5 Tujuan Wawancara Kerja Penting Bagi Perusahaan

By | Agustus 13, 2019

Fachri Aja, 5 Tujuan Wawancara Kerja Penting Bagi Perusahaan | Apakah Anda tahu tentang tujuan wawancara kerja?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang alasan perusahaan melakukan tujuan wawancara kerja. Dalam artikel ini akan menjawab mengapa wawancara kerja penting bagi perusahaan. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai tujuan wawancara kerja secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Mengapa Tujuan Wawancara Kerja Penting Bagi Perusahaan ?

5 Tujuan Wawancara Kerja Penting Bagi Perusahaan

5 Tujuan Wawancara Kerja Penting Bagi Perusahaan

Wawancara kerja saat ini merupakan salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Meskipun validitas wawancara dianggap lebih rendah jika dibandingkan dengan metode seleksi yang lain seperti psikotest.

Namun wawancara memiliki berbagai kelebihan yang memudahkan petugas seleksi dalam menggunakannya. Apapun penilaian calon karyawan. Wawancara kerja sebenarnya memberikan suatu kesempatan atau peluang bagi pelamar untuk mengubah lowongan kerja menjadi penawaran kerja.

Mengingat bahwa wawancara kerja tersebut merupakan suatu proses pencarian pekerjaan yang memungkinkan pelamar untuk memperoleh akses langsung ke perusahaan, maka performance wawancara kerja merupakan suatu hal yang sangat krusial dalam menentukan apakah pelamar akan diterima atau ditolak.

Bagi si pelamar, wawancara kerja memberikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan secara langsung pengalaman, pengetahuan, ketrampilan, dan berbagai faktor lainnya yang berguna untuk meyakinkan perusahaan bahwa dia layak untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan.

Selain itu wawancara kerja juga memungkinkan pelamar untuk menunjukkan kemampuan interpersonal, professional, dan gaya hidup atau kepribadian pelamar. Jika di dalam Curriculum Vitae)pelamar hanya bisa mengklaim bahwa dirinya memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.

Maka dalam wawancara dia diberi kesempatan untuk membuktikannya. Bagi perusahaan, wawancara kerja merupakan salah satu cara untuk menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki pelamar tersebut untuk memegang jabatan / pekerjaan yang ditawarkan.
Secara umum tujuan dari wawancara kerja adalah :

1. Untuk mengetahui kepribadian pelamar

Dengan pengetahuan terkait perusahaan dan antusiasme Anda, Anda akan dinilai oleh pewawancara update terkait perkembangan perusahaan mereka. dan ini akan membuat pewawancara tertarik dengan Anda.

2. Mencari informasi relevan yang dituntut dalam persyaratan jabatan

Ingat, jangan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian dan pengalaman Anda.Meyakinkan pewawancara bahwa Anda memiliki keahlian dan pengalaman yang baik terkait posisi pekerjaan tersebut.

Hubungkan antara keahlian dan pengalaman anda serta antara posisi pekrjan yang sedang Anda lamar. Ini bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan kenapa anda tertarik.

3. Mendapatkan informasi tambahan yang diperlukan bagi jabatan dan perusahaan

Menunjukkan bahwa posisi tersebut akan memberikan banyak manfaat pada karir calon karyawan. Mengetahui bahwa calon karyawan akan totalitas dalam posisi tersebut, bukan digunakan sebagai pekerjaan untuk mengisi waktu luang, atau sebagai batu loncatan mendapatkan pekerjan lain.

4. Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pelamar-pelamar yang layak untuk diberikan penawaran kerja

Menulis pernyataan tujuan yang tidak standar di surat lamaran adalah salah satu yang harus Anda hindari. Pernyataan klasik seperti “Mencari pekerjaan yang menantang dan menawarkan pengembangan professional” sebaiknya tidak perlu Anda tulis.

Fokuslah ke pekerjaan yang Anda mau dan hanya jabarkan pengalaman dan kemampuan Anda yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut. Baca berulang kali untuk memastikan apakah tawaran pekerjaan tersebut cocok dengan Anda atau tidak.

5. Untuk mengetahui kemampuan khusus

Para perekrut pasti akan bosan mendengar jika Anda menerangkan bahwa Anda sangat mahir dalam Microsoft Office. Semua pekerja di zaman modern saat ini pastilah memiliki skill tersebut. Jadi stop untuk membanggakan keahlian Anda dalam menggunakan Microsoft Office.

Lain halnya jika Anda berkerja dalam industri pengembangan perangkat lunak dan melamar pekerjaan sebagai pengembang software, skill Microsoft Office mungkin akan dibutuhkan. Tapi jika, skill Microsoft Office tersebut hanya sebagai keahlian normal untuk menyelesaikan pekerjaan rutin, sebaiknya tidak perlu Anda tulis. Hanya tuliskan keahlian-keahlian wajib yang bisa mendukung Anda.

Baca Juga: 5 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara kerja Fresh Graduate

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5 Tujuan Wawancara Kerja Penting Bagi Perusahaan, dimana manfaat wawancara ini sangat penting bagi perusahaan. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *