[Corona] 10 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif

By | Maret 23, 2020
0
(0)

Fachri Aja, 10 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif | Apakah Anda tahu tentang tips bekerja di rumah agar bisa tetap produktif?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang tips bekerja di rumah agar bisa tetap produktif di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri lagi jika saat ini kita sebagai warga negara yang baik harus mentaati himbauan Pemerintah untuk sementara bekerja dari rumah. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai tips bekerja di rumah agar bisa tetap produktif secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif dan Fokus

10 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif

10 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif

Saat ini pemerintah juga meghimbau kepada warga negara Indonesia agar menerapkan social distancing dan hanya diperbolehkan beraktivitas di rumah saja, termasuk belajar dan bekerja. Kerja di rumah tentu saat ini memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Selain bisa menghemat biaya transportasi ataupun bensin, kerja dari rumah juga membuat Anda sebagai pekerja lebih fleksibel dan tidak gampang lelah.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa menunda pekerjaan atau bersantai ria seenaknya. Anda harus membaca tips bekerja dari rumah berikut ini agar Anda tetap produktif. Kemudian, bagaimana caranya agar tetap produktif saat Anda sedang bekerja dari rumah?.

1. Persiapkan diri

Persiapkan diri Anda jika sudah memutuskan untuk bekerja dari rumah. Jangan berprasangka terlebih dahulu jika Anda bekerja dari rumah maka suasanya pun bisa santai, seperti sambil berada juga nonton televisi. Hal itu tentu wajib Anda hindari sejauh mungkin Anda bisa, karena bisa mengakibatkan produktivitas Anda dalam bekerja menjadi menurun. Membuat suasana seperti halnya di kantor, bisa meningkatkan produktivitas Anda saat harus kerja di rumah.

2. Mengatur jadwal

Mengatur jadwal ini adalah suatu hal yang perlu Anda perhatikan, ketika Anda sedang bekerja dari rumah yakni mengatur jadwal. Saat Anda sedang bekerja tetapi Anda tidak bisa mengatur jadwal, maka biasanya Anda akan merasa bebas dan lupa dengan pekerjaan Anda. Jadi, atur seperti biasa jam bangun Anda agar tidak kesiangan. Kemudian jangan lupa mandi agar badan tetap segar sehingga bisa fokus dan siap untuk bekerja dari rumah.

3.  Cari posisi kerja yang nyaman

Cari posisi kerja yang nyaman pada sebagian orang tentu berbeda-beda, ada yang saat bekerja nyaman di sofa ataupun kasur. Tetapi, jika Anda tidak merasa nyaman ketika bekerja dia atas kasur, maka seharusnya hindari hal tersebut. Hindari hal tersebut juga karena bekerja di atas kasur bisa menimbulkan efek tidur. Anda bisa ambil posisi kerja senyaman mungkin, misal di mejal belajar atau bahkan di halaman rumah.

4.  Buat ruang kerja Anda seperti suasana kantor

Buat ruang kerja Anda seperti suasana kantor jika perlu. Anda bisa menambahkan beberapa elemen lain supaya dapat membuat suasana kantor di rumah seperti bunga dengan potnya, lampu kerja, maupun hiasan kantor lainnya. Dengan demikian, maka suasana kantor akan tercipta di ruang kerja Anda sehingga menambah produktifitas kerja Anda.

5. Fokus pada pekerjaan

Fokus pada pekerjaan saat Anda sedang bekerja di rumah. Usahakan hindari kegiatan lain seperti nongkrong bersama teman, main game dan hal lainnya yang bisa mengganggu pekerjaan Anda. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut apabila pekerjaan Anda sudah selesai dikerjakan. Hal tersebut bila dilakukan di luar kerjaan tentunya akan membuat Anda menunda pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Secara Online

6. Istirahat sejenak

10 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif

10 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif

Istirahat sejenak bisa Anda lakukan ketika Anda sudah merasa bosan saat kerja di rumah, maka disarankan agar Anda keluar sebentar menghirup udara segar. Berjalan-jalan di halaman rumah selama 10 menit tentu dapat mereffresh kembali otak Anda. Selain itu, Anda juga bisa membeli snack yang sekiranya dapat mendukung produktivitas Anda saat bekerja nanti.

7. Jaga kebersihan ruang kerja

Jaga kebersihan ruang kerja Anda agar bisa membuat Anda makin nyaman dengan ruangan kerja yang rapi dan bersih. Jika masih kotor segeralah bersihkan sebelum dan setelah bekerja agar Anda makin nyaman dan tidak mudah kehilangan fokus saat bekerja.

8. Jaga komunikasi rekan kerja

Jaga komunikasi rekan kerja sangatlah diperlukan ketika bekerja di rumah. Karena waktu berkomunikasi bersama para rekan kerja tentu saja tidak sesering saat Anda berada di kantor setiap harinya. Menjaga komunikasi dengan rekan kerja yang baik adalah kunci sukses kerja dari rumah, karena hal ini akan membuat Anda untuk selalu fokus dan menjaga pekerjaan tetap pada jalur yang tepat.

9. Berpakaian rapi selayaknya Anda Bekerja

Berpakaian rapi selayaknya Anda bekerja saat Anda melakukan remote working seperti saat ini. Karena biasanya orang yang berpakaian seenaknya sendiri biasanya tidak bisa membedakan antara waktu kerja dengan kehidupan pribadi. Akibatnya, terdapat banyak hal yang menganggu yang makin membuat kinerja bisa jadi tidak produktif.

10. Komunikasikan jam kerja Anda ke orang terdekat

Komunikasikan jam kerja Anda ke orang terdekat Anda seperti pasangan, orang tua, adik, dsb. Pastikan untuk agar anggota keluarga yang lain tahu serta menghormati jadwal kerja yang sudah Anda tetapkan. Demikian pula Anda wajib merencanakan dan mengorganisasikan tumpukan kerja yang tersedia. Tentukan tenggat waktu tertentu untuk menyelesaikan berbagai ragam pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Baca Juga: 10 Alasan Anda Keluar Dari Zona Nyaman Pekerjaan

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 10 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Produktif, Itulah beberapa tips yang dapat Anda praktekkan agar meningkatkan produktivitas ketika sedang bekerja dari rumah. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *