posisi dan orang-orangnya, tingkat senioritas mereka, gaji mereka, dan kandungan pekerjaan mereka.

Kelompok itu harus membuat keputusan berdasarkan standar-standar yang telah saya buat. Hal itu berjalan dengan mulus dan menghasilkan penghematan biaya sebesar 30 persen, namun bukan berarti keputusan tersebut mudah dilakukan.

Ini adalah jawaban yang tepat saat interview bagi pemula. karena ada sebuah gambaran yang rinci dari tindakan-tindakan Anda dalam menyusun kriteria untuk membuat sebuah keputusan yang kuat. Ini memperlihatkan kepada HRD bahwa Anda bersedia menjalankan suatu tugas walaupun hal itu mungkin tidak populer bagi para karyawan yang lainnya.

Ini adalah sebuah contoh yang baik dalam kepemimpinan dan kesiapsediaan Anda. Ini juga jawaban yang kuat karena ada angka yang disebutkan. Kapan pun dimungkinkan, nyatakanlah angka untuk membangun lingkup situasinya.

5. Coba ceritakan sebuah pengalaman ketika Anda mengoordinasikan sebuah proyek atau acara

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya

Waktu itu saya memimpin proses meluncurkan sebuah produk baru dalam sebuah kemasan eksklusif untuk dipajang di sebuah toko swalayan besar. Hal pertama yang saya lakukan adalah membuka saluran-saluran komunikasi dengan melakukan pertemuan dengan para anggota tim saya, dengan membuat mereka tahu sebanyak mungkin rincian tentang proyek tersebut sebisa saya.

Berikutnya, saya berkolaborasi dengan erat dengan semua departemen-departemen lainnya yang terlibat dalam proyek itu. Melalui kerja tim saya berhasil melakukan riset primer dan sekunder untuk produk baru itu terhadap kompetisi.

Kami mempresentasikan hasil-hasil dan rekomendasi kami kepada manajemen tingkat puncak untuk mendapatkan persetujuan final dan mendapatkan ucapan penghargaan yang sangat hangat atas kerja kami sebagai sebuah tim.

Tips interview hrd fresh graduate pilihlah ini sebagai jawaban yang paling kuat. Karena adanya hal-hal spesifik dalam menjawab pertanyaan ini. Jawaban ini melalui tahapan-tahapan untuk melengkapi proses itu dan memperlihatkan bagaimana Anda bekerja dengan orang lain.

Kepemimpinan yang kuat dan keahlian berkoordinasi diperlihatkan dengan jelas. Perhatikan bahwa walaupun ini adalah sebuah usaha tim, Anda tadi mampu memperlihatkan peran Anda dan menggunakan kata “saya.”

Baca Juga: 5 Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview SPG Yang Tepat

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Pertanyaan Interview Sales Marketing dan Jawabannya, dimana Anda telah mengetahui gambaran cara menghadapi interview kerja bagi pemula atau berpengalaman. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *