50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

By | September 4, 2019
5
(1)

Fachri Aja, 50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung | Apakah Anda tahu tentang teknik promosi produk?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang teknik promosi produk secara lsngsung. Anda bisa mencoba 50 strategi promosi yang sejauh ini paling efektif untuk memastikan agar produk yang Anda jual sold out, dan metode penerapannya pun relatif mudah. Apa saja. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai teknik promosi produk secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Table of Contents

Contek!!! Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung atau Online

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

Berhasil memulai bisnis, membuat toko online dan punya produk yang bagus hanyalah permulaan dalam dinamika bisnis online. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menjual produk tersebut, dan tentu saja Anda harus mempromosikannya.

Sangat disayangkan, banyak bisnis yang harus tutup di awal karena penjualannya stagnan padahal produk yang dijualnya bagus. Sebagian besar hal yang mempengaruhinya adalah karena metode pemasaran yang tidak efektif dalam menggaet pelanggan.

Apa yang membuat orang mau membeli produk yang Anda? Hal yang sangat mempengaruhinya adalah bagaimana cara Anda dalam mempromosikan produk ke orang-orang.

1. Jual produk yang banyak dicari orang

pertama yang perlu Anda ketahui adalah jualah produk yang memang dicari banyak orang. Contohnya produk herbal, baju anak, buku bisnis dll. Dengan melakukan ini, Anda sudah memudahkan penjualan Anda.

2. Mulailah menjadi reseller

Tidak perlu pusing jika Anda memang belum pernah berjualan atau memulai bisnis sendiri. Anda bisa berjualan dan mendapatkan income dengan menjadi reseller suatu produk tertentu.

3. Jual produk yang repeat ordernya tinggi

Lebih mudah berjualan produk yang memiliki repeat order tinggi (pembelian berulang) contohnya fashion, produk kecantikan, jualan pulsa. Anda bisa memilih produk yang ingin Anda jual, namun saran untuk pebisnis pemula mulailah dengan yang repeat ordernya tinggi.

4. Buat target penjualan yang detail

Buat target penjualan yang detail, mulai dari target harian, target mingguan hingga bulanan. Bahkan jika Anda berjualan lebih dari satu produk dan lebih dari satu channel Anda perlu membuat target per produk atau per channel.

5. Pantau dan evaluasi target penjualan

Target penjualan yang sudah Anda buat perlu Anda pantau secara intense, dan tentunya perlu di evaluasi secara berkala sehingga tahu mana penjualan yang baik dan tidak serta tahu apa penyebabnya.

6. Buat rencana harian untuk mencapai target

Rencana harian perlu dibuat untuk menjaga agar penjualan tetap ada setiap hari. Contoh rencana harian misalnya, setiap hari senin rabu akan ada promo free ongkir, kamis jumat, promo diskon dll.

7. Jual produk yang berkualitas

Jual produk yang berkualitas adalah kunci wajib untuk dilakukan oleh para pebisnis. Sebab produk yang jelek akan membuat konsumen jera dan tidak akan datang lagi ke tempat kita.

8. Jual produk yang memilliki banyak varian

Jika memungkinkan, juallah produk yang memiliki banyak varian, sehingga konsumen punya banyak pilihan. Konsumen cenderung bosenan, maka varian dan jenis bisa jadi solusi.

9. Persiapkan tim Admin yang cekatan

Anda perlu menyiapkan tim admin yang cekatan, yang fast response. Sebab tanpa ini konsumen tidak akan loyal. Era online menuntut para pebisnis bisa merespon cepat keinginan pembeli (fast response).

10. Bangun Tim Reseller

Bangun tim reseller untuk meningkatkan penjualan lebih tinggi, tim reseller ini akan nantinya akan membantu menjualkan produk kita, mendistribusikan hingga ke konsumen.

11. Buat konsep pre order

Anda bisa membuat konsep pre order saat ada produk baru yang akan diluncurkan. Kelebihan pre order adalah biasanya konsumen akan lebih memilih membeli saat PO ini.

12. Berikan bonus saat pre order

Berikan bonus berimpah saat preorder, tujuan dengan diberikan bonus ini adalah untuk mendorong pembelian dari calon pembeli. Supaya lebih cepat terjadi closing.

13. Perbanyak Kontak Whatsapp

Perbesar kontak WA Anda untuk memperbanyak calon prospek. Calon prospek ini nantinya akan menjadi pembeli dan bahkan akan jadi pelanggan Anda. Kuncinya Anda perlu terus membangun relasi dengan mereka.

14. Ganti ganti status dan PP

Gunakan teknik ganti ganti status atau profil pict di WA Anda dengan tujuan memberikan notifikasi ke member Whatsapp Anda. Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan.

15. Perbanyak Kontak Telegram

Sama halnya dengan WA, telegram juga bisa digunakan untuk memperbesar calon pembeli. Telegram bisa dipakai untuk memperbanyak calon prospek, terlebih saat ini pengguna telegram di Indonesia tergolong sangat banyak

16. Perbanyak follower akun Instagram

Jika dulu twitter sedang tren, sekarang eranya instagram. Anda bisa menggunakan telegram untuk berjualan. Kuncinya adalah Anda wajib memperbanyak follower Anda. Caranya rutin posting gambar yang menarik.

17. Aktif di FB Pribadi

Facebook masih menjadi media sosial paling populer. Dengan aktif di akun pribadi Anda, maka akan semakin banyak teman yang akan join berteman di FB Anda. Mereka nantinya akan menjadi calon prospek.

18. Buatlah grup FB untuk menjaring prospek

Berbeda dengan akun pribadi, Facebook Grup bermanfaat untuk menjaring jumlah yang lebih banyak. Biasanya facebook grup memerlukan topik untuk dibahas. Gunakan Facebook Grup untuk memperbesar prospek Anda.

19. Gunakan momentum hari spesial

Anda bisa menggunakan momentum hari spesial untuk meningkatkan penjualan. Caranya adalah gunakan poster promo bercorak hari spesial. Misal diskon 14% di hari Valentine.

20. Buatlah promo kreatif di media sosial

Anda bisa membuat promo kreatif di media sosial. Misal dengan membuat kontes diskon produk sesuai jumlah follower media sosial Anda. Untuk jumlah diskon bisa Anda tentukan sendiri.

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

21. Buatlah program Free Ongkir

Free ongkir tetap menjadi daya tarik tersendiri untuk para pembeli online. Biasanya mereka lebih suka diberikan free ongkir. Anda bisa menerapkan teknik ini.

22. Mintakan Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan sangat penting untuk meningkatkan keyakinan calon pembeli. Testimoni atau kesan pembeli, bisa Anda posting di media sosial Anda.

23. Buatlah judul promosi yang memukau

Judul promosi yang Anda buat harus bisa mencuri perhatian calon pembeli. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan memberikan kata hypnotic writing. Seperti: Spesial!, Segera!, Akhirnya!,

24. Optimalkan brosur

Brosur masih banyak digunakan oleh pelaku UKM, namun banyak yang belum bisa memaksimalkannya. Dalam brosur yang efektif Anda perlu mennginfokan voucher potongan agar brosur tersebut tidak langsung dibuang.

25. Buat toko online

Anda bisa membuat toko online sendiri sebagai rumah jualan Anda.Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa toko online murah.

26. Masuk ke marketplace

Anda juga bisa menggunakan marketplace untuk memperbesar penjualan Anda, marketplace bagus untuk memperbesar channel link ke konsumen, namun perlu dipastikan agar tidak terjadi perang harga.

27. Buat kerjasama promo

Anda bisa membuat kerjasama promo dengan rekan bisnis Anda dengan tujuan bisa mengurangi biaya promo serta memperbesar jangkauan penjualan Anda.

28. Buatkan kartu member

Kartu member berperan untuk menjaga loyalitas konsumen. Anda bisa menerapkan cara ini dengan sederhana, intinya adalah akan ada harga khusus untuk pemegang kartu member.

29. Bidik pasar baru

Bidik pasar baru untuk mencari pasar yang lebih potensial. Cara ini bisa digunakan untuk memperbesar cakupan target pasar Anda.

30. Buat promo GRATIS

Cara ini relatif mudah dilakukan, intinya adalah Anda bisa memberikan sesuatu yang gratis untuk pembelian tertentu.

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

31. Buat kampanye di media sosial

Anda bisa melakukan kampanye di media sosial. Misalnya jika Anda berjuakan produk kesehatan. Anda bisa membuat kampanye tentang hidup sehat. Intinya adalah Anda perlu edukasi pasar tentang pentingnya kesehatan.

32. Harga khusus jika beli banyak

Teknik ini seringkali disebut dengan teknik beli rombongan. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk meningkatkan penjualan.

33. Berikan alasan kenapa perlu produk Anda

Pada dasarnya konsumen ingin tahu alasan kenapa harus membeli produk ke Anda. Nah dari sini penting buat Anda untuk membuat alasan mengapa perlu produk ini, mengapa harus beli dari Anda.

34. Berikan garansi

Garansi berperan penting untuk menghilangkan keraguan konsumen. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk menjamin bahwa produk Anda memang berkualitas bagus.

35. Demokan produk

Anda perlu mendemokan produk agar calon pembeli semakin yakin dengan produk yang Anda jual. Teknik ini sangat penting untuk produk yang memerlukan demo produk.

36. Tonjolkan kelebihan

Pada dasarnya konsumen membeli suatu produk karena manfaat serta karena kelebihan yang ada ada di Produk. Kelebihan ini perlu Anda tonjolkan ke konsumen.

37. Gunakan teknik konsinyasi

Teknik konsinyasi adalah cara yang paling basic dalam penjualan, namun cara ini masih sangat ampuh. Cara ini biasanya adalah menitipkan barang kita ke toko, kemudian jika ada penjualan baru diinfo ke kita.

38. Gunakan public figure

Anda bisa menggunakan jasa public figure untuk mempromokan produk Anda, teknik ini lazim disebut endorse. Anda tinggal minta public figure berfoto dengan produk Anda. Dan Anda perlu memberikan produknya secaera gratis.

39. Yakinkan konsumen dengan prestasi

Pada dasarnya konsumen akan semakin yakin jika produk kita mencapai pencapaian tertentu. Misal telah terjual lebih dari 5000 pcs, telah di ekspor ke 10 negara. Nah ini perlu Anda tonjolkan.

40. Kasih foto before after

Teknik ini bisa Anda gunakan untuk Anda yang berjualan produk yang mengutamakan khasiat hasil. Seperti produk kesehatan, produk skin care.

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung

41. Posting proses pengiriman produk

Anda bisa posting proses pengiriman produk untuk meyakinkan calon pembeli bahwa produk Anda memang banyak yang beli. Cara ini sederhana namun efektif untuk meyakinkan calon pembeli Posting produk.

42. Posting produk saat pre order

Sistem pre-order atau PO sebenarnya sudah sangat familiar dikalangan para pebisnis online. Jika Anda perhatikan dengan jeli, Anda akan selalu menemukan sistem PO di marketplace saat ini. Posting produk saat pre order perlu dilakukan agar calon pembeli ikut tertarik untuk join di masa preorder.

43. Berikan diskon

Diskon bisa menjadi salah satu daya tarik pembeli. Namun sebaiknya diskon jangan terlalu sering dipakai agar pembeli tidak menjadi kebal dengan diskon. Namun diskon tetap menarik.

44. Gunakan teknik call to action

Teknik call to action biasanya diberikan dengan konsep kalimat perintah. Contohnya. Pesan segera sebelum kehabisan! Book sebelum harga naik!

45. Infokan penawaran terbatas

Anda bisa menginfokan bahwa produk yang Anda jual terbatas. Cara ini bisa dilakukan untuk mempercepat pembelian konsumen.

46. Berikan voucher cashback

cashback adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback. Teknik cashback bisa Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan Anda terutama ketika momen hari spesial atau jika terjadi pembelian dalam jumlah banyak.

47. Infokan fakta

Fakta penting untuk membantu meyakinkan calon pembeli sebelum akan membeli produk Anda. Misal jika Anda berjualan produk kosmetik anti jerawat. Anda bisa menginfokan fakta bahwa wanita yang tidak mencuci wajah dengan benar berpotensi jerawat.

48. Buatlah promo paket

Anda bisa menggunakan teknik promo paket untuk meningkatkan penjualan Anda. Promo paket ini akan mendorong pembeli untuk membeli dalam jumlah yang lebih banyak.

49. Gunakan teknik harga coret

Secara psikologis harga coret lebih menarik dibanding harga normal. Anda bisa menggunakan teknik untuk memperbesar ketertarikan konsumen.

50. Berikan voucher pembelian berikutnya

Teknik jualan ini sangat ampuh agar pembeli melakukan pembelian berulang. Caranya sederhana, Anda tinggal memberikan voucher cashback atau potongan untuk pembelian berikutnya.

Baca Juga: 20 Ide Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat dan Halal

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 50 Cara Strategi Teknik Promosi Produk Secara Langsung, dimana Nah, itulah ide promosi kreatif yang sangat efektif dan bila diterapkan dengan baik akan membuat produk Anda sold out dengan cepat.. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *