15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

By | Juli 20, 2019

Fachri Aja, 15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya | Apakah Anda tahu tentang pertanyaan interview untuk posisi HRD?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang contoh pertanyaan interview untuk posisi HRD. Kedudukan hrd dalam perusahaan sangatlah penting untuk keberlangsungan perusahaan. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai pertanyaan interview untuk posisi HRD secara jelas dan lengkap dibawah ini.

15 Contoh Seputar Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

Cara meyakinkan hrd saat interview saat diberikan pertanyaan tentang kemampuan dan pengalaman. Dalam sesi ini perusahan ingin melihat kualifikasi Anda dari kemampuan dan pengalaman melalui beberapa pertanyaan. Misalnya tujuan dalam karir Anda, bagaimana kemampuan Anda dalam bekerja.

Seberapa loyal Anda pada pekerjaan dan perusahaan, bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah dalam bekerja. Dan apa yang akan Anda berikan kepada perusahaan. Setiap posisi dalam posisi karyawan dalam perusahaan akan memiliki kualifikasinya masing masing, misalnya jika Anda melamar posisi HRD mempunyai tantangan sebagai HRD akan berbeda jika Anda melamar sebagai sekretaris. Ini adlah sesi inti, apakah nanti Anda adalah kandidat terbaik yang layak diterima di posisi yang Anda lamar atau tidak.

1. Apa sajakah kelebihan dan kekurangan Anda ?

“ kelebihan saya adalah, Saya jujur, cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, pekerja keras dan smart. Sementara saya memiliki kelemahan pelupa, biasanya saya mengantisipasinya dengan mencatat setiap kegiatan yang penting dibuku saku dan agenda saya yang selalu saya bawa dan buka jika saya lupa.

2. Bagaimana hubungan Anda dengan rekan Kerja di perusahaan yang sekarang?

“ Karena kebetulan posisi sekarang saya sebagai manajer HRD, maka saya memposisikan diri secara profesional sebagai pimpinan. Namun bukan berarti saya kaku, sejauh ini saya selalu menyelesaikan permasalahan dengan memprioritaskan musyawarah. Misalnya saya pernah sekali memiliki masalah dengan bagian superveser oprasional, karena banyaknya komplain nasabah dengan pelayanan yang lama, namun akhirnya kami berdiskusi dan akhirnya mampu menyelesaikan masalah tersebut sesuai tanggung jawab masing-masing”

3. Mana yang lebih Anda suka, bekerja sendiri atau dalam tim?

Secara personal, saya menyukai bekerja sendiri, saya juga dapat bekerja dalam tim, tentu harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan saya selesaikan.

4. Jika Anda dalam sebuah tim, apa posisi yang akan Anda pilih?

Sesuai dengan posisi saya sekarang sebagai BM, saya lebih memilih menjadi seorang konseptor, sehingga saya bisa merencanakan strategi yang akan diambil, mendata siapa saja yang memilki kemampuan yang diperlukan, mengidentifikasi hambatan yang akan muncul, serta membuat ukuran-ukuran dan target-target yang harus dicapai.

5. Apakah Anda bersedia bekerja di bawah tekanan?

Tentu setiap posisi memiliki tekanan tersendiri, sejauh ini saya bisa mengatasi tekanan pekerjaan. Karena kenyataanya tekanan akan membuat kita mengupgrade kemampuan terbaik yang kita miliki.

15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

6. Bagaimana Anda memandang dan mengatasi kritik terhadap Anda?

Pada dasarnya kritik itu penting untuk kemajuan pribadi. Jadi secara pribadi saya akan menerima kritikan orang lain, rekan kerja atau atasan. Saya akan melihat dan menilai kritik tersebut, apakah baik atau tidak, jika baik saya terima, jika tidak saya akan mengabaikanya.

7. Seperti apakah orang yang sulit diajak kerja sama menurut Anda?

“Bagi saya, orang yang sulit diajak bekerja sama adalah orang yang tidak mau belajar, tidak mau diatur, banyak alasan, tidak bisa diandalkan, dan suka mengunjing orang lain.”

8. Apa yang Anda lakukan jika bawahan Anda melakukan kesalahan?

“ Pertama saya pastikan saya tidak akan menyerang dan menyalahkan, saya akan menganalisa, mencari solusi terbaik dari objek kesalahan, bukan dari siapa yang salah. Karena semua orang termasuk Anda dan saya pasti pernah melakukan kesalahan. Jadi saya akan memaafkan dan memberikan dia kesempatan.”

9. Jika Anda jadi atasan dan ada bawahan yang ingin mengeluhkan masalah pribadi, apa yang Anda akan lakukan?

Pada waktu-waktu tertentu sebagai atasan kita harus mendengarkan masalah dari bawahan, bukan hanya masalah pekerjaan, masalah pribadi saya rasa saya harus bisa menerimanya. Khusus masalah pribadi, sebisa mungkin akan saya tanggapi dan berikan saran-saran yang mungkin berguna untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

10. Jika dalam pekerjaan Anda menghadapi masalah besar apa yang akan Anda lakukan?

Mencari sumber masalah, menentukan cara menyelesaikanyai, kemudian buat strategi pencegahan agar masalah tersebut tidak terulang lagi.

15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya

11. Apakah Anda bersedia bekerja lembur?

“Ya, saya bersedia. Itu tidak masalah bagi saya, selama itu sudah dalam kebijakan perusahaan.”

12. Menurut Anda apa yang membuat perusahaan ini menarik bagi Anda?

“Perusahaan ini mencari kualifikasi yang sesuai dengan kemampuan dan bidang saya, dan dengan pengalaman saya, saya masuk dalam kriteria yang dicari. Saya kira saya dapat berkontribusi dan berkembang bersama perusahaan ini.

13. Dari mana Anda mengenal perusahaan ini?

“Saya mengenal perusahaan ini dari produk-produk yang di keluarkan, juga dari banyak teman yang membicarakan perusahaan ini. Saya juga sering melihat iklan perusahaan ini di media massa ternama di Indonesia.”

14. Menurut Anda, apa perbedaan perusahaan ini dengan perusahaan lain yang sejenis?

Saya pikir dari sisi kualitas produk dan strategi branding, setiap broduk yang diproduksi oleh perusahaan ini rata-rata menguasai pasar dengan brand yang kuat.

15. Apa rencana Anda 4-5 tahun kedepan jika bergabung dengan perusahaan ini?

Jika saya diterima dan bergabung dengan perusahaan ini sebagai brand manager di cabang kota saya, saya akan memaksimalkan penjualan produk dengan membuka10 autlet baru tersebar di kota saya. Jika saya berhasil, harapan saya saya bisa ditempatkan sebagai bagian manajemen pusat yang memenej setiap kantor cabang di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 10 Pertanyaan Contoh Deskripsi Diri Sendiri Untuk Melamar Pekerjaan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 15 Pertanyaan Interview Untuk Posisi HRD dan Jawabannya, dimana dari contoh pertanyaan dan jawaban interview diatas semoga Anda bisa diterima dalam manajemen hrd perusahaan yang diidamkan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *