5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

By | Juli 1, 2019

Fachri Aja, 5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate | Tanpa basa-basi lagi, panduan kali ini seputar pertanyaan dan jawaban wawancara kerja. Dalam artikel yang kami bagikan pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin tentang pertanyaan dan jawaban wawancara kerja untuk fresh graduate SMK. Dalam artikel ini kami memberikan beberapa contoh pertanyaan interview kerja fresh graduate yang membuat Anda makin percaya diri menghadapi interview kerja. Oleh karena itu, Anda bisa memulai membaca artikel mengenai pertanyaan dan jawaban wawancara kerja secara lengkap dibawah ini.

Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja Bagi Anda Pertama Kali

Salah satu cara menghadapi interview kerja bagi pemula terbaik adalah dengan memahami jenis dan tipe pertanyaan yang paling sering diajukan dalam interview. Tak hanya memahami pertanyaannya tapi juga mempersiapkan jawabannya dengan baik.

Simak 5 pertanyaan paling umum yang biasanya diajukan saat wawancara kerja dan cara menjawabnya di bawah ini.

1. Beritahu alasannya mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

Cara interview yang baik agar diterima saat menjawab pertanyaan ini, Anda perlu tahu persis apa yang mereka cari. Dengan informasi ini, ikatlah dengan kekuatan Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda benar-benar memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.

Kemudian yang lebih penting, saat pertanyaan interview kerja pertama kali. Anda perlu lebih menonjol daripada orang lain wawancara untuk posisi ini. Dalam artikel ini akan memberikan dua contoh untuk jawaban panjang, satu untuk orang dengan banyak pengalaman, dan yang lainnya untuk lulusan perguruan tinggi.

Jawaban Singkat

“Saya sangat cocok untuk posisi ini. Saya memiliki pengalaman dan sifat-sifat yang Anda cari. Di atas semua itu, saya seorang anggota tim yang hebat yang bisa bekerjasama dengan semua orang.”

“Ada dua alasan saya harus dipekerjakan. Pertama, kualifikasi saya sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua, saya senang dan bergairah tentang industri ini dan akan selalu memberikan 100% kemampuan saya.”

“Anda harus mempekerjakan saya karena saya yakin dan saya akan melakukan pekerjaan terbaik. Saya memiliki track record yang terbukti sukses mulai dari SMA sampai sekarang. Saya bertanggung jawab dan cerdas”

“Posisi ini membutuhkan seseorang yang akan bekerja dengan baik tanpa pengawasan. Saya tahu bagaimana mengelola waktu dan mengatur pekerjaan saya dengan baik. Jadi, saya yakin akan menjadi kandidat terbaik untuk posisi ini. “

Jawaban Panjang

“Posisi ini untuk manajer jaminan kualitas, saya yakin saya orang terbaik untuk pekerjaan ini karena pengalaman masa lalu saya. Pada Perusahaan Software ABC, saya memimpin sebuah tim yang bertanggung jawab terhadap kualitas tiga aplikasi yang berbeda. Saya memiliki pengetahuan yang mendalam tentang jaminan kualitas, dukungan produk, dan bahkan beberapa proses kreatif yang akan menguntungkan tim jaminan kualitas. Saya telah membangun tim dari awal dan memahami siklus pengembangan produk. Akhirnya, salah satu dari sifat-sifat saya adalah dalam mengembangkan dan mentoring karyawan junior. Saya dipercaya dalam mentransfer pengetahuan untuk semua orang di perusahaan dan investasi pengetahuan lebih ke orang-orang yang bekerja untuk saya. Sehingga saya yakin bahwa saya akan menjadi kandidat terbaik karena kombinasi dari pengalaman saya, keterampilan manajerial, dan keinginan saya untuk memberikan pertumbuhan karyawan. ”

“Alasan saya melamar posisi ini karena kualifikasi cocok dengan kekuatan yang saya miliki. Saya pandai mengerjakan beberapa tugas, sangat berorientasi pada detail, dan saya mengatur waktu dengan sangat efisien. Saya memiliki passion untuk industri ini, dan saya orang yang optimis. Latar belakang pendidikan saya dan kekuatan saya menunjukkan bahwa saya bisa melakukan pekerjaan ini.”

Jawaban ini menggunakan pengalaman dan keterampilan untuk meyakinkan pewawancara untuk mempekerjakan dia. Selain berbicara tentang pengalaman masa lalu, contoh ini juga menekankan kemampuan yang kuat untuk membimbing orang.

Simak Juga: 5 Pertanyaan Interview dan Jawaban Kerja Agar Diterima

2. Dengan cara apa Anda mengatur waktu dengan baik?

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

“Saya mengatur waktu dengan baik sehingga saya tidak pernah terlambat untuk bekerja, dan saya tidak pernah melewatkan tenggat waktu.”

“Saya pandai mengelola waktu saya. Saya tetap sibuk baik di rumah dan di tempat kerja dan mampu mengatur waktu saya untuk melakukan segala sesuatu yang ingin saya lakukan.”

“Saya mengatur waktu saya dengan baik melalui perencanaan tentang apa yang harus saya lakukan selama seminggu. Ini membuat saya tetap di jalur serta membantu saya untuk menjadi lebih efisien.”

Jawaban Panjang

“Mengelola waktu saya adalah salah satu ciri kekuatan saya. Saya memprioritaskan tugas-tugas saya dan ini memungkinkan saya untuk menepati jadwal. Setiap hari saya mengatur waktu saya sehingga saya bisa mencapai lebih dari apa yang saya tetapkan untuk dilakukan. Jadi pengelolaan waktu dengan berorientasi pada tujuan merupakan sesuatu yang sangat nyaman saya lakukan.”

3. Bagaimana Anda menangani perubahan?

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

Anda akan menemukan tipe pertanyaan interview kerja pertama kali seperti ini. Berurusan dengan perubahan merupakan hal umum di tempat kerja. Sebuah jawaban yang sederhana tidak akan cukup untuk mengesankan pewawancara. Ini adalah jenis lain dari pertanyaan di mana setiap orang akan memiliki jawaban yang sama.

Tentu saja semua orang akan mengklaim merka ahli berurusan baik dengan perubahan. Jika pertanyaan interview kerja fresh graduate ditanyakan berikut tips nya Anda harus berkomunikasi bahwa Anda benar-benar baik berurusan dengan perubahan. Berikut adalah beberapa contoh untuk Anda.

Jawaban singkat

“Saya pandai berurusan dengan perubahan karena saya seorang pemikir yang cepat. Jika sebuah informasi baru membuat kita harus mengubah strategi pemasaran, saya akan cepat menganalisa informasi dan membuat rencana untuk melakukan perubahan.”

“Saya pandai berurusan dengan perubahan karena saya fleksibel terhadap pekerjaan dan kemampuan saya. Saya tidak takut belajar hal-hal baru dan sulit. Setiap kali saya dihadapkan dengan perubahan, saya akan melakukan upaya ekstra untuk membuat kelancaran saat transisi perubahan.”

“Saya mudah menangani perubahan. Setiap kali ada perubahan apapun, saya menganalisa situasi dan saya selalu mencoba untuk menemukan cara agar saya dapat berkontribusi dalam perubahan dengan cara yang positif.”

Jawaban panjang

“Saya percaya bahwa berurusan dengan perubahan merupakan kebutuhan di tempat kerja. Perubahan misi, perubahan segmen pasar baru, atau perusahaan mungkin perlu untuk mengubah arah. Apapun itu, sebagai anggota dari tim, saya akan diharapkan untuk melakukan bagian saya dengan menyerap informasi baru, menganalisa secara menyeluruh, berbagi ide-ide saya, dan benar-benar menjadi anggota tim yang dihargai. Berurusan dengan perubahan adalah sifat yang diperlukan. Saya yakin bahwa saya mampu mengantisipasi perubahan dengan menjadi penuh perhatian dan jeli.”

Secara keseluruhan, ini adalah jawaban interview motivasi kerja yang baik. Pernyataan terakhir adalah pernyataan yang berani untuk dapat mengantisipasi perubahan. Jika pewawancara terkesan, mereka mungkin menindaklanjuti dengan meminta contoh bagaimana Anda mengantisipasi perubahan.

Jika Anda menggunakan jawaban seperti yang disediakan, pastikan Anda memiliki contoh. Jika Anda tidak memiliki satu, maka jawaban yang Anda berikan akan dilihat sebagai kebohongan dan Anda mungkin gagal.

4. Bagaimana Anda membuat keputusan penting?

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

“Saya membuat keputusan penting dengan memeriksa semua rincian dan kemudian menimbang pro dan kontra atas setiap keputusan.”

“Saya mengumpulkan semua informasi yang dapat saya temukan dan berdasarkan informasi itu saya akan buat keputusan terbaik yang saya bisa. Jika saya tahu rekan kerja berada dalam situasi yang sama, saya tidak akan ragu untuk mengetahui hasil dan memastikan bahwa keputusan saya adalah yang terbaik.”

“Saya percaya bahwa semua keputusan harus dibuat dengan memiliki semua informasi. Jika Anda kehilangan detail informasi penting, sangat mudah untuk membuat keputusan yang buruk. Jadi saya membuat keputusan penting dengan memiliki semua informasi.”

“Keputusan penting dibuat melalui pengetahuan tentang informasi dan kebijaksanaan melalui pengalaman. Saya akan mengumpulkan semua informasi yang saya dapat temukan dan kemudian menerapkan pengalaman saya ketika menganalisa informasi. Dengan kombinasi ini, saya yakin saya akan membuat keputusan penting yang benar . ”
Jawaban Panjang

“Saya pikir bahwa semua keputusan adalah penting, dan memiliki banyak informasi tentang keputusan adalah salah satu aspek yang paling penting. Setelah memeriksa semua fakta, saya akan berpikir tentang hasil dan konsekuensi dari setiap tindakan dan setelah menimbang pro dan kontra, saya akan mengambil keputusan terbaik. Namun, saya menyadari bahwa beberapa keputusan tidak diatas hitam dan putih. Dalam situasi ini, saya akan mengandalkan pengalaman saya, atau bahkan bekerja dengan anggota tim saya untuk datang dengan keputusan yang terbaik. “

Ini adalah jawaban yang layak, tapi bila dipikir kembali Anda bisa memikirkan yang lebih baik. Jangan ragu untuk berkreasi dengan jawaban Anda karena itu adalah jawaban yang pewawancara akan ingat.

5. Apakah Anda bekerja dengan baik di bawah tekanan?

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

Tips menjawab interview panggilan kerja dalam kebanyakan kasus, jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah menjawab ya. Bekerja dengan baik di bawah tekanan adalah sifat yang baik untuk dimiliki. Namun, bila dipikir jika Anda menjawab bahwa Anda sama saat bekerja dengan tekanan dan tanpa tekanan, HRD akan lebih terkesan. Namun, Anda akan perlu untuk menjelaskan mengapa ini lebih baik. Berikut adalah beberapa jawaban yang kami ringkas.

Jawaban singkat

“Saya bekerja dengan baik di bawah tekanan karena saya menggunakan tekanan untuk membantu saya bekerja lebih efisien.”

“Saya senang bekerja di bawah tekanan karena saya percaya itu membantu saya tumbuh. Dalam pengalaman saya sebelumnya, saya selalu bekerja dengan baik selama tenggat waktu, dan saya selalu belajar bagaimana bekerja lebih efisien setelahnya.”

“Saya bekerja dengan baik di bawah tekanan karena saya tidak panik. Saya mempertahankan kontrol diri dan bekerja seefisien mungkin. Dalam semua pengalaman saya, saya melakukannya dengan baik dan saya selalu menikmati pengalaman.”

“Selama dalam tekanan, saya mencoba untuk memprioritaskan dan merencanakan sebanyak yang saya bisa. Setelah saya organisir, saya benar-benar hanya fokus dan bekerja keras dengan cara yang cerdas. Saya tidak membiarkan tekanan mempengaruhi saya. Jadi saya percaya saya bekerja dengan baik di bawah tekanan.”

Jawaban panjang

“Terus terang, saya yakin saya sama saat bekerja baik ketika ada tekanan maupun ketika tidak dalam tekanan. Saya selalu memprioritaskan dan mengatur pekerjaan saya, dan dari sana, saya bekerja secara efisien. Jika tekanan situasi adalah karena kurangnya waktu, saya bersedia bekerja dengan waktu extra untuk memenuhi deadline. Karena saya yakin pekerjaan ini merupakan pekerjaan besar, maka saya bekerja dengan baik saat di bawah tekanan.”

Memilih jawaban diatas karena berbeda dari jawaban standar. Jika Anda tidak nyaman dengan jawaban ini, maka Anda dapat menggunakan yang berikutnya.

“Saya punya beberapa teman yang membenci bekerja di bawah tekanan. Saya tidak tahu apakah itu aneh, tapi saya benar-benar menikmati bekerja di bawah tekanan. Saya menggunakan perasaan tertekan sebagai alat untuk memotivasi saya untuk bekerja lebih keras dan lebih efisien. Dalam pekerjaan terakhir saya, saya ingat kami memiliki proyek yang harus diselesaikan dalam 4 hari yang di mana biasanya dibutuhkan 10 hari. Ada beberapa anggota tim yang panik, tapi saya memastikan semua orang bahwa jika kita berkonsentrasi pada tugas dan bekerja keras, kami dapat menyelesaikan proyek. Butuh banyak lembur, dan di hari terakhir kami berada di kantor sampai pukul 02:00, tapi kami berhasil menyelesaikannya. Ini adalah kerja keras dan saya benar-benar menikmati pengalaman itu.”

Baca Juga: 5 Pertanyaan Interview User dan Jawabannya Untuk Pemula

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate, dimana Semoga artikel ini dapat membantu Anda menghadapai proses interview kerja dan sukses masuk menjadi bagian karyawan tetap di perusahaan tersebut. Pertanyaan wawancara kerja dan jawaban yang sesuai akan menentukan kesuksesan Anda. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *