5+ Jenis Jenis Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Ketahui

By | Agustus 12, 2019

Fachri Aja, 5+ Jenis Jenis Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Ketahui | Apakah Anda tahu tentang jenis jenis wawancara?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang jenis jenis wawancara kerja. Artikel ini akan jelaskan secara singkat proses wawancara itu apa saja. Maka dari itu, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai jenis jenis wawancara secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Apa Saja Jenis Jenis Wawancara Kerja Itu ?

5+ Jenis Jenis Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Ketahui (1)

5+ Jenis Jenis Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Ketahui 

Banyak kandidat tidak menyadari bahwa HRD juga mengalami tekanan yang sama. Ketika tiba saatnya wawancara. Bahkan tekanannya lebih besar bagi HRD karena jangan sampai mereka mendapatkan kandidat yang tidak berkualitas.

Kandidat yang buruk hanya menghabiskan waktu dan anggaran perusahaan untuk gaji, bonus, waktu yang diinvestasikan untuk pelatihan, dan waktu yang dihabiskan untuk mencari kandidat yang tepat. Oleh karena itu, HRD yang sukses memahami bahwa selain rekrutmen dan proses seleksi yang tepat.

Melakukan wawancara kerja yang efektif juga merupakan langkah penting yang diperlukan untuk memastikan kelanjutan perusahaan. Berikut jenis jenis wawancara pekerjaan yang patut Anda ketahui.

1. Wawancara seleksi

Jika pelamar atau kandidat untuk menduduki jabatan berjumlah lebih dari satu orang maka dilakukan wawancara kerja untuk menyeleksi siapa diantara kandidat tersebut merupakan kandidat yang paling qualified sehingga bisa dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya. Wawancara seleksi biasanya berlangsung singkat antara 15 – 30 menit.

2. Wawancara telepon

Demi menghemat biaya dan efisiensi waktu, banyak recruiter yang melakukan wawancara kerja melalui telepon. Oleh sebab itu, pelamar harus siap dihubungi sewaktu- waktu, sebab seringkali recruiter tidak memberikan pilihan bagi pelamar untuk menentukan waktu kapan ia siap diwawancarai melalui telepon.

3. Wawancara di kampus / sekolah

Meskipun tidak banyak perusahaan yang melakukan wawancara kerja di kampus, namun untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang mencari para lulusan untuk dilatih lebih lanjut, cara ini dinilai sangat efektif karena memberikan akses bagi perusahaan tersebut untuk mendapatkan kandidat terbaik yang mungkin sangat sulit diperoleh jika menunggu para kandidat tersebut datang melamar.

5+ Jenis Jenis Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Ketahui (1)

interview kelompok

4. Wawancara di pameran kerja

Pameran kerja diadakan untuk menjembatani perusahaan dengan para pencari kerja. Pada pameran kerja biasanya, perusahaan memberikan berbagai informasi mengenai perusahaannya, menerima surat lamaran dan CV dari pengunjung (pencari kerja).

Bahkan tidak jarang para recruiter langsung melakukan wawancara di stand (booth) mereka. Di Indonesia memang pameran seperti ini masih sangat jarang dilaksanakan jika dibandingkan dengan pameran otomotif, rumah maupun furniture.

5. Wawancara di lokasi kerja

Ketika seorang kandidat telah lolos dalam tahap wawancara seleksi, seringkali perusahaan mengundang kandidat tersebut untuk melihat secaralangsung lokasi kerja. Pada kesempatan tersebut recruiter biasanya langsung melakukan wawancara secara mendalam.

Bagi pelamar yang belum memiliki pengalaman kerja pada lokasi yang lingkungannya kurang lebih sama, wawancara kerja di lokasi mungkin bisa terasa menakutkan karena mungkin harus melakukan perjalanan dan berada di wilayah yang tidak ia kenal.

6. Interview kelompok

Interview kelompok adalah suatu jenis wawancara kerja dimana para pewawancara (recruiter) terdiri dari 2 (dua) orang atau lebih. Biasanya wawancara jenis ini dilakukan jika perusahaan memandang bahwa pelamar sudah hampir memenuhi syarat untuk diterima bekerja. Biasanya para penanya dalam wawancara inilah yang memiliki wewenang untuk memutuskan apakah pelamar akan diterima bekerja atau tidak.

7. Wawancara kerja kasus

Pengertian wawancara kerja kasus  ini menekankan pada kemampuan analisis dan pemecahan masalah terhadap suatu kasus tertentu. Biasanya dalam wawancara kasus, pelamar diminta untuk berperan sebagai pemegang jabatan yang ditawarkan, lalu diberikan sebuah kasus untuk dicarikan solusinya.

Baca Juga: Persiapan Penting Dalam Wawancara Kerja

Penutup

Sekian yang dapat Fachri Aja bagikan, tentang 5+ Jenis Jenis Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Ketahui, dimana kesuksesan suatu sesi wawancara sangat bergantung pada kedua belah pihak yang terlibat. Ingatlah bahwa para kandidat juga sedang menilai Anda dan organisasi Anda. Untuk itulah, penting untuk memastikan bahwa setiap sesi wawancara dilakukan dengan tepat dan professional agar para kandidat tetap mempunyai kesan baik akan perusahaan Anda terlepas dari apakah mereka akan diterima atau tidak. Terima kasih telah mengunjungi fachriaja.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel CV berikutnya.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Author: fachriaja

Fachri begitulah sapaan akrab cowok berkacamata yang lahir di Kota Surabaya dengan memiliki nama lengkap Fachri Fajar Rahadiyathama. Terlahir sebagai anak pertama dari pasangan Ibu Ifa dan Ayah Heri pada 22 Maret 1993. Kuliah di Universitas Airlangga dengan jurusan Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *