5 Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

By | Juni 28, 2019

Fachri Aja, 5 Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula | Apakah Anda tahu tentang pertanyaan interview user dan jawabannya?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang pertanyaan interview user dan jawabannya bagi fresh graduate. Agar Anda bisa diterima kerja pada perusahaan yang Anda inginkan. Anda harus mempersiapkan jawaban yang tepat saat interview bagi pemula. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai pertanyaan interview user dan jawabannya secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Fresh Graduate Agar Bisa Diterima Kerja

Job Interview merupakan tahapan yang harus dilalui oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan atau mendapatkan pekerjaan baru. Tak heran, tahapan ini sering membuat deg-degan atau stres bagi mereka yang akan menghadapinya.

Simak Juga: Ini 8 Pekerjaan Lulusan SMA IPS Dengan Gaji Tinggi

Salah satu strategi menjawab interview kerja di perusahaan dari daftar pertanyaan wawancara kerja adalah dengan mempelajari contoh-contoh pertanyaan wawancara kerja. Tujuannya agar Anda mendapat gambaran seperti apa pertanyaan saat wawancara kerja. Lalu membuat jawaban yang sesuai dengan pengalaman dan pendidikan Anda.

Untuk membantu Anda melakukan hal tersebut, berikut 30 contoh pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya.

1. Dapatkah Anda ceritakan tentang diri Anda?

5 Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

5 Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Inilah pertanyaan interview kerja fresh graduate di awal sesi yang biasanya ditanyakan oleh user setelah Anda memperkenalkan diri Anda. Jawaban yang paling tepat adalah menjawabnya dengan singkat perihal kelebihan-kelebihan yang Anda miliki.

Anda juga bisa menambahkannya dengan kualifikasi atau keterampilan yang Anda miliki yang bisa menjadi kontribusi kemajuan perusahaan. Jangan memberikan jawaban yang terlalu biasa dan umum. Satu hal yang mesti dihindari adalah memberikan penjelasan yang panjang lebar dan bertele-tele.

HRD sesungguhnya tidak mempedulikan cerita detail mengenai diri Anda atau darimana Anda berasal, akan tetapi jawaban yang tepat saat interview bagi pemula yaitu apa yang bisa Anda lakukan jika seandainya Anda diterima bekerja.

Contoh jawaban singkat interview kerja

“Saya dibesarkan di Jakarta dan belajar akuntansi. Saya bekerja di sebuah perusahaan akuntansi selama dua tahun dan saya menikmati bersepeda dan jogging.”

“Saya orang akan mudah yang bekerja dengan baik dengan semua orang. Saya menikmati berada di sekitar orang-orang yang berbeda dan saya ingin selalu menantang diri saya sendiri untuk meningkatkan segala sesuatu yang saya lakukan.”

“Saya seorang pekerja keras dan saya ingin mengambil berbagai tantangan. Saya suka hewan peliharaan, dan di waktu luang saya, saya ingin bersantai dan senang membaca koran.”

“Saya menyukai keseimbangan. Ketika saya bekerja, saya ingin bekerja keras. Dan di luar pekerjaan, saya ingin terlibat dalam kegiatan pribadi saya seperti golf dan memancing.”

Contoh jawaban panjang saat ditanyakan oleh user

“Saya pergi ke Universitas Airlangga dan mengambil jurusan Sastra Inggris. Saya melanjutkan kuliah di pascasarjana karena saya benar-benar menikmati pembelajaran. Setelah itu, saya memulai karir saya di Boeing sebagai editor konten web. Saya sudah bekerja disana selama 3 tahun sekarang. Meskipun pembelajaran saya adalah dalam hal menulis, saya menyukai angka. Saya pikir memecahkan tes logika dan teka-teki yang cukup menyenangkan. Saya juga menikmati joging, membaca, dan menonton film. “

Tidak ada jawaban benar atau salah untuk pertanyaan ini. Tidak ada pula pertanayaan perbedaan interview user dan hrd. Hal yang paling penting yang harus Anda ingat adalah bagaimana Anda menyampaikan pesan. Contoh di atas menunjukkan jawaban singkat menceritakan sedikit tentang seseorang. Jawabannya bisa berasal dari pendidikan, karir, dan kepentingan pribadi.

Simak Juga: 5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

2. Apa yang membuat Anda tertarik untuk bergabung di perusahaan kami?

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Pertanyaan interview kerja sesungguhnya HRD ingin mengetahui sejauh mana minat yang Anda miliki terhadap perusahaan tersebut dan seberapa banyak informasi yang Anda miliki. Oleh karenanya persiapkan diri Anda dari pertanyaan ini dengan mencari sebanyak mungkin informasi profil perusahaan yang dilamar.

Dengan informasi yang cukup, maka pertanyaan ini bisa memberikan kesempatan bagi Anda untuk memperlihatkan inisiatif dan antusias Anda terhadap perusahaan tersebut. Jawaban yang tepat saat interview bagi pemula yang Anda keluarkan juga bisa digunakan oleh user sebagai barometer atau satuan alat ukur dalam menilai apakah kualifikasi serta pengalaman yang Anda miliki sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

3. Apa kelebihan Anda?

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Ini adalah pertanyaan populer dalam wawancara kerja. Cara interview karyawan baru yakni HRD ingin tahu apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda. Meskipun ini adalah pertanyaan umum, ada jawaban yang salah dan benar. Jawaban yang salah adalah jawaban umum dengan mengatakan Anda terorganisir dan ramah.

Meskipun tidak akan menyakiti Anda selama wawancara, itu pasti tidak akan membantu Anda. Jawaban pertanyaan ini berdasarkan pada jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Contoh jawaban singkat interview kerja

“Saya percaya sifat terkuat saya adalah perhatian saya terhadap detail. Sifat ini telah sangat membantu saya dalam bidang pekerjaan ini.”

“Saya selalu menjadi anggota tim yang hebat. Saya pAndai bekerja bersama-sama tim dan menghasilkan kerja yang berkualitas di lingkungan tim.”

“Setelah bekerja selama beberapa tahun, saya menyadari kekuatan saya adalah menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat. Saya menyelesaikan hal-hal tepat waktu dan manajer saya selalu menghargai itu.”

“Sifat terkuat saya adalah dalam pelayanan kepada pelanggan. Saya mendengarkan dan memperhatikan kebutuhan pelanggan saya dan saya pastikan mereka lebih dari puas.”
Jawaban Panjang

Katakanlah Anda wawancara untuk posisi manajemen. Anda harus menyebutkan ciri-ciri yang penting bagi manajer.

“Beberapa kekuatan saya adalah dalam perencanaan dan pelaksanaan, serta bekerja dengan orang-orang. Saya sangat baik dalam perencanaan dan merinci semua langkah. Bahkan saat di perguruan tinggi, saya selalu mengatur waktu dan merencanakan strategi untuk mengatasi masing-masing kelas maupun tugas saya. Membuat rencana selalu memudahkan kehidupan saya. Saya juga bekerja sangat baik dengan orang-orang dengan cara di mana saya menggunakan kekuatan dari masing-masing individu dalam tim untuk menghasilkan hasil yang terbaik.”

Jika Anda melamar posisi akuntansi, Anda harus menyebutkan ciri-ciri yang kuat seorang akuntan harus dimiliki dan mengklaim bahwa itu semua ada pada diri Anda.

“Saya sangat berorientasi pada detail, pAndai mengelola waktu, dan sangat jujur. Saya selalu menggabungkan manajemen waktu dan orientasi detail secara bersama-sama. Secara naluri saya berorientasi pada detail, hal ini mengakibatkan saya menghabiskan banyak waktu pada tugas tertentu. Setelah saya menggabungkannya dengan manajemen waktu, saya menemukan bahwa produktivitas dan efisiensi saya meningkat secara dramatis. Saya mampu merencanakan dengan lebih baik dan menghasilkan kualitas kerja yang lebih tinggi saat dibawah tekanan waktu. Dan terakhir, saya orang yang sangat jujur. Mungkin saya dapat menipu orang lain bila melakukan hal yang tidak jujur, tetapi saya sungguh tidak bisa menipu diri sendiri dan Tuhan Yang Maha Mengetahui apa-apa yang telah saya perbuat. Itulah yang saya percaya. “

Contoh kedua bisa tampak agak bertele-tele. Tapi kekuatan contoh nyata lebih besar daripada hanya sekedar kata-kata besar Anda. Setiap orang dapat mengklaim mereka jujur, tetapi dengan contoh, jauh lebih bisa dipercaya.
Sejauh pengetahuan Anda.

4. Apa saja kelemahan serta kekurangan yang Anda miliki?.

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Untuk jawaban user interview, Anda harus menampilkan kelemahan yang dapat dilihat sebagai kekuatan. Ada banyak jenis jawaban. Beberapa jawaban akan menjadi jawaban yang baik untuk pekerjaan tertentu, sedangkan jawaban yang sama akan menjadi jawaban buruk bagi pekerjaan yang berbeda. Pilih jawaban yang akan bekerja untuk posisi yang Anda lamar. Berikut adalah beberapa contoh.

Contoh jawaban singkat saat wawancara kerja pertama kali

“Ini mungkin buruk, tapi di kampus saya menemukan bahwa saya banyak menunda-nunda. Saya menyadari masalah ini, dan saya mengatasinya dengan menyelesaikan pekerjaan saya lebih cepat dari jadwal.”

“Saya merasa kelemahan saya adalah tidak cukup berorientasi detail. Saya orang yang ingin menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan. Saya menyadari ini berdampak pada kualitas dan saya sedang berusaha menemukan keseimbangan antara kuantitas dan kualitas.”

“Saya merasa kemampuan bahasa Inggris adalah kelemahan saya. Saya tahu ini hanya sementara. Saya pasti belajar keras agar bisa berkomunikasi dengan lebih efektif.”

“Kelemahan saya adalah berusaha tidak meminta bantuan orang lain. Saya selalu mencoba untuk memecahkan masalah saya sendiri bukannya meminta rekan kerja yang mungkin tahu jawabannya. Ini akan menghemat lebih banyak waktu dan saya akan lebih efisien. Tetapi saya mengerti kapan saat yang tepat untuk meminta bantuan. “

Contoh jawaban panjang saat ditanyakan untuk fresh graduate

“Saya pikir sifat terlemah saya adalah ketidaksabaran saya. Setiap kali saya bekerja dalam tim dan anggota lain tidak melakukan sesuai dengan harapan saya, saya bisa sabar dan kesal. Saya mengerti jika mereka bekerja keras dan sebagian mereka menemukan kesulitan, tapi kadang-kadang seseorang tidak bisa melakukan tugas dikarenakan ketidakmampuan atau kemalasan. Beberapa waktu yang lalu saya merasa frustrasi dan mulai mengeluh, tapi saya menyadari bahwa saya dapat membantu dengan menjelaskan hal-hal kepada beberapa orang dan mendorong orang-orang agar lebih semangat dengan mengingatkan mereka tentang tenggat waktu. Saya tahu itu buruk untuk menjadi sabar, tapi saya pasti bekerja melampauinya.”

“Saya terlalu berorientasi pada detail. Saya tidak pernah ingin meninggalkan apa-apa dan saya ingin semuanya sempurna. Ini buruk karena memperlambat pekerjaan saya. Awalnya, saya mencoba untuk bekerja lebih cepat untuk mengkompensasi hal tersebut, tetapi itu hanya membuat saya ceroboh. Jadi saya memutuskan untuk lebih menekankan pada prioritas dan perencanaan. Dengan demikian, saya berharap bahwa saya dapat membuat keputusan yang tepat tentang apa yang harus saya kerjakan dan apa yang harus saya tinggalkan. “

Kedua contoh ini menunjukkan jawaban yang tepat saat interview bagi pemula. Meskipun menjadi tidak sabar itu tidak baik, tapi menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pembelajar yang cepat dan yang Anda menyukai efisiensi.

Contoh kedua menampilkan seseorang yang berorientasi detail, yang dapat dilihat sebagai sifat yang baik. Akhirnya, kedua jawaban mengidentifikasi kelemahan dan menunjukkan tindakan yang mengoreksi kelemahan tersebut.

5. Apa tujuan jangka pendek Anda?

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Pertanyaan ini terutama bergantung pada di mana Anda berada dalam karir Anda. Jawaban interview motivasi kerja seseorang dengan 5 tahun pengalaman akan memiliki tujuan jangka pendek yang berbeda dari orang yang tidak memiliki pengalaman kerja. Saya akan memberikan contoh untuk kedua skenario. Tapi pertama, berikut adalah beberapa jawaban singkat.

Contoh jawaban singkat saat wawancara kerja pertama kali

“Tujuan jangka pendek saya adalah untuk menemukan posisi di mana saya dapat menggunakan pengetahuan dan kekuatan yang saya miliki. Saya ingin mengambil bagian dalam pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan tempat saya bekerja.”

“Saya telah belajar dasar-dasar pemasaran selama dua tahun pertama. Saya ingin mengambil langkah berikutnya dengan mengambil proyek-proyek yang menantang. Tujuan jangka pendek saya adalah untuk tumbuh sebagai seorang analis pemasaran.”

“Sebagai Manajer Program, penting untuk memahami semua bidang proyek. Meskipun saya memiliki kemampuan teknis untuk menjadi sukses dalam pekerjaan saya, saya ingin belajar aplikasi perangkat lunak yang berbeda yang mungkin bisa membantu dalam efisiensi kerja.”

“Tujuan saya adalah untuk selalu tampil di tingkat yang luar biasa. Tapi dalam tujuan jangka pendek, saya telah menetapkan untuk diri sendiri adalah untuk menerapkan proses yang dapat meningkatkan efisiensi kerja.”

Contoh jawaban panjang interviw kerja untuk fresh graduate

“Tujuan jangka pendek saya adalah untuk belajar semua yang saya dapat mengenai pemasaran. Saya ingin mencari posisi di mana saya bisa berkontribusi terkait apa yang telah saya pelajari dari pendidikan saya dan untuk mendapatkan pengalaman di kehidupan nyata. Saya percaya beberapa tahun mendatang akan menjadi sangat penting bagi saya, dan tujuan langsung saya adalah untuk belajar serta menjadi terampil dalam semua aspek pemasaran. ”

“Tujuan jangka pendek saya adalah untuk masuk ke posisi manajemen. Lima tahun terakhir karir saya, saya telah berkonsentrasi pada pembelajaran dan memperoleh semua keterampilan yang dibutuhkan agar melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Baru-baru ini, saya telah mengambil lebih banyak tanggung jawab dalam manajemen karena saya akhirnya ingin menjadi seorang manajer penjualan. Saya senang beberapa tugas terakhir saya selesai karena bekerja dengan melibatkan vendor dan mitra dan dan saya hanya mengelola sekelompok kecil pekerja. Jadi saya berharap agar bisa berada dalam posisi manajemen dalam satu atau dua tahun kedepan dan saya harus melakukan pekerjaan dengan rajin dan sukarela untuk bekerja ekstra agar mendapatkan lebih banyak pengalaman. “

Contoh pertama adalah seseorang langsung dari sekolah. Belajar adalah tujuan jangka pendek yang baik untuk dimiliki karena menunjukkan bahwa Anda akan berusaha keras dalam pekerjaan Anda. Contoh kedua lebih terinci karena berkenaan dengan orang yang memiliki beberapa tahun pengalaman.

Siapa saja dapat mengatakan mereka ingin berada di posisi manajemen, tapi kandidat ini mengambil langkah lebih lanjut dengan menunjukkan langkah-langkah yang ia ambil untuk mencapai tujuan jangka pendek. Dengan demikian, jawaban menjadi lebih kuat.

Baca Juga: 3 Motif Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula, dimana Anda sudah mengetahui pertanyaan interview kerja fresh graduate diatas yang kami sajikan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *